Desain Pelatihan Tata Boga di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Pemalang
Abstract
Kurangnya sumber daya manusia berkualitas, termasuk pengetahuan, sikap, dan keterampilan, adalah salah satu penyebab mendasar kemiskinan di Kabupaten Pemalang. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menyediakan program pelatihan, seperti pelatihan tata boga, guna meningkatkan keterampilan dan daya saing tenaga kerja lokal. Efektifnya program pelatihan merupakan hal yang penting agar bisa memberi dampak positif bagi peserta pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kondisi faktual pelatihan tata boga dan menganalisis desain tahapan pelatihan yang diimplementasikan dimana nantinya dapat diketahui apakah pelatihan tata boga di BLK Kabupaten Pemalang telah menerapkan aspek-aspek penting dalam pelatihan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Triangulasi sumber dan metode digunakan untuk memeriksa keabsahan data. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Hurberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Penelitian menunjukkan bahwa desain pelatihan tata boga di BLK Kabupaten Pemalang dilakukan secara sistematis melalui tahap analisis kebutuhan yang terdiri dari analisis kebutuhan organisasi, pekerjaan dan individu. Perancangan pelatihan dengan menentukan tujuan pelatihan, metode sumber daya pelatihan, jadwal dan lokasi pelatihan. Implementasi pelatihan terdiri atas persiapan pelatihan, pelaksanaan serta monitoring & controlling. Evaluasi pelatihan terdiri atas evaluasi awal peserta, evaluasi akhir dan evaluasi penyelenggaraan pelatihan. Dan transfer pelatihan terdiri atas persiapan, implementasi, monitoring dan evaluasi. Seluruh tahapan tersebut dilakukan dengan memperhatikan aspek penting dalam pelatihan yang mengkombinasikan model Mathis and Jackson secara keseluruhan dan Dick and Carey dalam perancangannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, M. (2021). Model Konseptual Coaching Dalam Pelatihan Pengembangan Kepemimpinan: Sebuah Tinjauan Pendekatan Integratif. Jurnal Aparatur, 4(1), 31–43. https://doi.org/10.52596/ja.v4i1.19
Agung, B. S. (2022). Pelatihan Pengelolaan Aplikasi Google Classroom Bagi Instruktur di Balai Latihan Kerja Bantaeng. Jurnal Pengabdi, 5(2), 121–130. https://doi.org/10.26418/jplp2km.v5i2.48985
Ahyakudin, A., Najib, M. A., & Haryadi, D. (2019). Peran Pelatihan Dengan Metode On The job Training dan Metode Apprenticeship Untuk meningkatkan Kinerja Karyawan Pada perusahaan Labbaik Chicken Kota Serang. Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 3(2), 20. https://doi.org/10.35448/jiec.v3i2.6592
Al-butary, B., Lubis, K. A., & Amalia, A. (2021). Pelatihan Manajemen Pengelolahan Sosial Pada Majelis Pengajian Amal Bakti Medan. Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 98–103. https://doi.org/https://doi.org/10.36378/bhakti_nagori.v1i2.1836
Anwaliya, A., Hoerniasih, N., Dewi, R. S., Studi, P., Luar, P., & Karawang, U. S. (2022). Pelatihan Tata Boga Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berwirausaha di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 7(1), 1–11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v7i1.15297
Arbarini, M., Kisworo, B., Malik, A., & Siswanto, Y. (2022). Pelatihan Ecoprinting Berbasis Participatory Learning and Action upaya Mewujudkan Sustainable Development Goals. Jurnal Pengabdian Masyarakat: DIKMAS, 02(September), 857–866.
Ariska, Y., Fulkhanifah, I. F., & Carmidah. (2023). Analisis Proses Rekruitmen Dan Seleksi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pada PT Mayora Indah, Tbk. MRI: Jurnal Manajemen Riset Inovasi, 1(2), 42–56. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/mri.v1i2.1044
Azis, D., & Rahardjo, B. (2021). Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui on the Job Training Dan Off the Job Training Dimasa Pandemi Covid-19. Management and Sustainable Development Journal, 3(2), 81–89. https://doi.org/10.46229/msdj.v3i2.313
Badan Pusat Statistik. (2020). Jumlah Pengangguran di Kabupaten Pemalang. Badan Pusat Statistik.
