Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun
Abstract
Media pembelajaran puzzle menjadi media yang banyak diterapkan pada program pendidikan anak usia dini karena bermanfaat dalam memfokuskan perhatian peserta didik, memotivasi peserta didik, meningkatkan keefektifan pembelajaran, dan menyesuaikan dengan tingkat perkembangan peserta didik (Niengtinkim Gangte, 2021; Doherty, Wimmer, Gollek, Stone, dan Robinson, 2021). Penelitian ini memiliki tujuan untuk 1) mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran puzzle dalam mengembangkan kognitif anak usia 4-5 tahun di PAUD Sakura III Kabupaten Karawang dan 2) mendeskripsikan hasil penggunaan media pembelajaran puzzle dalam mengembangkan kognitif anak usia 4-5 tahun di PAUD Sakura III Kabupaten Karawang. Subjek penelitian ini adalah pengelola, guru kelas kelompok A, dan orang tua peserta didik usia 4-5 tahun di PAUD Sakura III Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa 1) media pembelajaran puzzle diperlukan sebagai salah satu media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan dimulai dari proses persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut (evaluasi) yang disusun dengan baik, dan 2) hasil dari penggunaan media pembelajaran puzzle adalah anak usia 4-5 tahun di PAUD Sakura III mulai banyak mengalami perkembangan pada aspek kognitifnya yang dilihat dari indikator pencapaian berupa belajar dan pemecahan masalah, berpikir logis, serta berpikir simbolik.
Kata Kunci: media pembelajaran puzzle, perkembangan kognitif, anak usia 4-5 tahunFull Text:
PDFReferences
Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Doherty, Wimmer, Gollek, Stone, dan Robinson. (2021). “Piecing Together the Puzzle of Pictorial Representation: How Jigsaw Puzzles Index Metacognitive Developmentâ€. Child Development, January/February 2021, Volume 92, Number 1, Pages 205-221
Fadlillah, M. (2017). Buku Ajar Bermain & Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Gangte, Niengtinkim. (2021). “Development Of Cognitive Parameters In Children Through Playâ€. Ilkogretim Online - Elementary Education Online, Vol 20 (Issue 1): pp. 7174-7181
Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendikbud
Kurniawati, Indah. (2020). Implementasi Media Puzzle Dalam Perkembangan Kognitif Di Tk PGRI Bumiharjo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur. (Skripsi Sarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro)
Meilani, Rahmah Putrie, Safuri Musa, dan Ratna Sari Dewi. (2022). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Kepercayaan Diri Anak (Studi Kasus di PAUD Arbagani Sam Karawang). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Vol. 8 (16), 477-482.
Mu’min, Sitti Aisyah, dan Nova Sarfadillah Yultas. (2019). Efektifitas Penerapan Metode Bermain dengan Media Puzzle dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak. Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12 (2), 226-239.
Mulyaningsih, Eka dan Sukmawati T. P. (2020). Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia Dini. Al-Gurfah: Journal of Primary Education, Vol. 1(1), 29-40
Nani, Desiyani. (2018). Ayo Main Bareng (Inspirasi Permainan Edukatif Orang Tua Bersama Anak Sesuai Usia). Jakarta: Penebar Swadaya Grup.
Nazilah, Mahdatu Bayatina, dkk.. (2022). “The Use of Educational Puzzle Games for the Development of Cognitive Abilities of Children Aged 5-6 Yearsâ€. GENIUS: Indonesian Journal of Early Chilhood Education, 3 (2), 151-162
Nisak, Raisatun. (2011). Lebih dari 50 Game Kreatif Untuk Aktivitas Belajar Mengajar. Jogjakarta: Diva Press.
Pionika, R.C., Sasmiati, dan A. Sofia. (2019). “Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Usia Diniâ€. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 5, No.2
Sujiono, Yuliani Nurani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks
DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v9i1.8001
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jendela PLS is Indexed by
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.