PENGEMBANGAN KARAKTER MAHASISWA PADA PROSES PENTAS DRAMA KELILING TAHUNAN DI UKM TEATER 28 UNIVERSITAS SILIWANGI TASIKMALAYA

Adita Widara Putra, Jojo Nuryanto

Abstract


Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud pendidikan karakter sebagai manifestasi dari proses pelaksnaan program kerja Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater 28 Universitas Siliwangi. Sebagai unit kegiatan mahasiswa, Teater 28 memiliki program kerja utama yakni mementaskan pertunjukan drama pada kota-kota yang tersebar di Indonesia secara bergantian. Tajuk pertunjukan dalam kurun waktu lima (5) tahun terakhir selalu lintas provinsi. Dimensi pendidikan karakter yang dideskripsikan merupakan wujud pendidikan karakter yang menyasar pada karakter kerja meliputi (1) wujud kerja sama; (2) wujud sikap dan perilaku baik; (3) wujud semangat mengembangkan potensi diri; dan (4) wujud sikap optimis. Hasil penelitian menunjukkan proses perwujudan program utama UKM Teater 28 Universitas Siliwangi dapat membina dan mengembangkan keempat dimensi karakter kerja. Hal tersebut tercermin dari pokok-pokok proses yang terdiri atas (1) Penentuan dan penyusunan tim manajemen; (2) Penentuan kerabat produksi; (3) Pelaksanaan proses latihan; (4) Pematangan produk pementasan dan manajemen; dan (5) Evaluasi pelaksanaan program.

Kata Kunci: Pengembangan karakter, Pendidikan karakter, Organisasi mahasiswa, Teater, Pertunjukan drama.

Abstract

This article aims to describe the form of character education as a manifestation of the process of implementing the work program of the UKM Theater 28 at Siliwangi University. As a student activity unit, Theater 28 has a main work program that is staging drama performances in cities that are spread in Indonesia in turn. Headings for the past five (5) years have always been cross-province. The dimension of character education described is a form of character education targeting work characters including (1) the form of cooperation; (2) good attitudes and behaviors; (3) the spirit of developing self-potential; and (4) optimism. The results of the research show that the process of realizing the main program of UKM Theater 28 Siliwangi University can foster and develop the four dimensions of work character. This is reflected in the main points of the process consisting of (1) Determination and preparation of the management team; (2) Determination of production relatives; (3) Implementation of the training process; (4) Maturing of staging and management products; and (5) Evaluation of program implementation.

Keywords: Character development, Character education, Student organizations, Theater, Drama performances.


References


Aminuddin. 2000. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Elfindri, dkk. 2012. Pendidikan Karakter: Kerangka, Metode, dan Aplikasi Untuk Pendidik dan Profesional. Jakarta: Baduose Media.

Endraswara, S. 2011. Metode Pembelajaran Drama. Yogyakarta: CAPS.

Fathoni, A. 2005. Antropologi Sosial Budaya. Jakarta: Rineka Cipta.

Halik, A. 2012. Kajian Bahasa Indonesia di SD. [Online]. Tersedia: http://pjjpgsd.dikti.go.id/file.php/1/repository/dikti/Mata%20Kuliah%20Awal/Kajian%20Bahasa%20Indonesia%20SD/BAC/Unit_7.pdf. [26 Februari 2012]

Hassanudin W.S. 2009. Drama Karya dalam Dua Dimensi. Bandung: Angkasa.

Herdiansyah, H. 2010. Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Koentjaraningrat. 2015. Pengantar Ilmu Antropologi. Bandung: Rineka Cipta.

Maryaeni. 2008. Metodologi Penelitian Kebudayaan. Jakarta. Bumi Aksara.

Mudyahardjo, Redja. 2008. Pengantar Pendidikan: Sebuah Studi Awal tentang Dasar-Dasar Pendidikan pada Umumnya dan Pendidikan di indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Moleong, L.J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurihsan, A.J. 2016. Membangun Peradaban. Bandung: Refika Aditama.

Pidarta, Made. 2007. Landasan Pendidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nurihsan, A.J. 2016. Membangun Peradaban. Bandung: Refika Aditama.

Raka, G., dkk. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah. Jakarta: PT. Kompas Gramedia.

Samsuri. 2011. Mengapa (Perlu) Pendidikan Karakter? Yogyakarta: Bahan Sosialisasi Mata Kuliah Pendidikan Karakter di FISE UNY Wonosobo.

Sudrajat, A. 2010. Tentang Pendidikan Karakter. [Online]. Tersedia: http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/08/20/pendidikan-karakter-di-smp. [12 April 2012].

Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H.G. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Waluyo, H.J. 2006. Drama: Naskah, Pementasan, dan Pengajarannya. Surakarta: UNS Press.