Pendampingan Akreditasi Lembaga Pos Paud Dahlia 05 Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi

Eka Avrilliany Wibowo, Marino Fransiscus Herprasetyo, Salma Fahira

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pendampingan akreditasi di Pos Paud Dahlia 05, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman, panduan, dan arahan kepada lembaga pendidikan PAUD dalam persiapan dan pengajuan akreditasi. Metode penelitian yang dipergunakan yaitu deskriptif analisis melalui pendekatan kualitatif. Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa pendampingan akreditasi memberikan pemahaman tentang pentingnya akreditasi, prosedur pengajuan akreditasi, dan langkah-langkah untuk memperoleh akreditasi unggul melalui Aplikasi Sispena-S/M (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah). Pendampingan ini melibatkan kolaborasi dengan lembaga akreditasi, Dinas Pendidikan, dan tenaga ahli pendidikan. Diharapkan pendampingan ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan PAUD di Pos Paud Dahlia 05, sehingga anak-anak usia dini mendapatkan pendidikan yang berkualitas.


Keywords


Pendampingan, Akreditasi, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

Full Text:

PDF

References


Anifah, S. (2022). Pendampingan Persiapan Akreditasi POS PAUD RESTU BUNDA Desa Durensewu Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Humanist Journal, 1(1), 20–24.

Aryanisila, S. E. (2020). STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN NON FORMAL MELALUI AKREDITASI BAN PAUD & PNF PADA LKP ENGLISH FIRST PALEMBANG. Jurnal Ilmiah Administrasi Dan Sosial, 15(16).

Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi sekolah sebagai suatu upaya penjaminan mutu pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1).

Borualogo, I. S. (2006). Optimalisasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Guna Meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Jawa Barat. Mimbar: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 22(3), 394–410.

Damayanti, E. (2019). Konsep dasar butir instrumen penilaian akreditasi pendidikan Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 134–138.

Erfiana, N. A. N. E. (2021). Pendampingan Akreditasi PAUD dan PNF di Kabupaten Tulungagung. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 2(2), 117–124. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2021.2.2.117-124

Indrawan, I. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Akreditasi PAUD. Mitra Ash-Shibyan, 3(01), 46–54.

Ismaya, I., Sulaiman, F., Firdiani, D., AB, U. D. M., & Elihami, E. (2021). Pembinaan lembaga PAUD menuju lembaga Terakreditasi di Kabupaten Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 3(2), 1–9.

Mahdiannur, M. A. (2018). Peranan Standar Mutu dan Akreditasi Institusi Pendidikan dalam Realita Masyarakat Indonesia. Preprint]. INA-Rxiv. Https://Doi. Org/10.31227/Osf. Io/Tnr9d.

Milati, I., & Mulyani, N. (2021). PENGARUH AKREDITASI SEKOLAH TERHADAP ELEKTABILITAS ORANG TUA DALAM MENYEKOLAHKAN ANAK. Jurnal Binagogik, 8(2).

Najamuddin, N., Sahrip, S., & Latif, A. (2022). Pendampingan Akreditasi Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Gugus Himpaudi Kecamatan Montong Gading Lombok Timur. Jurnal Abdidas, 3(1), 181–190.

Nasution, R. H. S. (2020). Implementasi akreditasi satuan PAUD di Kota Padangsidempuan Kecamatan Padangsidempuan Selatan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Nuryanto, S., & Irmade, O. (2019). Pendampingan Akreditasi Lembaga Paud di IGTKI Wonosegoro. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan (JPM-IKP), 2(02), 86–93.

Oktaria, R., Hamid, L., Yuningsih, Y., & Suparti, S. (2019). Evaluasi Hasil Akreditasi Lembaga PAUD se-Kota Depok. JECE (Journal of Early Childhood Education), 1(2), 16–28.

Purba, R. I., Sinaga, P., Harianja, E., & Parani, R. (2022). Strategi Asesor Akreditasi Paud Dan Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(1), 128–142.

Saffanah, N. (2019). Perkembangan dan Pola Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(2), 38–50.

Salamah, U. (2018). Penjaminan mutu penilaian pendidikan. EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 274–293.

Suardipa, I. P., & Pitriani, K. (2020). Urgensi Sistem Penjaminan Mutu Dan Akreditasi Dalam Pemetaan Mutu Satuan Pendidikan. PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 1(2).

Wahyudin, U. R. (2021). Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 652–663.

Warlizasusi, J. (2017). Reformasi Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan Di Kabupaten Rejang Lebong. TADBIR: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 125–162.

Wijoyo, H. (2020). Sosialiasi Sistem Penilaian Akreditasi (SisPenA) Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Non Formal (PNF) di Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Propinsi Riau. Resolusi: Rekayasa Teknik Informatika Dan Informasi, 1(1), 7–10.

Zain, A. (2022). Manajemen Pendidikan: Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Akreditasi. Penerbit Insania.




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v9i1.7641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944