Pendekatan Andragogi dalam Pembelajaran seTARA Daring pada Program Pendidikan Kesetaraan

Tina Destiani, Mintarsih Arbarini, Imam Shofwan

Abstract


Penggunaan seTARA daring dalam program kesetaraan menimbulkan banyak permasalahan pada orang dewasa sehingga membutuhkan pendekatan andragogi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pendekatan andragogi dalam pembelajaran seTARA daring pada program pendidikan kesetaraan khususnya paket C di UPTD SPNF SKB Ungaran. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Partisipan dalam penelitian ini terdiri dari kepala SKB Ungaran sebanyak satu orang, tutor program kesetaraan sebanyak dua orang, serta peserta didik sebanyak dua belas orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: (1) kebutuhan untuk mengetahui: orang dewasa perlu mengetahui manfaat belajar, apa yang harus dipelajari, dan bagaimana pembelajaran dilakukan; (2) konsep diri: orang dewasa berkembang menuju kemandirian (3) pengalaman: tutor dan peserta didik memiliki pengalaman masing-masing dan saling melengkapi; (4) kesiapan belajar: kondisi fisik, psikis, sarana dan prasarana, serta kurikulum dapat memengaruhi belajara sehingga disiapkan secara optimal; (5) orientasi belajar: orang dewasa belajar terkait pemecahan masalah dan dapat diimplementasikan secara ptaktis; (6) motivasi: motivasi belajar peserta didik dipengaruhi faktor internal dan eksternal.


Keywords


Pendekatan Andragogi; Pendidikan Kesetaraan; seTARA Daring

Full Text:

PDF

References


Abidah, A., Hidaayatullaah, H. ., Simamora, R. ., Fehabutar, D., & Mutakinati. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “ Merdeka Belajar .†Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49.

Agustini, D., Lian, B., & Sari, A. P. (2020). School’S Strategy for Teacher’S Professionalism Through Digital Literacy in the Industrial Revolution 4.0. International Journal of Educational Review, 2(2), 160–173.

Aisyah, S., & Widianto, E. (2022). Pengaruh Aplikasi SeTara Daring Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Program Kesetaraan Paket C di SPNF SKB Kota Malang. Journal of Millennial Community, 4(2), 49–66.

Aji, A. P., Martono, S., & Fakhruddin, F. (2019). The Effect of Teacher Motivation in Mediating Commitment and Professional Competence on Teacher’s Performance of Vocational School in Blora Regency. Educational Management, 8(2), 150–156.

Alshehri, A., Rutter, M., & Smith, S. (2019). Assessing the Relative Importance of an E-learning System’s Usability Design Characteristics Based on Students’ Preferences. European Journal of Educational Research, 8(3), 839–855.

Arbarini, M., Jutmini, S., & Joyoatmojo, S. (2018). Effect of Participatory Learning Model on Functional Literacy Education. 4(1), 13–24.

Arbarini, M., Rahmat, A., Ismaniar, Isa, A. H., & Siswanto, Y. (2022). Equivalency Education: Distance Learning and Its Impact in Indonesia. Journal of Nonformal Education, 8(1), 12–22.

Azizah, Z., Solfema, Gistituanti, N., Iswari, M., & Jamaris. (2023). Project Based Learning with an Andragogical Approach in Equality Education Package C: a Review. International Journal Of Humanities, 2(4), 1234–1240.

Budiwan, J. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy). Jurnal Qalamuna, Volume 10(2), 107–135.

Cahyaningtyas, A. W., & Sutarto, J. (2021). Implementasi Muatan Lokal pada Pembelajaran Program Paket C. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 5(2), 170–178.

Darmawan, D., Yatimah, D., Sasmita, K., & Syah, R. (2020). Analysis of Non-Formal Education Tutor Capabilities in Exploring Assessment for Science Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(2), 267–275. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i2.24025

Desmawati, L., Suminar, T., & Budiarti. Emmy. (2020). Penerapan Model Pendidikan Kecakapan Hidup Pada Program Pendidikan Kesetaraan di Kota Semarang. Journal Edukasi.

