Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Pada Kursus Bahasa Korea Di Lpk Master Korea Cilacap

Yuni Kurniati, Bagus Kisworo

Abstract


Metode pembelajaran merupakan suatu langkah, prosedur atau urutan untuk menerapkan suatu rencana yang disusun melalui kegiatan secara nyata oleh guru atau tutor untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. Metode pembelajaran diterapkan di setiap pembelajaran baik di lembaga formal maupun non formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai apa saja metode pembelajaran dan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran talking stick. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi mengenai prose pembelajaran berlangsung, wawancara mengenai kegiatan pembelajaran terhadap narasumber yang berjumlah 4 orang tutor dan 4 orang siswa pelatihan serta dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu metode yang digunakan pada LPK saat ini yaitu metode ceramah. Metode ceramah sudah dirasa efektif oleh tutor. Namun, ada beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajarannya yaitu masih banyak siswa ketika pembelajaran berlangsung berisik, kurang memperhatikan, siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran dan bersifat monoton. Penerapan metode pembelajaran talking stick diharapkan dapat menjadi metode pembelajaran yang baru serta dapat dijadikan referensi, siswa mampu mengemukakan pendapatnya, belajar lebih giat dan mampu berperan aktif dalam pembelajaran. Simpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran dengan menggunakan metode talking stick dapat dijadikan sebagai inovasi baru dalam menyampaikan materi oleh tutor dan sebagai siswa juga mampu berperan aktif dalam pembelajaran serta mampu mengemukakan pendapatnya didepan umum.


Keywords


Metode pembelajaran, Metode talking stick, Penerapan metode pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Barokah, R., Darminto, B. P., Studi, P., Matematika, P., Purworejo, U. M., & Stick, T. (n.d.). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar matematika melalui metode talking stick. 18–23.

Dadan Hidayat, Dr. Gusti Yarmi, M.Pd, & Dr. Ika Lestari, S.Pd, M.Si. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Game-Tournament Dan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematikaditinjau Dari Minat Belajar Siswakelas Iv Sdit Al-Kautsarcikarang Pusat. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 33(1), 11–32. https://doi.org/10.21009/parameter.331.02

Dkk, A. N. E. (2006). Pendekatan, Strategi,dan Metode Pembelajaran. 6.

Hidayat A, Sa’diyah M, & Lisnawati S. (2020). Metode Pembelajaran Aktif Dan Kreatif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Di Kota Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 73–74.

Ii, B. A. B., & Pustaka, K. (2010). Penerapan Metode Pembelajaran Talking Stick Guna Meningkatkan Komunikasi Siswa , 33-35 .

Indrawati, M. (2016). Pelatihan Widyaiswara Penyesuaian/Inpassing. Modul Pelatihan Widyaiswara Penyesuaian/ Inpassing Berbasis E - Learning, 6–8.

Lidia, W., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2018). Pengaruh Model Talking Stick Terhadaap Hasil Belajar. 3(2), 81–87.

Marihot, Y., Sari, S., & Endang, A. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA) (Vol. 1, Issue 1).

Priyono, A. (2009). BAB II Kajian Teoritis Metode Pembelajaran. Pendidikan, Metode Pembelajaran, 29.

Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. https://doi.org/10.31219/osf.io/mfzuj

Sari, P. M., Anggraini, R. D., & Heleni, S. H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii4 SMP Negeri 22 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 5(1), 1–10.

Sentence, I. (2021). Implementasi Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Talking Stick ( CLTTS ) Bagi Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Di SMPN 1 Mandirancan. 6(1), 11–24.

Siswa, S., Mi, K., Ulum, N., & Malang, A. (2022). 1 , 2 , 3 123. 4, 59–68.

Zainiyati, H. S. (2010). Model Dan Strategi Pembelajaran Aktif (Teori dan Praktek dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam). CV. Putra Media Nusantara, 1–232.




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v8i1.6484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944