Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Belajar Kelompok Dalam Meningkatkan Keaktifan Komunikasi Anak Usia Dini di PAUD Anggrek Cibinong Kabupaten Bogor

Salwa Nur Adinda, Nia Hoerniasih, Abdul Muis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses penggunaan metode pembelajaran berbasis belajar kelompok dalam meningkatkan keaktifan komunikasi anak usia dini di PAUD Anggrek Cibinong Kabupaten Bogor. (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penggunaan metode pembelajaran berbasis belajar kelompok dalam meningkatkan keaktifan komunikasi anak usia dini di PAUD Anggrek Cibinong Kabupaten Bogor. (3) mendeskripsikan hasil penggunaan metode pembelajaran berbasis belajar kelompok dalam meningkatkan keaktifan komunikasi anak usia dini di PAUD Anggrek Cibinong Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftip. Penelitian ini dilakukan di PAUD Anggrek Cibinong Kabupaten Bogor. Subjek penelitian terdiri dari pengelola PAUD, 1 orang guru, dan 2 orang tua. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data penelitian diperolah melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan keaktifan komunikasi pada anak usia dini di PAUD Anggrek Cibinong Kabupaten Bogor dilihat dari adanya peningkatan anak dalam hal menjawab pertanyaan, mengemukakan pendapat, memperhatikan presentasi, mengajukan pertanyaan dan aktif mendengarkan.


Keywords


Pendidikan Masyarakat; Pendidikan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Adinoto, Prayogi. 2019. “Pengaruh Kegiatan Awal Pembelajaran, Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar.†3(April):53–64.

Andriza, R., and A. Mahdi. 2022. “Pengaruh Bermain Puzzle Untuk Meningkatkan Perhatian Pada Anak ADHD Di SLB N 1 Harau.†Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4(4):3128–34.

Aufiyaaudin, Hayyik Dwi. 2022. “Implementasi Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada IPS Tematik Siswa Kelas 5 MI Ma’Arif Kemuning Tahun Ajaran 2021-2022.†1–23.

Bano, Nofri Isabela, Wiyun Philipus Tangkin, Guru Sekolah Dasar, and Universitas Pelita Harapan. 2022. “PENGGUNAAN JOB STICK DALAM BERTANYA UNTUK E-ISSN 2621-0703 P-ISSN 2528-6250.†7(2):279–85.

Dewi, Karwati Nurmala, Aas Hasanah, Riska Aprilianti, Info Artikel, Kemampuan Komunikasi, and Usia Dini. 2022. “ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA ROTARY WHEEL PADA.†1(2).

Farid, A., and I. K. Sudarma. 2022. “Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Kelompok Melalui LKPD Berbasis Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray.†10(1):126–34.

Fauziah, Amni, Asih Rosnaningsih, and Samsul Azhar. 2017. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang.†Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) 4(1):47. doi: 10.26555/jpsd.v4i1.a9594.

Jannah, Siti Fathul S. P. 2022. “Upaya Meningkatkan Kesadaran Dan Dorongan Yang Kuat Untuk Menguasai Pengetahuan Dan Keterampilan Yang Menjadi Program Sekolah Dengan Model Pembelajaran Learning Community Siswa Kelas IX .C MTS Negeri Ponorogo Tahun Pelajaran 2016/2017.†III.

Lestasi, Soleha Putri. 2015. “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negri Gohong Rawai II Kecamatan Rungan Kabupaten Gunung Mas.†2016.

Martoredjo, Nikodemus Thomas. 2019. “Keterampilan Mendengarkan Secara Aktif Dalam Komunikasi Interpersonal.†Humaniora 5(1):501. doi: 10.21512/humaniora.v5i1.3067.

Miftha Huljannah. 2021. “Pentingnya Proses Evaluasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar.†Educator (Directory of Elementary Education Journal) 2(2):164–80. doi: 10.58176/edu.v2i2.157.

Noor, Peppy Pustiati, and Agung Prasetyo Abadi. 2022. “Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Perkembangan Pembelajaran Matematika SMA.†Jurnal Educatio FKIP UNMA 8(2):466–73. doi: 10.31949/educatio.v8i2.1986.

Nuryasana, Endang, and Noviana Desiningrum. 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa.†Jurnal Inovasi Penelitian 1(5):967–74. doi: 10.47492/jip.v1i5.177.

Prayoga, Yudistira, Sumarwiyah Sumarwiyah, and Imaniar Purbasari. 2022. “Belajar Kelompok Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Saat Pandemi.†Jurnal Educatio FKIP UNMA 8(2):670–77. doi: 10.31949/educatio.v8i2.2080.

Ria Ramdhiani, and Nan Rahminawati. 2021. “Analisis Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran.†Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud 1(2):95–101. doi: 10.29313/jrpgp.v1i2.389.

Rismayanti, Khairunnisa, and Siti Sundari. 2020. “Cara Mudah Membuat Presentasi Interaktif Menggunakan Google Slides.†Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):41–45.

Setiawan, Aris. 2015. “PENERAPAN BELAJAR KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SD NEGERI KEPEK, PENGASIH, KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015.†Ekp 13(3):1576–80.

Setyaningsih, Vitria Indriyani, Nabila Jayshi Syah Putri, Oldri Permata Sari, and Miftakhul Huda. 2020. “Meningkatkan Efektivitas Hasil Belajar Siswa Melalui Sistem Pendidikan 4 Jam Pembelajaran Pada Jenjang Sma.†Jurnal Pendidikan 5(1):52–59.

Suandi, I. Nyoman. 2022. “Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas VI SD.†Journal of Education Action Research 6(1):135–40.

Uul Selvi Yanti. 2021. “Bentuk-Bentuk Kerja Sama Guru Terhadap Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika Pada SMAN Unggulan Tunas Bangsa.â€




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v8i2.8013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944