Eddy, G. S., & Suryono, Y. (2019). Implementation of Online Learning Lessons in the Package C Program. Journal of Nonformal Education, 5(2), 117–124.

Eriyanto, M. G., Roesminingsih, M. V., & Soedjarwo, S. (2021). Analysis of Learning Motivation on Students Activities of Package C Equality Program in Nganjuk District. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(3), 216.

Fatayaba, R., & Riyanto, Y. (2022). Implementasi Pendekatan Andragogi dalam Pembelajaran Daring di PKBM Homeschooling Pena Surabaya Paket B. J+Plus:Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 11(1), 1–10.

Fibrianti, S., & Suhanadji. (2020). Analisis Penyelenggaraan ‘Setara Daring’ Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah di Satuan Pendidikan Nonformal (SPNF) SKB Gudo Kabupaten Jombang. Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(2), 36–45.

Hamidah, J., & Syakir, A. (2021). Implementasi Pendekatan Andragogi Spiritual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mandiri Mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 4(2), 358–372.

Knowles, M. S., Holton, E. F., & Swanson, R. A. (2005). The Adult Learner Sixth Edition. United States of Amerika: Elsevier.

Laksono, B. A., Hamdan, A., & Waliyyan, A. (2022). Asumsi Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy) dalam Retorika Dakwah KH. Anwar Zahid. Jurnal Pendidikan Nonformal, 17(1), 9. https://doi.org/10.17977/um041v17i1p9-16

Lathifah, A. M., Purwito, L., & Widianto, E. (2022). Kontribusi Brand Image Lembaga di Media Online terhadap Keputusan Warga Belajar Mengambil Program Kesetaraan di PKBM Kendedes Kota Malang. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 7(2), 82–94.

Loeng, S. (2018). Various Ways of Understanding the Concept of Andragogy. Cogent Education, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.1080/2331186X.2018.1496643

Lutviatiani, M., & Yulianingsih, W. (2022). Analisis Difusi Inovasi “ seTARA Daring †sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di Program Kesetaraan Paket B PKBM Budi Utama Surabaya Pendahuluan. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 6(1), 292–303.

Meliana, A. T. (2020). Implementasi Prinsip - Prinsip Andragogi dalam Proses Pembelajaran Program Kesetaraan Paket C di PKBM Karya Manunggal Yogyakarta. JSCE:Journal of Society and Continuing Education, 1(3), 8–21.

Muarifuddin, M., Prasetyo, F. W., & Sari, N. P. (2018). Model Desain Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket C di Satuan Pendidikan Nonformal Kota Semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(2), 157–161.

Nengsih, Y. K., Handrianto, C., Pernantah, P. S., Kenedi, A. K., & Tannoubi, A. (2022). The Implementation of Interactive Learning Strategy to Formulating Learning Objectives in Package C Program. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 10(2), 311.

Nugroho, R., Rahma, R. A., & Yulianingsih, W. (2018). Contributing Factors Toward the Participation of Education Equality Program Learners. Journal of Nonformal Education, 4(1), 79–88.

Pangestu, L. F., Yuliani, L., & Darusman, Y. (2021). Manajemen Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 6. https://doi.org/10.55606/inovasi.v1i1.164

Puspita, R. D., & Laksono, B. A. (2023). The Assumption of Adult Education (Andragogy) in Gita Wirjawan’s Podcast With Maudy Ayunda: Modern Kartini Dares to Challenge The Status Quo [Endgame 53e25]. Progress In Social Development, 4(1), 34–41.

Putri, L. D. (2020). Pengaruh Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Pamong Belajar Pada Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Wilayah Priangan Jawa Barat. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.37058/jpls.v5i1.1964

Raharjo, T. J., & Suminar, T. (2019). Penerapan Pedagogi dan Andragogi Pada Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Kelompok Belajar Paket A, B, dan C di Kota Semarang. Journal Edukasi, 1(1), 3.

