PERAN TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM POSTER EDUKASI DI MASS RAPID TRANSIT (MRT) JAKARTA SEBAGAI PENCEGAHAN VIRUS CORONA PADA MASA PANDEMI

Siti Setiawati, Ai Siti Nurjamilah

Abstract


ABSTRAK

Jenis penelitian penulis yang digunakan kali ini yaitu penelitian metode deskriptif merupakan metode penelitian yang menganalisis suatu dokumen dan menjabarkan kembali dokumen yang diambil. Jenis penelitian deskriptif dilakukan terhadap informasi yang didokumenterkan melalui rekaman, gambar, suara, dan tulisan. Metode deskriptif tidak mempertimbangkan benar atau salahnya penggunaan bahasa oleh penutur-penuturnya. Adapun tujuan yang hendak peneliti capai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Mendeskripsikan bentuk-bentuk tindak tutur direktif dalam poster edukasi di Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta; Mendeskripsikan maksud tindak tutur direktif dalam poster edukasi di Mass RapidTransit (MRT) Jakarta yang dilakukan oleh pemerintah terhadap masyarakat; Menjelaskan efektifitas poster edukasi dalam menekan laju pertambahan kasus penyebaran Covid-19 terhadap masyarakat di Jakarta. Hasil penelitian ini ditemukan terdapat tiga bentuk tindak tutur direktif dalam poster edukasi yang ada di MRT yakni tipe memerintah, tipe melarang, dan tipe meminta. Adapun rincian datanya secara menyeluruh terdapat 8 bentuk tindak tutur direktif dengan 5 tipe memerintah, 2 tipe melarang, dan 1 tipe meminta. Hal ini berarti menunjukkan poster paling dominan adalah tindak tutur tipe memerintah yang menandakan secara tersirat bahwa penutur sangat intens dalam mengedukasi masyarakat dan mencegah tingkat penyebaran virus corona di wilayah Jakarta

Kata kunci: covid19, MRT, tindak tutur, pandemi


References


Fatmah, Ismi Sakina dkk. 2020. Edukasi Corona Virus Desease 19 (Covid-19)

Melalui Penyebaran Poster Kepada Masyarakat Kecamatan Slawi Kabupaten

Tegal. JABI: Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia Vol. 1 (2): 1–10.

Suryatin, Eka. 2018. Tindak Tutur Direktif dalam Poster Kesehatan di Puskesmas

Kota Banjarbaru. Undas Vol. 14 (2): 117—128.

Yahya, Iwan Khairi. 2013. Tindak Tutur Direktif Dalam Interaksi Belajar Mengajar Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA Negeri 1 Melat Sleman Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.

Moleong, L.J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prayitno, Harun Joko. 2010. Kesantunan Sosiopragmatik. Surakarta: Universitas

Muhammadiyah Press.

Sugiono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfa Beta.

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta:

Graha Ilmu.

Odien Rosidin. 2014. Percikan Linguistik. Serang: Untirta Press.

Chaer, Abdul dan Agustina, Leonie.2004. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta:

Rineka cipta.

Yule, George. 2006. Pragmatics. (Terjemah Indah Fajar Wahyuni). Yogyakarta:

Pustaka Belajar

Nadar, F.X. 2009. Pragmatik dan Penelitian Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.37058/mbsi.v4i1.5331