Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA Kelas XI IPS-1 dalam Pembelajaran Ekonomi melalui Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS)

Junanda Junanda

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan dan prestasi belajar Ekonomi melalui model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada siswa kelas XI.IPS-1. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk siswa kelas XI.IPS-1 di SMAN 1 Cikijing Kabupaten Majalengka melalui dua siklus. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunkan tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Data-data yang didapatkan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian terlihat berhasil dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal pada tahap pra siklus sebesar 20,69% meningkat menjadi 62,07 pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Penggunaan model pembelajaran CLIS dapat meningkatkan prestasi belajar Ekonomi pada pokok bahasan Menjelaskan pengertian tenaga kerja, angkatan dan kesempatan kerja pada siswa kelas XI.IPS-1 di SMAN 1 Cikijing Kabupaten Majalengka tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang mengalami peningkatan signifikan. Pada tahap pra siklus sebesar 61,03 meningkat menjadi 72,41 pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 80,69. Berarti target yang telah ditetapkan peneliti yaitu standar ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal mencapai ≥ 80% dan secara individual nilai rata-rata yang diperoleh siswa ≥ 75 telah tercapai.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hadi, Sutrisno. 2002. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi.

Joko, Tri dkk. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mirit Tahun Pelajaran2012/2013, http://ejournal.umpwr.ac.id/index, diakses 14 Agustus 2014.

Kasbolah, Kasihani. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Depdikbud. Jakarta.

Kasmadi, Hartono. 2001. Pengembangan Pembelajaran dengan Pendekatan Model-Model Pengajaran Sejarah. Semarang: PT. Prima Nugraha Pratama.

Moleong, Lexy. J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalim Purwanto M. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Suyanto. 1997. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Prenada Media Group.

Subana, M, dkk. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Slameto, 2003. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Widiyarti, Aktris dkk. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) dalam Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah, Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. Yogyakarta: Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta, 2 Juni 2012.




DOI: https://doi.org/10.37058/prospek.v4i1.8510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
Published by: E-Jurnal PROSPEK (Jurusan Pendidikan Ekonomi)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi
Universitas Siliwangi - Tasikmalaya © 2019
Â