Rahmat, I. (2020). Implementasi Andragogi Platform E-learning pada Blended Learning di Universitas Negeri Padang. Journal of Education Technology, 4(2), 133.

Roy, B. (2019). Reorientasi Teori Andragogi Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Rokania, 4(3), 315–333.

Salsa, F. J., Sari, R. T., Muhar, N., & Gusmaweti, G. (2022). The Relationship Between Motivation and Learning Outcomes of Biology Subject Through Distance Learning. International Journal of STEM Education for Sustainability, 2(2), 140–147.

Sapinah, Hamlifah, & Maryani, K. (2021). Peran Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Serang Sebagai Satuan Pendidikan Nonformal. Parameter, 33(2), 95–113. https://doi.org/10.21009/parameter.332.01

Setiawati, R. I., & Shofwan, I. (2023). Implementation of Adult Education Principles in Dressmaking Training in Non-Formal Education Units. Journal on Education, 05(03), 9413–9431.

Shatri, Z. G. (2020). Advantages and Disadvantages of Using Information Technology in Learning Process of Students. Journal of Turkish Science Education, 17(3), 420–428.

Shofwan, I., Desmawati, L., Raharjo, T., & Santosa, I. W. (2019). Homeschooling: Nonformal Education Learning Strategy 4.0. Advance in Science, Education and Humanities Research, 382(Icet), 655–660. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.159

Shofwan, I., Kriswanto, H. D., Putra, G., Shofwan, I., Kriswanto, H. D., Widhanarto, P. G., Muslikah, M., Festi, Z., Saepudin, A., & Saepudin. (2022). Implementation of E-Learning Home Schooling in Indonesia. Webology, 19(2), 4782–4790.

Siswanto, Y., Sutarto, J., & Mulyono, S. E. (2018). E-training based on Determination of Education and Training Models of Early Childhood Teachers Education Programs. 4(2), 107–118.

Sufyan, A., Nurhalim, K., & Shofwan, I. (2019). Learning Management of Nonformal Education Units in Sanggar Kegiatan Belajar. Journal of Nonformal Education, 5(1), 57–66. https://doi.org/10.15294/jne.v5i1.18335

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung.

Sumalee, S. (2018). Building the Capability of Non-Formal Education Teachers to Develop a Learning Society for Promoting Lifelong Education in Thailand. International Journal of Educational Administration and Policy Studies, 10(2), 10–16.

Syahrudin, A., Madjid, A., Yuliani, L., & Qomariah D, N. (2019). Penerapan Konsep Andragogi Oleh Tutor Kesetaraan Paket C Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Warga Belajar. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 4(1), 26–30.

Ulum, M., & Hadawiah, L. (2022). Pendekatan Andragogi dalam Pembelajaran Maharah Al-Kitabah di LPBA Nurul Jadid. Arabic Language Education Journal, 4(2), 37–44.

Wahono, Imsiyah, N., & Setiawan, A. (2020). Andragogi : Paradigma Pembelajaran Orang Dewasa pada Era Literasi Digital. Jurnal Proceeding Universitas Muhammadiyah Surabaya, 517–527.

Wica, P. Y., & Marzuki, M. (2021). Character Education with Setara Daring Application in Non-Formal Education. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4), 656–666.

Yarbrough, J. R. (2018). Adapting Adult Learning Theory to Support Innovative , Advanced , Online Learning - WVMD Model. Research in Higher Education Journal, 35, 1–15.

Yustialti, A., Hamdan, A., & Herwina, W. (2018). Evaluasi Pendidikan Kesetaraan Paket C Terhadap Peningkatan Taraf Hidup Warga Belajar di PKBM Danis Jaya Kota Tasikmalaya. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 3(1), 25–30.




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v8i1.7093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944