ANALISIS PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM MENDUKUNG LITERASI MEMBACA ANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pemanfaatan teknologi digital oleh orang tua dalam mendukung literasi membaca anak-anak usia 8-12 tahun. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi digital memainkan peran penting dalam meningkatkan kemampuan literasi anak. Mayoritas responden (85,7%) menggunakan teknologi digital secara teratur dan merasa teknologi membantu meningkatkan pemahaman anak. Aplikasi belajar seperti Ruangguru dan Google Classroom menjadi pilihan favorit. Selain itu, kegiatan membaca bersama anak menggunakan buku digital atau e-book juga dilakukan secara teratur. Namun, perlu pengawasan untuk menghindari ketergantungan pada teknologi. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran efektif dan berkelanjutan, serta memberikan rekomendasi bagi pendidik dan pengambil kebijakan dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pendidikan literasi.
Kata Kunci : Literasi Membaca Digital, Membaca, Pendidikan
Abstract
This qualitative study explores the utilization of digital technology by parents in supporting reading literacy among children aged 8-12. Employing purposive sampling, the research reveals that digital technology significantly enhances children's literacy skills. Most respondents (85.7%) use digital technology regularly, perceiving it as beneficial for their children's understanding. Educational apps like Ruangguru and Google Classroom are preferred. Regular co-reading activities using digital books/e-books are also conducted. However, supervision is necessary to prevent technology dependence. This study contributes to developing effective and sustainable learning strategies, informing educators and policymakers on integrating technology into literacy education, and providing recommendations for optimizing digital literacy initiatives.
Keywords: Digital Reading Literacy, Reading, Education
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anggraeni, M., & Mukhlis, M. (2023). Asesmen kompetensi minimum literasi membaca siswa di sd negeri 09 merangkai. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(1), 313-325.
Anggraini, S. (2016). Budaya literasi dalam komunikasi. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 15(3), 264-279.
Lisnawati, I., & Ertinawati, Y. (2019). Literat Melalui Presentasi. Jurnal Metaedukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1).
Setiadi, F. M., Maryati, S., & Mubharokkh, A. S. (2024). Analisis dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologis dan keagamaan anak usia dini (TK dan SD) dalam perspektif pendidikan agama Islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 7(1), 1-11.
Balqis, R. B. R., & Nasution, M. I. P. (2024). Seberapa Besar Pengaruh Teknologi Jika Sudah Berlebihan. Kohesi: Jurnal Sains dan Teknologi, 5(5), 91-100.
Nur, A., & Wijanarko, D. (2024). Analisis Hubungan Antara Kesehatan Mental Dan Penggunaan Gadget Di Kalangan Remaja. Medic Nutricia: Jurnal Ilmu Kesehatan, 9(1), 71-80.
Wiwikananda, S. K. S., & Briansyah, D. A. (2024). Peran Guru Terhadap Keterampilan Membaca Melalui Gerakan Literasi Sekolah Peserta Didik Sekolah Dasar. JESE: Journal of Elementary School Education, 1(01), 50-59.
Solichah, N., & Fardana, N. A. (2024). Penelitian partisipatoris: Pemberdayaan orang tua dalam memberikan stimulasi literasi dini.
Mala, A. (2022). Optimalisasi Etika Digital pada Anak Usia Dini Melalui Literasi Digital: Mendukung Pembentukan Karakter Unggul Di Era Teknologi. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 9(2), 68-79.
Azzahra, S. F., & Rahyasih, Y. (2024). Strategi Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia melalui Program Literasi Digital di Sekolah. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(2), 64-70.
Annas, A. N., Baguna, I., Kobandaha, F., Abdjul, S. P., Yusuf, I. A. M., & Asipu, S. (2024). Tantangan dan Solusi Orang Tua dalam Membangun Kecakapan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan, 2(3), 242-253.
Aysah, F. (2023). Peran orang tua dalam meningkatkan minat membaca anak usia sekolah dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 3(1), 49-62.
Sari, N. F., Rambe, B. H., Ritonga, I. A., Aritonang, Y. B., & Fauziah, R. (2024). Peningkatan literasi membaca melalui kolaborasi guru, orang tua, dan siswa di SD TPI Janji Rantauprapat. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 4(6).
Neuman, S. B., & Celano, D. C. (2012). Worlds Apart: One City, Two Libraries, and Ten Years of Watching Inequality Grow. American Educator, 36(3), 13.
Rideout, V. (2014, January). Learning at home: Families' educational media use in America. In Joan Ganz Cooney Center at Sesame Workshop. Joan Ganz Cooney Center at Sesame Workshop. 1900 Broadway, New York, NY 10023.
DOI: https://doi.org/10.37058/mbsi.v6i2.14357