Casban, Marfuah, U., Sunardi, D., & Dewi, A. P. (2020). Evaluasi Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran di Lingkungan Rumah Tangga. Prosiding PKM-CSR, 3, 470–478. https://doi.org/https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.820
Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Devine, M., Meyers, R., & Houssemand, C. (2013). How can Coaching Make a Positive Impact Within Educational Settings? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 93(October 2013), 1382–1389. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.048
Dewi, T. M. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Memotivasi Literasi Menulis Siswa Madrasah Aliyah Negeri (Man) Karimun. Minda Baharu, 5(1), 70–76. https://doi.org/10.33373/jmb.v5i1.3352
Farecha, N. N. L., Yusuf, A., & Sutarto, J. (2020). Competency-Based Training Model: Sewing Basic Clothes Training at the Great Hall of Work Training Development in Semarang, Indonesia. Proceedings of the International Conference on Science and Education and Technology (ISET 2019), 443(Iset 2019), 466–470. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200620.091
Fauzi, J. A., Suswanto, H., & Wibawa, A. P. (2020). Pengaruh Aspek-Aspek Tuntutan Industri terhadap Uji Kompetensi Keahlian di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 88. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13147
Gagnon, G. W., & Collay, M. (2011). Design for Learning: Six Elements in Constructivist Classrooms. Corwin Press, Inc.
Hardjono, W. (2020). Analisis Efektivitas Rencana Tindak Lanjut Peserta Pelatihan Pertanian. Jurnal AgriWidya, 1(1), 120.
Hartanti, N. B. (2020). Pelatihan Kewirausahaan dalam Mengolah Rumput Laut menjadi Manisan dan Dodol pada Kelompok Belajar Sipatuo di LKP BBEC Bontang. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 23–27. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.431
Herdiansyah, H. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu Psikologi. Salemba Humanika.
Ismail Nor, A. (2023). Improving Employee Performance and Public Service Delivery through Training and Development: Case of Civil Service of Federal Government of Somalia. International Journal of Business and Management, 18(2), 145. https://doi.org/10.5539/ijbm.v18n2p145
Jacobs, R. L. (2019). Structured On-the-Job Training Modules. In ork Analysis in the Knowledge Economy (pp. 205–208). https://doi.org/10.1007/978-3-319-94448-7
Mankiw, N. G., Quah, E., & Wilson, P. (2016). Pengantar Ekonomi Makro. Salemba Empat.
Markova, S. M., Zanfir, L. N., Vaganova, O. I., Smirnova, Z. V, & Tsyplakova, S. A. (2019). Department of educational process in conditions of implementation of interactive training of future engineers. Núm, 8, 2019.
Martin, F., Budhrani, K., Kumar, S., & Ritzhaupt, A. (2019). Award-winning faculty online teaching practices: Roles and competencies. Online Learning Journal, 23(1), 184–205. https://doi.org/10.24059/olj.v23i1.1329
Martin, R., Mandrusiak, A., Russell, T., & Forbes, R. (2022). New-graduate physiotherapists’ training needs and readiness for telehealth. Physiotherapy Theory and Practice, 38(13), 2788–2797. https://doi.org/10.1080/09593985.2021.1955423
Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2009). Human Resource Management. Thomson Learning Academic. http://journals.sagepub.com/doi/pdf/10.1177/104225870002500103
Matthews, B., & Ross, L. (2010). Research Methods. Pearson Longman.
Miles, B. M., & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. UIP.
Moeljono, & Kusumo, W. K. (2020). Pelatihan Penerapan Kebijakan Publik Bagi Aparatur Desa Di Desa Tegalarum Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Provinsi Jawa Tengah. Journal of Character Education Society, 3(1), 153–160. https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.1547
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.
