Peran Tutor dalam Layanan Pembelajaran Komputer di Lembaga Kursus Pelatihan Elmuna Klirong Kebumen

Tiara Asty Ananda, Imam Shofwan

Abstract


Pentingnya peran seorang Tutor dalam Lembaga Kursus dan Pelatihan begitu penting sebab perannya dalam memberikan pembelajaran langsung bagi peserta didik. Hal yang demikian juga berlaku dalam pembelajaran komputer sebagai bagian dari kerangka kurikulum pendidikan yang memiliki peran penting, mengingat komputer merupakan kebutuhan fundamental dalam sektor kehidupan manusia diera serba digital seperti sekarang ini. Sebab itu penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran Tutor dalam memberikan Layanan Pembelajaran Komputer di Lembaga Kursus Pelatihan Elmuna Klirong. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, sedangkan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, serta verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa Tutor di LKP Elmuna Klirong telah melaksanakan peran mereka diantaranya sebagai Informator, Organisator, Motivator, Pengarah/Director, Inisiator, Transmitter, Fasilitator, Mediator, dan Evaluator dengan cukup baik.


Keywords


Peran Tutor, Pembelajaran Komputer, Lembaga Kursus Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Bell, B. S., Tannenbaum, S. I., Ford, J. K., Noe, R. A., & Kraiger, K. (2017). 100 Years of Training and Development Research: What We Know and Where We Should Go. Journal of Applied Psychology (JAP), 102(2017), 1–23.

Gao, Y., Gonzalez, V. A., & Yiu, T. W. (2019). The Effectiveness of Traditional Tools and Computer-Aided Technologies for Health and Safety Training in the Construction Sector: A Systematic Review Yifan Gao 1 , Vicente A. González 2 , and Tak Wing Yiu 3. Computer and Education, 138(2), 101–115.

Giorgdze, M., & Dgebuadze, M. (2017). Interactive Teaching Methods: Challenges and Perspectives. IJAEDU- International E-Journal of Advances in Education, III(9), 544–548. https://doi.org/10.18768/ijaedu.370419

Grey, D., & Osborne, C. (2020). Perceptions and Principles of Personal Tutoring. Journal of Further and Higher Education, 44(3), 285–299. https://doi.org/10.1080/0309877X.2018.1536258

Hamalik, O. (2007). Manajemen Pengembangan Kurikulum. PT. Remaja Rosdakarya.

Hidayatulloh, H. N. (2019). Implementasi Program Pelatihan Komputer bagi Warga Belajar Paket C di PKBM Bina Terampil Mandiri Kertawangi. Comm-Edu (Community Education Journal), 2(1), 59. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v2i1.2450

Inayah, N. (2017). Peran Tutor sebagai Fasilitator dalam Pendidikan Keterampilan Anak Pesisir pada Komunitas Sahabat Tenggang Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Martínez-Morales, I., & Marhuenda-Fluixá, F. (2020). Vocational education and training in Spain: steady improvement and increasing value. Journal of Vocational Education and Training, 72(2), 209–227. https://doi.org/10.1080/13636820.2020.1729840

Martini, T. (2019). Pengaruh Perilaku Kepemimpinan, Motivasi Berprestasi dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 10(1), 17–27. https://doi.org/10.17509/jimb.v10i1.15114

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Mursita, D. A., & Suminar, T. (2019). Pembelajaran Kecakapan Hidup dalam Membangun Sikap Kewirausahaan Warga Belajar Paket C SKB Purwokerto. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.15294/pls.v3i1.24457

Nanang Hasan Susanto dkk. (2018), Mengurai Problematika Pendidikan Nasional Berbasis Teori Motivasi Abraham Maslow Dan David

Nasution, S. (2002). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bina Aksara.

Nurfauzi, Y., Wahyono, D., Rahmawati, F., & Yasin, N. M. (2020). Innovative education approaches by geriatric pharmacists and their training needs: A systematic review. Tropical Journal of Pharmaceutical Research, 19(7), 1525–1533. https://doi.org/10.4314/tjpr.v19i7.27

Rustanto, B. (2015). Penelitian Kualitatif Pekerjaan Sosial. PT Remaja Rosdakarya.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.

Shofwan, I. (2016). Implementasi Pembelajaran Nonformal Pada Sekolah Dasar Quran Hanifah di Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat.

Saputro, D. A., Hendrawijaya, A. T., & Ariefianto, L. (2020). Peran Profesionalisme Tutor Dalam Meningkatan Motivasi Belara Pada Warga Belajar Paket C Di PKBM Al-Muttaqin Desa Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 3(2), 70.

Simamora, R. M., De Fretes, D., Purba, E. D., & Pasaribu, D. (2020). Practices, Challenges, and Prospects of Online Learning during Covid-19 Pandemic in Higher Education: Lecturer Perspectives. Studies in Learning and Teaching Journal, 1(3), 185–208. https://doi.org/10.46627/silet.v1i3.45

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

White, S., Stainer, L., Cooper, K., & Waight, S. (2018). The Personal Tutor as a Role Model for Students: Humanising Nursing Care. British Journal of Nursing, 27(1), 52–55.

Yustiani, G., Abdulhak, I., & Pramudia, J. R. (2015). Peran Tutor untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Mandiri. Jurnal Pendidikan Non Formal Dan Informal, 7(2), 1–17.




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v8i2.7620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944