INTEGRASI NILAI SOSIAL DALAM PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA: EKSPLORASI STRATEGI DAN HASIL YANG DICAPAI

Nuriska Subekti, Agus Mulyadi, Dwi Yulia Nur Mulyadi

Abstrak


Penelitian ini menyelidiki integrasi nilai-nilai sosial, seperti kerjasama, keterbukaan, kesetaraan, toleransi, rasa hormat, dan tanggung jawab, dalam konteks pendidikan jasmani dan olahraga. Menggunakan desain The Matching Only Pretest-Posttest Control Group, penelitian bertujuan menguji dampak pembelajaran terintegrasi nilai sosial terhadap pemahaman siswa di SMP Negeri 2 Sukamantri. Data dikumpulkan dengan mengevaluasi nilai-nilai sosial dalam pendidikan jasmani. Analisis hasil menunjukkan perbedaan signifikan antara kelompok hasil, menandakan potensi pengaruh positif nilai-nilai sosial terhadap pencapaian siswa. Berdasarkan temuan tersebut, beberapa rekomendasi diajukan. Pertama, disarankan untuk mengembangkan program pembelajaran yang lebih terfokus pada integrasi nilai-nilai sosial, dengan mengidentifikasi kegiatan konkret untuk mendukung pembentukan karakter siswa. Kedua, diperlukan pelatihan dan dukungan lanjutan bagi guru guna memastikan implementasi nilai-nilai sosial dalam pengajaran pendidikan jasmani. Ketiga, partisipasi orang tua dan masyarakat dianggap esensial untuk meningkatkan efektivitas program. Saran lain melibatkan sistem pemantauan dan evaluasi berkelanjutan untuk mengukur dampak implementasi nilai-nilai sosial, penelitian lebih lanjut, dan diseminasi hasil serta praktik baik kepada komunitas pendidikan. Kolaborasi antardisiplin dengan melibatkan ahli pendidikan karakter, psikolog, dan ilmu sosial juga dianggap penting. Dengan menerapkan saran-saran ini, diharapkan menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih positif, inklusif, dan berorientasi pada pembentukan karakter siswa, memberikan kontribusi pada peningkatan hasil uji t siswa secara keseluruhan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi, S. (2019). The Formation of Student Character through the Active Role of Physical Education Teachers as a Role Model. 2nd International Conference on Sports Sciences and Health 2018 (2nd ICSSH 2018), 75–79.

Faizah, U. (2020). Etika lingkungan dan aplikasinya dalam pendidikan menurut perspektif aksiologi. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(1), 14–22.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education.

Görgüt, İ., & Tutkun, E. (2018). Views of Physical Education Teachers on Values Education. Universal Journal of Educational Research, 6(2), 317–332.

Haderani, H. (2018). Tinjauan Filosofis Tentang Fungsi Pendidikan Dalam Hidup Manusia. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Hellison, D. (2010). Teaching personal and social responsibility through physical activity. Human Kinetics.

Kimmel, A. J. (1988). Ethics and values in applied social research (Vol. 12). Sage.

Martínez Usarralde, M. J. (2021). Inclusión educativa comparada en UNESCO y OCDE desde la cartografía social. Educación XX1: Revista de La Facultad de Educación.

Mustafa, P. S. (2022). Peran pendidikan jasmani untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 68–80.

Oktaviyanti, I., Sutarto, J., & Atmaja, H. T. (2016). Implementasi nilai-nilai sosial dalam membentuk perilaku sosial siswa sd. Journal of Primary Education, 5(2), 113–119.

Önal, A., Taş, Z., Filiz, B., & Hergüner, G. (2023). Teachers’ Views on the Implementation of the Values within the Scope of the Physical Education and Sports Curriculum. Egitim ve Bilim, 48(213), 205–229.

Purwanto, S., Susanto, E., & Pahalawidi, C. (2014). Pendidikan karakter dengan pendekatan sport education dalam perkuliahan di jurusan pendidikan olahraga UNY. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2).

Rulianto, R. (2018). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 127–134.

Schachter, E. P., & Rich, Y. (2011). Identity education: A conceptual framework for educational researchers and practitioners. Educational Psychologist, 46(4), 222–238.

Stepanchenko, N. I., & Briskin, Y. A. (2019). Dispositional factors of personality professional development of the future teachers of physical education and sport. Physical Education of Students, 23(4), 202–208.

Strauss, A. L. (2017). Social psychology and human values. Routledge.

Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Umar, M. (2016). Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Dalam Pendidikan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 18–29.

Yoga, D. S., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran keluarga sangat penting dalam pendidikan mental, karakter anak serta budi pekerti anak. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 8(1), 46–54.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 2(2), 1–17.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v8i1.10200

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref