PROBLEMATIKA MENULIS PUISI BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI PADA MAHASISWA PATANI THAILAND SELATAN DI SEKRETARIAT IMPI PURWOKERTO

Casim Casim

Abstract


Abstrak

Menulis puisi masih menjadi masalah oleh mahasiswa Patani yang kuliah di Purwokerto. Menulis puisi dianggap sulit karena harus pandai diksi dan imajinasi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui problematika menulis puisi berdasarkan pengalaman pribadi mahasiswa Patani Thailand Selatan di Purwokerto. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Patani Thailand Selatan: 1) minat menulis puisi mahasiswa Patani yang menjawab “sangat berminat” yaitu 31%; “berminat” yaitu 46%; “kurang berminat” yaitu 8%; sedangkan yang memilih “tidak berminat yaitu 15%; 2) mahasiswa Patani memiliki pengalaman menulis puisi berdasarkan pengalaman pribadi; 3) mahasiswa Patani mengalami kesulitan dalam menulis puisi, kesulitan tersebut disebabkan oleh faktor bahasa, menyusun baris/ bait, dan tidak menguasai tata bahasa; 4) kesulitan dalam menentukan diksi, seperti verba, nomina, dan adjectiva; 5) puisi yang dibuat oleh mahasiswa Patani menggunakan makna konotasi dan denotasi; dan 6) puisi yang dibuat oleh mahasiswa Patani Thailand Selatan berdasarkan pengalaman pribadi..

Kata Kunci: Menulis Puisi, Pengalaman Pribadi, Mahasiswa Patani

Abstract

Writing poetry is still a problem for Patani students studying in Purwokerto. Writing poetry is considered difficult because you have to be good at diction and imagination. The aim of this research is to find out the problems of writing poetry based on the personal experiences of Patani students from Southern Thailand in Purwokerto. The type of research used is qualitative research. The method used in this research is a qualitative descriptive method. Data collection techniques include observation techniques, in-depth interviews, and documentation. The research results showed that Patani students in Southern Thailand: 1) were interested in writing poetry from Patani students who answered "very interested" namely 31%; “interested” namely 46%; “less interested” namely 8%; while those who chose "not interested were 15%; 2) Patani students have experience writing poetry based on personal experience; 3) Patani students experience difficulties in writing poetry, these difficulties are caused by language factors, arranging lines/stanzas, and not mastering grammar; 4) difficulty in determining diction, such as verbs, nouns and adjectives; 5) poetry created by Patani students uses connotation and denotation meaning; and 6) poetry created by Patani students from Southern Thailand based on personal experience.

Keywords: Writing Poetry, Personal Experience, Patani Students


References


Apriana, Dina, dkk. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Menggunakan Teknik Pemodelan. Vol 6, No.

(2017)

https://dx.doi.org/10.26418/jppk.v6i2.18390

Casim. (2020). Kajian Formula Sintaksis, Ko-Teks dan Konteks dalam Mantra Indeung Rusi. https://repositori.kemdikbud.go.id/20235/1 01/75.%20Makalah%20CASIM.pdf

Herthalia, Regina Ayu & Maharani Intan Andalas. (2019). Diksi dalam Kumpulan Puisi Sarinah Karya Esha Tegar Putra: Kajian Stilistika. JSI8 (2) (2019). Jurnal Sastra Indonesia

http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/j si

KBBI. (2016). KBBI WEB.

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/denotasi

Sardila, Vera. (2015). Strategi Pengembangan Linguistik Terapan Melalui Kemampuan Menulis Biografi dan Autobiografi: Sebuah Upaya Membangun Keterampilan Menulis Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pemikiran Islam,Vol.40,No.2 Juli - Agustus 2015 https://ejournal.uin- suska.ac.id/index.php/Anida/article/viewFile/ 1500/1293

Tarigan. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Pradopo. (2002). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: UGM.

Nurgiyantoro, B. (2010). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nirwana & Abd. Rahim Ruspa. (2020). Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Prodi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Onoma:

Pendidikan, Bahasa dan Sastra PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo Volume

Nomor 1 https://www.e- journal.my.id/onoma/article/view/277

Yaqien, Ilmal. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Metode Karya Wisata. Jurnal Solid ASM Mataram – Volume 8 No 2 Tahun 2018 https://ojs.utmmataram.ac.id/index.php/solid

/article/download/267/pdf