Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Kreativitas Belajar

Ganita Saldan

Abstract


Masalah dari penelitian ini yaitu rendahnya kreativitas pada peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan motivasi belajar terhadap kreativitas belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya yang berjumlah 214 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah nonprobability sampling yaitu dengan sampling jenuh, pemilihan sampel jenuh ini yaitu semua populasi digunakan sebagai sampel yaitu sebanyak 214. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner dengan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status sosial ekonomi keluarga berpengaruh signifikan terhadap kreativitas belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya, motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap kreativitas belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya. Status sosial ekonomi keluarga dan motivasi belajar terhadap kreativitas belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Tasikmalaya dengan nilai signifikansi 0,001< 0,05.

Full Text:

PDF

References


ntara, H., Sosial, S., Orang, E., Dan, T. U. A., Siswa, K., Minat, D., … Maret, U. S. (2012). perpustakaan.uns.ac.id digilib.uns.ac.id.

Chotimah, L. N., Ani, H. M., & Widodo, J. (2017). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(1), 75. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i1.5004

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 745–751.

Motivasi, K. D. A. N., & Pendahuluan, A. (2003). Modul 3 KREATIVITAS DAN MOTIVASI, 108–155.

Nopianti, & Purwaningsih, E. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi Di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(12), 1–10. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/12990

Nurfauziah, R., Pendidikan, J., Pengetahuan, I., Ilmu, F., Dan, T., Islam, U., … Ibrahim, M. (2017). Lingkungan Sekolah Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas Xi Ips Man Wlingi-Blitar.




DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v4i1.8445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya© 2019