PERAN PENDIDIK DALAM MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN KOLASE DI PAUD MOTEKAR X KABUPATEN KARAWANG

Nabila Putri Ardiansyah, Ahmad Syahid, Ratna Sari Dewi

Abstract


PAUD Motekar X Kabupaten Karawang masih kurang stimulan dari orang tua terhadap perkembangan fisik motorik halus, sehingga para pendidik perlu meningkatkan kemampuan fisik motorik halus para anak didik dalam kegiatan pembelajaran. Peran pendidik dalam pembelajaran salah satunya dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak didik yaitu melalui kegiatan kolase. Pengembangan kemampuan fisik motorik halus dalam kegiatan kolase bagi seorang anak didik merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan karena dalam kegiatan tersebut anak didik dapat bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain sehingga mampu untuk melatih perkembangan kemampuan motorik halus serta sesuai dengan prinsip pendidikan di Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD).Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui data tentang peran pendidik dalam meningkatkan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan kolase di PAUD Motekar X Kabupaten Karawang. (2) Mengetahui data tentang hasil dari peningkatan motorik halus melalui kegiatan kolase pada anak usia dini di PAUD Motekar X Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 orang pengelola, 2 pendidik, dan 2 orang tua anak didik. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: (1) Peran pendidik yang diterapkan di PAUD Motekar X Kabupaten Karawang yaitu peran pendidik sebagai fasilitator, pembimbing,dan motivator yang sudah terlaksana dengan baik dan berhasil meningkatkan motorik halus anak usia dini melalui kegiatan kolase. (2) Hasil dari kegiatan keterampilan kolase adalah sebagian anak sudah mampu memilih bahan dan mengenal warna serta tekstur kemudian memadukannya pada bahan yang satu dan bahan yang lainnya sesuai pola. Dari segi kemampuan berbahasa anak didik yang sudah terlatih dan sosial emosional anak didik masih ada beberapa yang belum berkembang baik karena kurangnya ketelitian dan kesadaran pada saat mengerjakan pekerjaannya.

Kata kunci : Peran Pendidik , Motorik Halus , Anak Usia Dini, Kolase

Keywords


peran pendidik, motorik halus, anak usia dini, kolase

Full Text:

PDF

References


Ali Nugraha dkk. (2015) Pedoman Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Ardilla, Y.O. (2017) Penggunaan media kolase dalam mengembangkan keterampilan motorik halus anak usia dini di Taman Kanak - Kanak Citra Darma Lampung Barat. Lampung: tidak diterbitkan

Ardy, Novan. (2020). Desain Pembelajaran Pendidikan. Malang: Ar Ruzz Media

Ardy Wiyani. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: GAVA MEDIA

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Depdiknas

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Decaprio ricard (2013). Aplikasi teori pembelajaran motorik di sekolah. Yogyakarta :DIVA PRESS

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan NasionalPontianak: tidak diterbitkan

Depdiknas. (2007). Pedoman pengembangan Fisik/Motorik di taman kanak-kanak. Jakarta

Devi,F.P. (2014) Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Kelompok B2 di TK ABA Keringan Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Yogyakarta: tidak diterbitkan

Miky chiang, M. Syukri, Halida, Peningkatan Kreativitas Melalui PembelajaranKolase Dengan Menggunakan Bahan Alam Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Nasution. (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif: Bandung: Tarsito

Nasution. (2006): Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Sani, R.A. (2014). Pembelajaran Saintink Untuk implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Solichah, Silvana. Dan Ayusari, N.(2017). Keterampilan Kolase. Yogyakarta: Indo Publika

Slamet suyanto. (2005). Konsep dasar anak usia dini. Jakarta: departemen pendidikan nasional

Sugiono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif; kualitatif dan R&D .Bandung: Alfabeta

Sumardiah, Fatimah. (2016) Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Daun Kering Pada Anak Usia 3-4 Tahun di PPT Mutiara Bunda Benowo Surabaya. Skripsi Universitas Negeri Surabaya




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v8i2.8023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944