PENGARUH GAYA PEMBELAJARAN DAN MOTOR ABILITY TERHADAP HASIL SERVIS ATAS BOLA VOLI

Aang Rohyana

Abstrak


Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pengaruhnya gaya mengajar dan motor ability terhadap hasil servis atas bola voli mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Siliwangi Kota Tasikmalaya. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan treatment by level 2 x 2. subjek penelitian pada mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Siliwangi Kota Tasikmalaya. Instrumen penelitian menggunakan tes servis atas dan tes Barrow Motor ability. Teknik analisis menggunakan pendekatan statistik parametrik, diperoleh secara keseluruhan kelompok yang diajar dengan menggunakan gaya mengajar inklusi lebih baik dibandingkan dengan kelompok yang diajar dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal, terdapat pengaruh interaksi yang sangat berarti antara gaya mengajar dan motor ability yang dimiliki mahasiswa terhadap hasil servis atas bola voli, terdapat perbedaan yang sangat berarti hasil servis atas bola voli antara mahasiswa yang diajar dengan gaya mengajar inklusi dan yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal, bagi mahasiswa yang memiliki motor ability tinggi, terdapat perbedaan yang sangat berarti hasil servis atas bola voli antara mahasiswa yang diajar dengan gaya mengajar resiprokal dan yang diajar dengan gaya mengajar inklusi, bagi mahasiswa yang memiliki motor ability rendah. Pada penelitian ini dianjurkan kepada dosen untuk memilih dan menerapkan gaya mengajar yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan gerak (motor ability) peserta didik (mahasiswa).

Kata kunci : ability, mengajar, motor, servis

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Yogyakarta. 2002

Astuti, Widi, Tes dan Pengukuran Olahraga. Universitas Negeri Jakarta. 2014

Frank M. Ferducci, Measurement In Physical Education. St. Louis. The C.V. Mosby Company. 1980.

Nurman Hasibuan (Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan Volume 19(1): 1 - 8, 2013 ISSN 0852-0151)

R. Aditya Budi Setiawan & Soni Nopembri (Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Volume 9, Nomor 1, April 2013)

Sudjana, Metoda Statistika, Bandung : Tarsito, 1996

Suhadi (Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 3,No.1,2005)

Kemenegpora Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia No. 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional, (Jakarta: Kemenegpora, 2005).




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v1i1.174

Refbacks



##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref