IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PELATIHAN KURSUS MENGEMUDI MOBIL

Karunia Fatma Dewi, Joko Sutarto

Abstract


Kebutuhan lapangan pekerjaan yang ada terus menyesuaikan dengan transformasi di era revolusi industri 4.0 salah satunya dalam bidang transportasi . Keterampilan yang harus di miliki tenaga kerja berupa hard skill maupun soft skill sangat di butuhkan dalam memenuhi tuntutan kerja termasuk keterampilan mengemudi Mobil. Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Vanny Course di Purworejo merupakan salah satu pendidikan non formal yang berperan memberikan pengetahuan, keterampilan serta kompetensi yang di butuhkan dalam dunia kerja dengan jangka waktu yang relatif singkat. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan implementasi pembelajaran pelatihan mengemudi mobil di LKP Vanny Course,(2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran pelatihan. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif.Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 1 pimpinan lembaga, 2 Instruktur, dan 3 peserta pelatihan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat proses pembelajaran pelatihan di LKP Vanny Course yaitu terdiri dari (1) Implementasi pembelajaran pelatihan yang di lakukan dengan adanya komunikasi antara instruktur dengan peserta pelatihan serta adanya metode pembelajaran ceramah dan drill/latihan,(2) Faktor pendukung dalam pembelajaran ada pada sarana-prasarana yang mendukung dan adanya motivasi dari dalam diri peserta pelatihan serta dukungan dari orang terdekat, Sedangkan faktor penghambatnya ada pada peserta pelatihan yang belum paham dengan materi yang di berikan akibat faktor usia serta manajemen waktu peserta pelatihan yang perlu di tingkatkan lagi.

 

Kata kunci : Implementasi, Pembelajaran, Pelatihan Mengemudi


Full Text:

PDF

References


Abduh, H. (2016). Pengambilan Keputusan di Lembaga Pendidikan. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 165–175. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf

Akmal, A. (2022). Ways To Increase The Professional Reliability Of The Driver. Journal of Academic Research and Trends in Educational Sciences. https://doi.org/10.5281/zenodo.6590965

Akple, M. S., Turkson, R. F., Biscoff, R., Borlu, B. K., Apreko, A. A., Polytechnic, H., Hp, P. O. B., & Region, V. (2013). Driver Preference for Automatic or Manual Transmission Systems for Vehicles : A Case Study in Ghana. 3(9), 22–28.

Anwar, H. (2014). Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 37–56. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.1.569

Anzizham, S. (2014). E-book sistem pengambil keputusan (pp. 8–12).

Ariyanto, W., Shofwan, I., & Student, E. (2021). Implementation Of Learning And Training Of Driving Courses In Improving Life Skills. Novateur Publication, India, 88–97.

Bachtiar. (2021). Desain dan Strategi Pelaksanaan Program Pelatihan. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(2), 132–133. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2479377%0Ahttps://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/3028/869

Costen, W. M., & Salazar, J. (2011). The impact of training and development on employee job satisfaction, loyalty, and intent to stay in the lodging industry. Journal of Human Resources in Hospitality and Tourism, 10(3), 273–284. https://doi.org/10.1080/15332845.2011.555734

Dharma, S. (2008). Rancangan Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Direktur Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK. (2019). Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional 2008. Pendidikan Indonesia, 53(9), 1689–1699.

Ekosiswoyo, R., & Sutarto, J. (2015). Model Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Berbasis Keterampilan Vokasional. Journal of Nonformal Education, 1(1), 35-4 1. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jne

Fakhruddin, P. R. A. (2017). Pemenuhan Kebutuhan Belajar Anak Jalanan Di Kota Semarang Melalui Program Pendidikan Nonformal. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2(1), 24–29. https://doi.org/10.30870/e-plus.v2i1.2945

Fauzia, J. H., & Kurniawati, F. (2020). Efektivitas Program Pelatihan Penetapan Tujuan pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 11(1), 1. https://doi.org/10.26740/jptt.v11n1.p1-16

Guidetti, G., Guidetti, R., & Sgalla, R. A. (2018). The saccadic training for driving safety. Hearing, Balance and Communication, 16(4), 197–207. https://doi.org/10.1080/21695717.2018.1540233

Hakim, K. M. I. A. R., Arbarini, M., & Raharjo, T. J. (2022). An Implementation of Online Blended Learning Training and Learning Management System in The Covid-19 Pandemic. Journal of Nonformal Education, 8(2), 249–256. https://doi.org/10.15294/jne.v8i2.37439

Harsono, B., Soesanto, & Samsudi. (2009). Perbedaan Hasil Belajar Antara Metode Ceramah Konvensional Dengan Ceramah Berbantuan Media Animasi Pada Pembelajaran Kompetensi Perakitan Dan Pemasangan Sistem Rem. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 9, 99.

Hernawan, A. H., Permasih, & Dewi, L. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Depdiknas Jakarta, 1–13.

Herwina, W. (2021). Analisis Model-Model Pelatihan. In CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Jainap. (2022). Metode Ceramah dalam Belajar dan Pembelajaran. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/u5fyq

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Laka, B. M., Burdam, J., & Kafiar, E. (2020). Role of Parents in Improving Geography Learning Motivation in Immanuel Agung Samofa High School. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 69–74. https://doi.org/10.47492/jip.v1i2.51

Lesmana, F., Kusman, M., Ariyano, A., & Karo Karo, U. (2016). Metode Latihan (Drill) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menggambar Autocad1. Journal OLesmana, F., Kusman, M., Ariyano, A., & Karo Karo, U. (2016). Metode Latihan (Drill) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menggambar Autocad1. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 246. Https://Doi.Org/10.17509/Jmee.V, 1(2), 246. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i2.3809

Munadi, S. (2018). Penilaian Hasil Belajar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Pedrini, G., & Cappiello, G. (2022). The impact of training on labour productivity in the European utilities sector: An empirical analysis. Utilities Policy, 74(January 2021), 101317. https://doi.org/10.1016/j.jup.2021.101317

Praslova, L. (2010). Adaptation of Kirkpatrick’s four level model of training criteria to assessment of learning outcomes and program evaluation in Higher Education. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 22(3), 215–225. https://doi.org/10.1007/s11092-010-9098-7

Primandari, A. (2010). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIIIA SMP N 2 Nanggulan Dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square. 267.

Pusdiklat, K. (2016). Modul 01 Identifikasi Kebutuhan Belajar Pusdiklat Pegawai Kemendikbud.

Puspitasari, M. (2016). Proses Pelaksanaan Program Layanan Pendidikan Anak Melalui Kursus di Perpustakaan Daerah Jawa Tengah.

Puteri, A. D., & Nisa, A. M. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Safety Driving Pada Supir Travel Di Pt. Libra Wisata Transport. PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/prepotif.v4i1.555

Robert, B., & Brown, E. B. (2004). Evaluasi Faktor-Faktor Penentu Lokasi Fasilitas Pendidikan. 1, 1–14.

Rubin. (2016). Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan Yang Efektif (Effective Problem Solving and Decision Making). In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Sari, D. R. (2020). Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Manajemen Evaluation of Education and Training Programs Human Resource. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 458–472.

Setyosari, P. (2017). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 1(5), 20–30. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p020

Siswanto, Y., Sutarto, J., & Mulyono, S. E. (2018). E-training based on Determination of Education and Training Models of Early Childhood Teachers Education Programs. Journal of Nonformal Education, 4(2), 107–118. https://doi.org/10.15294/jne.v4i2.15517

Stottlemyer, K. (2011). Comparison of First Gear Performance for Manual and Automatic Transmissions. Undergraduate Journal of Mathematical Modeling : One + Two, 4.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susanti, M. (2015). Penggunaan Metode Pembelajaran Pada Pelatihan Tata Rias Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (Pkk) Di Nagari Ganggo Hilia Kabupaten Pasaman. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 3(1). https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v3i1.5073

Sutarto, J. (2013). Buku Ajar Manajemen Pelatihan.pdf (p. 97).

Sutarto, J. (2020). Development of Teaching Materials for Need-Oriented Training to Improve the Learning Pedagogic Competence. https://doi.org/10.4108/eai.29-6-2019.2290414

Sutarto, J., Ekosiswoyo, R., & Rifai, A. (2017). Pendidikan Nonformal Teori dan Program. 165.

Sutarto, J., & Siswanto, Y. (2015). Model E-Training dalam pelatihan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58.

Sutarto, J., Suminar, T., Shofwan, I., Siswanto, Y., & Pamungkas, A. H. (2021). Development of design and teaching material straining: Orientation needs in improving pedagogical competencies. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 3660–3667.

Suyedi, S. S., & Idrus, Y. (2019). Hambatan-Hambatan Belajar Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Desain Jurusan Ikk Fpp Unp. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 8(1), 120. https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.12878

Ulfa, M. (2018). Maria Ulfa dan Saifuddin (2018). Terampil Memilih Dan Menggunakan Metode Pembelajaran, 30, 35–56.

Wahyu, S. S. (2018). Manajemen Pendidikan Nonformal. Journal of Chemical Information and Modeling, 9, 20.

Wang, Y. C., Foss, R. D., O’Brien, N. P., Goodwin, A. H., & Harrell, S. (2020). Effects of an advanced driver training program on young traffic offenders’ subsequent crash experience. Safety Science, 130(April), 104891. https://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104891

Wang, Y., Liao, Z., Mathieu, S., & Tu, X. (2020). Learning Eco Driving Strategies From Human Driving Trajectories. Journal of Hazardous Materials, 123965. https://doi.org/10.1016/j.physa.2023.129353

Winangun, I. M. A., & Dewi, N. P. C. P. (2021). Pelatihan Desain Pembelajaran Inovatif Dimasa Pandemi Covid-19. CARAKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–8.

Yuse, A. P., Jamaris, J., & Ismaniar, I. (2018). Penerapan Pembelajaran Orang Dewasa oleh Instruktur Pelatihan Keterampilan Menjahit di SPNF SKB Lima Puluh Kota. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(1), 16. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9199

Zafar M.A, & Afriyansyah H. (2022). Pentingnya Administrasi Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(4), 186–195. https://doi.org/10.30640/dewantara.v1i4.462




DOI: https://doi.org/10.37058/jpls.v8i2.8997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jendela PLS is Indexed by

Indeks Google ScholarGarudaBASEresearchbib Crossref

 View My Stats

 

This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2017. Jurnal Jendela PLS, E-ISSN: 2745-3944