Penggunaan Alat Permainan Edukatif Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan alat permainan edukati, perkembangan kreativitas anak usia dini, dan faktor yang mempengaruhi perkembangan kreativitas anak usia dini di PAUD Surya Kasih Kota Jakarta Timur. Pnelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di PAUD Surya Kasih Kota Jakarta Timur. Subjek penelitian terdiri dari satu orang pengelola, dua orang guru, dua orang tua, dan sepuluh pesrta didik. . Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling.Data penelitian diperoleh melalui teknik obsevasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penyampaian materi dengan menggunakan alat permainan edukatif berupa tujuan, media, materi, metode. Tahap pembimbingan meliputi pemilihan alat permaianan edukatif, pengarahan penggunaan alat permaian edukatif, dan penilaian. (3) perkembangan kreativitas anak usia dini adalah 0% Belum Berkembang (BB), 0% Mulai Berkembang (MB), 70% Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan 30% Berkembang Sangat Baik (BSB). (3) Faktor internal yang mempengaruhi perkembangan kreativitas anak usia dini melalui penggunaan alat permaian edukatif adalah faktor biologis dan faktor fisiologis anak usia dini. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan kreativitas anak usia dini melalui penggunaan alat permaian edukatif adalah faktor lingkungan keluarga dan faktor lingkungan sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Ariesta, Riany. (2009). Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar. Bandung: PT Sandriarta Sukses.
Aini, Baiq Halimatuz. Dkk. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui APE Dalam Dan APE Luar Sederhana. Jurnal Pendidikan AURA, Volume 12, Nomor 2, Desember 2020.
Dermawan, Deni. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan anak usia dini, N. D. (2013). Pedoman Sarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak usia Dini, N. D. (2014). Pedoman Prasarana Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Eliyawati, Cucu. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Fadhillah, M. (2018). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media.
Fakhriyani, Diana Vidya. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Peneltian Penelitian dan Sains. Volume 4, Nomor 3, Desember 2016.
Hijriati. (2017). Peranan Dan Manfaat APE Untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume3, Nomor 2, Desember 2017.
Khadijah, (2012), Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung, Citapustaka Media Perintis.
Khadijah, (2015), Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Lestari, Barkah. (2006). Upaya Orang Tua Dalam Pengembangan Kreativitas Anak. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Volume 3, Nomor 1, April 2006.
Mayar, Farida, Dkk. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekitar Untuk Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5, Nomor 1, Juni 2022.
Masganti, Dkk. (2016), Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Teori dan Praktik. Medan: Perdana Publishing.
Munandar, Utami. (2012), Pengembangan Kreativitas. Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Natsir, T. A. L. (2021). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia DIni Sebuah Kajian Teori Dan Praktik. Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press.
Sugiyono, (2016), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sumarseh, Delfi Eliza. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbahan Loose Part In Door Untuk Membangun Merdeka Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Volume 5, Nomor 1, Februari 2022.
Susanto, Ahmad, (2011), Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem pendidikan Nasional. (n.d.).
DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v8i2.8003
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jendela PLS is Indexed by
This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.