Gerakan Pendidikan Ramah Lingkungan melalui Workshop Sustainable Fashion

Husnul Dwi Sundari, Herawati Herawati

Abstract


Gerakan ramah lingkungan tercipta karena adanya keresahan terhadap trend fast fashion. Fast fashion adalah konsep yang banyak diterapkan oleh retailer pakaian di seluruh dunia pada saat ini karena fast fashion merupakan konsep bisnis yang menjanjikan. Hal tersebut disebabkan oleh produk fast fashion yang mengedepankan harga yang terjangkau dan digandrungi banyak kalangan. Akan tetapi, fast fashion memiliki dampak negative, salah satunya yaitu pencemaran lingkungan, yang bahkan kini fast fashion merupakan penyumbang polusi terbesar di dunia. Maka dari itu muncul gerakan ramah lingkungan dengan konsep sustainable fashion. Sustainable fashion adalah sebuah pengaplikasian mode fashion yang didukung oleh etika guna menjaga lingkungan untuk menyelamatkan bumi dari ancaman sampah tidak terurai dan untuk melindungi para pekerja dari sikap tidak bertanggungjawab dari pembuat pakaian yang mengaplikasikan fast fashion. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan sumber primer yaitu sumber data dengan mengamati (observasi) secara langsung kepada peserta workshop. Berdasarkan jenis data yang digunakan, penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Gerakan ramah lingkungan ini diaplikasikan dengan kegiatan workshop sustainable fashion di LKP Aniek Cibinong Kabupaten Bogor yang dimulai dengan penyususnan silabus dan RPP. Pihak penyelenggara membuka kegiatan dan berlanjut pada penyampaian materi sebagai pemberian pemahaman terhadap peserta mengenai sustainable fashion dan fast fashion. Dalam pemberian materi, peserta merasa pertanyaan-pertanyaan dalam dirinya terjawab. Sehingga kegiatan berlanjut pada praktek pembuatan Soemiya Dress dengan memanfaatkan kain jarik. Dari workshop tersebut dapat dilihat bahwa peserta dapat percaya diri dan senang akan hasil karyanya, dan mereka menyadari bahwa kain jarik dapat bermanfaat menjadi barang atau baju layak pakai dan berharga.  

Keywords


Sustainable Fashion; Fast Fashion; Workshop; LKP

Full Text:

PDF

References


Chanifathin Nidia, R. S. (2020). Dampak Fast Fashion dan Peran Desainer dalam Menciptakan Sustainable Fashion. e-Journal Volume 09 Nomor 2, 156 - 166.

Erwin Rifal Fauzi, N. W. (2018). Peran Lembaga Kursus dan Pelatihan Menjahit dalam Memperkuat Manajemen Pemberdayaan Masyarakat di Desa Padalarang. JURNAL COMM-EDU Volume 1 Nomor 2, 30-35.

Ganatra, J., Patil, V., & Nayakawadi, A. (2021). Sustainable Fashion. Journal of Textile and Clothing Science, 15–25.

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen menggunkan Metode Kuantitatif pada CV Meubele Berkah Tangerang. IJSE - Indonesian Journal on Software Engineering Vo.5 No.1 , 19 – 28.

Jihan Pramodhawardhani Mahadinastya Endrayana, D. R. (2020). Penerapan Sustainable Fashion dan Ethical Fashion dalam Menghadapi Dampak Negatif Fast Fashion . Universitas Negeri Yogyakarta , 1-5.

Kaikobad, N. K., Zafar, M., Bhuiyan, A., Zobaida, H. N., & Daizy, A. H. (2015). Sustainable and Ethical Fashion: The Environmental and Morality Issues. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS, 20(8), 17. https://doi.org/10.9790/0837-20811722

Kozlowski, A., & Bardecki, M. (2019). Tools for Sustainable Fashion Design : An Analysis of Their Fitness for Purpose Tools for Sustainable Fashion Design : An Analysis of Their Fitness for Purpose. June. https://doi.org/10.3390/su11133581

Kulsum, U. (2020). Sustainable Fashion as The Early Awakening of the Clothing Industry Post Corona Pandemic. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 422–429. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJSSB/a rticle/view/26438

Leman, F. M., Soelityowati, & Purnomo, J. (2020). DAMPAK FAST FASHION TERHADAP LINGKUNGAN.

Muazimah, A. (2020). PENGARUH FAST FASHION TERHADAP BUDAYA KONSUMERISME DAN KERUSAKAN LINGKUNGAN DI INDONESIA. 7, 1–15.

Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset

Rukhaya, S., Yadav, S., Rose, N. M., & Grover, A. (2021). Sustainable approach to counter the environmental impact of fast fashion. 10(8), 517–523.

Shafie, S., Kamis, A., & Firdaus, M. (2021). Fashion Sustainability : Benefits of Using Sustainable Practices in Producing Sustainable Fashion Designs. International Business Education Journal, 14(1), 103–111

Tanzil, M. Y. (2017). The Sustainable Practces Of Indonesian Fashion Brands.




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v8i2.7430

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944