PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA OLEH MAHASISWA DALAM PRESENTASI

Iis Lisnawati, Aveny Septi Astriani, Fikri Hakim

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa Indonesia  oleh mahasiswa dalam berpresentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan para mahasiswa dalam berpresentasi belum menampilkan penggunaan bahasa Indonesia baku secara utuh. Hal ini dapat dilihat dari ketidakbakuan penggunaan bahasa Indonesia pada bidang fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik. Ketidakbakuan dalam bidang fonologi adalah berupa (1) penghilangan fonem, penambahan fonem, dan penggantian fonem dan (2) Pengejaan huruf dalam singkatan dan akronim. Ketidakbakuan dalam bidang morfologi adalah berupa penggantian (1) dalam proses nasalisasi konsonan tidak bersuara tidak diluluhkan,  (2) penggantian afiks –nya dengan afiks –kan, (3) penggunaan bentuk kata dengan analogi yang salah, dan (4) penggunaan bentuk pasif yang tidak sesuai dengan personanya. Ketidakbakuan dalam bidang sintaksis adalah berupa (1) penghilangan Subjek (S), Predikat (P), S dan P, (2) penambahan berupa penggunaan S dan P yang ganda. Ketidakbakuan dalam bidang semantik adalah berupa (1) Penambahan kata dan frasa yang tidak perlu dan (2) Penggantian preposisi, konjungsi, klitik, kata baku dengan kata percakapan. Penyebab ketidakbakuan bahasa yang digunakan dalam presentasi adalah kompetensi dan performansi pembicara. Solusi atas ketidakbakuan penggunaan bahasa Indonesia bisa dilakukan dengan menjadikan wacana lisan dalam presentasi sebagai bahan pembelajaran, baik secara terintegrasi dalam mata kuliah berbicara ataupun  dengan bersinergi dengan mata kuliah kebahasaan, yaitu Fonologi, Morfologi, Sintaksis,  dan Semantik.

 

Kata kunci: presentasi, penggunaan bahasa baku, fonologi, morfologi, sintaksis, semantik

 


References


Abidin, Y. (2010). Kemampuan Menulis dan Berbicara Akademik.. Bandung: Rizqi Press.

Alwi, Hasan, dkk. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Alwi, Hasan, dkk. (2006). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Badudu, J.S.1986. Pelik-Pelik Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Prima.

Badudu, J.S.1988. Inilah Bahasa Indonesia yang Benar III. Bandung: Pustaka Prima.

Badudu, J.S. 1992. Membina Bahasa Indonesia Baku. Bandung: Pustaka Prima.

Brown, H. Doughlas. (2000). Principles of Language Teaching and Learning. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Business the Ultimate Resource. 2007. Give Great Presentations: How To Speak Confidently and Make Your Point. London: A & C Black Publishers Ltd.

Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chivers, Barbara dan Shoolbred, Michael. 2007. A Student’s Guide to Presentations: Making Your Presentation Count. California: Sage Publications Ltd.

Hamm, Patricia H. (2006). Teaching and Persuasive Communication: Class Presentation Skills. The Harriet W. Sheridan Center for Teaching and Learning Brown University.

Kapterev, Alexei. 2011. Presentation Secrets: Do What You Never Thought Possible with Your Presentations. Indiana: John Wiley & Sons, Inc.

Kridalaksana, Harimurti. 2009. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Lembaga Basa & Sastra Sunda. 1990. Kamus Umum Basa Sunda. Bandung: Penerbit Tarate Bandung.

Osborn, dkk. 2007. Public Speaking. USA: Pearson Education, Inc.

Richards, Jack C. 1994. Error Analysis Perspective on Second Language Acquisition. England Longman Group Limited.

Rusyana, Yus. 1984. Bahasa dan sastra dalam Gamitan Pendidikan. Bandung Dipenogoro.

Wang, Ying & Gao, Xiaofang. 2016. Exploring the Expectation Differences of Teachers’ Roles In English Class Presentation, Teacher Development. An International Journal of Teachers' Professional Development 92-105.

Atrianing Yessi Wijayanti, 2020. “PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA KULIAH KETERAMPILAN BERBAHASA SD DENGAN METODE ROLE PLAYING PADA MAHASISWA SEMESTER V PROGRAM STUDI PGSD UNDARIS UNGARANâ€. JURNALWAWASAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN - VOL. 08 NO. 02 (2020) P-ISSN 2580 – 226. P 24-31. Tersedia: https://ejournal.undaris.ac.id/index.php/waspada

Makki, M. Ismail dan Aflahah. 2019. “Kemampuan Berbicara Mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Indonesia Jurusan Tarbiyah STAIN Pamekasanâ€. Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Kegamaan Islam Vol. 16 No. 1 Januari – Juni 2019. Tersedia: https://core.ac.uk/reader/229879010 P. 77-86.

Darmawati. (2019). “PENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA PGSD E UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYâ€. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra. ISSN 2443-3667 PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo Volume 4 Nomor 2. Tersedia: https://journal.uncp.ac.id/index.php/onoma/article/view/1127 p 222-237

Setyonegoro, Agus. (2014) “HAKIKAT, ALASAN, DAN TUJUAN BERBICARA (Dasar Pembangun Kemampuan Berbicara Mahasiswa)â€. Pena Vol. 3 No. 1 Juli 2013: 67-80 ISSN 2089-3973. Tersedia: https://www.online-journal.unja.ac.id/pena/ article/ view/1451

Kurniati, Lisdwiana. (2017). “Peningkatan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Debatâ€. Jurnal Pesona, Volume 3 No. 2, (2017), 224-232 ISSN Cetak : 2356 - 2080 ISSN Online : 2356 - 2072 DOI: https://doi.org/ 10.26638/jp.450.2080 p: 224-232. Tersedia: https://ejournal.umpri.ac.id/ index.php/ pesona/ article/view/450