Mufti, A. (2018). Analisis Kebutuhan Pelatihan SDM Perpustakaan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 19–34. https://doi.org/https://doi.org/10.32678/annidhom.v3i1.4463
Mulyaningsih. (2020). Analisis Kebutuhan Pelatihan Teknis Dalam Meningkatkan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, 3(1), 87–100. https://doi.org/10.56354/jendelainovasi.v3i1.70
Nawarni, A. N., & Andrias, M. S. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Efektivitas Transfer Pelatihan pada Pelaksanaan Pekerjaan. Manajemen Usahawan Indonesia, 42(4), 316–339.
Noe, R. A. (2010). Employee Training and Development (Fifth Edit). McGraw-Hill/Irwin.
Nursyahputri, S. R., & Saragih, H. R. (2019). Pengaruh Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada Unit HCBP PT Telekomunikasi Indonesia (TBK). Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 3(2), 238–247. https://doi.org/10.31311/jeco.v3i2.6059
Okumus, B. (2021). A meta-analysis of evolution of gastronomy and culinary education research published in top-tier culinary, hospitality, and tourism journals. Journal of Foodservice Business Research, 24(1), 101–120. https://doi.org/10.1080/15378020.2020.1865775
Prayoga, M. L., Muchtolifah, M., & Sishadiyati, S. (2021). Faktor Kemiskinan Di Kabupaten Sidoarjo. Jambura Economic Education Journal, 3(2), 135–142. https://doi.org/10.37479/jeej.v3i2.11058
Rahayu, R., & Ulya, H. (2022). Pelatihan Aplikasi XRecorder untuk Media Pembelajaran Daring bagi Guru SD. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 52–59. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v7i1.2290
Rakib, M., Syam, A., Marhawati, M., & Dewantara, H. (2020). Pelatihan Merancang Bisnis Online di Masa Pandemi bagi Mahasiswa. Dedikasi, 22(2), 129–134. https://doi.org/10.26858/dedikasi.v22i2.16121
Saks, A. M., & Belcourt, M. (2006). An Investigation Of Training Activities And Transfer Of Training In Organization. Human Resource Management, 45(4), 629–648. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/hrm.20135
Sangadji, I. A., Jannang, A. R., & Sabuhari, R. (2021). Model Pelatihan Sebagai Strategi Pengembangan Kompetensi ASN Maluku Utara. Jurnal Mitra Manajemen, 5(11), 1558–1572. https://doi.org/https://doi.org/10.52160/ejmm.v6i9.643
Siswanto, Y., Sutarto, J., & Mulyono, S. E. (2018). E-training based on Determination of Education and Training Models of Early Childhood Teachers Education Programs. Journal of Nonformal Education, 4(2), 107–118. https://doi.org/10.15294/jne.v4i2.15517
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D (19th ed.). Alfabeta, CV.
Suminar, T., Prihatin, T., & Syarif, M. I. (2016). Model of Learning Development on Program Life Skills Education for Rural Communities. International Journal of Information and Education Technology, 6(6), 496–499. https://doi.org/10.7763/IJIET.2016.V6.739
Sutarto, J., Edi Mulyono, S., & Joko Raharjo, T. (2017). Design of Training Based on Needs to Improve Pedagogic Competence of The Tutors. Proceedings of the 1st Yogyakarta International Conference on Educational Management/Administration and Pedagogy (YICEMAP 2017), 66(Yicemap), 102–107. https://doi.org/10.2991/yicemap-17.2017.17
Sutarto, J., Raharjo, T. J., Indaryanti, B., Shofwan, I., & Siswanto, Y. (2022). Desain E-Training Berorientsasi Kebutuhan Peserta Pelatihan di Era Society 5.0. Book Chapter Konservasi Pendidikan, 136–162.
Taylor, P. J., Driscoll, M. P. O., & Binning, J. F. (1998). A New Integrated Framework for Training Needs Analysis. Human Resource Management Journal, 8(2), 29–50. https://doi.org/10.1111/j.1748-8583.1998.tb00165.x
Wibowo, A. R., & Mulyono, S. E. (2018). Pemberdayaan masyarakat Melalui Pelatihan Budidaya Cacing. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 5(1), 54–66. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jppm.v5i1.8293
DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v8i1.7390
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jendela PLS is Indexed by
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.