Penerapan Audiovisual Terhadap Hasil Smash Bulutangkis Pada Anak Sekolah Dasar
Abstrak
Permasalahan yang ditemukan dalam Ekstrakulikuler Bulutangkis SDN Babakanbandung yaitu masih banyak anggota ekstrakulikuler yang belum tepat dalam melakukan smash pada saat melakukan permainan bulutangkis, sehingga arah dari smash tersebut sering kali keluar dari area lapangan permainan dan menyangkut di net sehingga menjadi poin bagi lawan. Teknik smash pada permainan bulutangkis yaitu salah satu teknik dasar yang sering digunakan pada permainan bulutangkis yang digunakan untuk mematikan lawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil smash Bulutangkis pada anggota Ekstrakulikuler Bulutangkis SDN Babakanbandung melalui penerapan Audiovisual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasy Eksperiment dengan desain penelitian Pre-Test Post-Test Control Group Desain dan sampel yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling. Hasil dari perhitungan N-Gain, dapat disimpulkan bahwa penerapan audiovisual (kelompok eksperimen) cukup efektif diberikan kepada anak Sekolah Dasar untuk hasil smash bulutangkis. Namun, hasil dari rata-rata pada kelompok Eksperimen dan Kontrol memiliki rata-rata yang berbeda, yakni (71.43%) > (30.56%) yang berarti nilai rata-rata pada kelompok Eksperimen (audiovisual) lebih besar dibandingkan dengan nilai rata-rata kelompok Kontrol, dan dinyatakan Audiovisual cukup efektif untuk hasil smash bulutangkis pada anak Sekolah Dasar.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aditiany, V., & Pratiwi, R. T. (2021). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kuningan). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(02), 102–109. https://doi.org/10.25134/equi.v18i2.4420
Aisyah, N. (2021). Kondisi Fisik Olahraga Bulutangkis Physical Condition of Badminton Sports. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 5(1), 47–54.
Alfatah, C. A., Yuda, A. K., & Syafei, M. M. (2022). Pengaruh Permainan Lompat Karet terhadap Hasil Gerak Dasar Smash Bulutangkis Siswa MA Pembaharuan Kab. Bekasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 16497–16502. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/5100%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/5100/4307
Djollong, A. F. (2019). Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif (Technique of Quantitative Research). Istiqra’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1), 86–100. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/224
Karawang, D. I. M. A. A. (2022). Pengaruh Metode Drill Terhadap Ekstrakurikuler Bulutangkis. 2(4), 1–9.
Kunta Sulaksana. (2010). Pengaruh Penggunaan Metode Net Miring Terhadap Ketepatan. 17, 1–9.
Li, J. (2022). Video news framing: the contribution of audiovisual translation. Translator, 00(00), 1–19. https://doi.org/10.1080/13556509.2022.2140622
Navarro-Ledesma, S., & Gonzalez-Muñoz, A. (2021). Short-term effects of 448 kilohertz radiofrequency stimulation on supraspinatus tendon elasticity measured by quantitative ultrasound elastography in professional badminton players: a double-blinded randomized clinical trial. International Journal of Hyperthermia, 38(1), 421–427. https://doi.org/10.1080/02656736.2021.1896790
Nicolaou, C., Matsiola, M., & Kalliris, G. (2019). Technology-enhanced learning and teaching methodologies through audiovisual media. Education Sciences, 9(3). https://doi.org/10.3390/educsci9030196
Permana, putra sudeni suheri, Akhmad, S., & M, rizal rony. (2021). Jurnal master penjas & olahraga. Jurnal Master Penjas & Olahraga, 2(April), 127–136. http://ejournal.upi.edu/index.php/JKO
Phomsoupha, M., & Laffaye, G. (2015). The Science of Badminton: Game Characteristics, Anthropometry, Physiology, Visual Fitness and Biomechanics. Sports Medicine, 45(4), 473–495. https://doi.org/10.1007/s40279-014-0287-2
Qurnia Sari, A., Sukestiyarno, Y., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas dan Uji Homogenitas pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168–177. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm
Septianingrum, K. (2022). Kontribusi Kekuatan Otot Lengan Dan Power Otot Tungkai Dengan Ketepatan Smash Dalam Permainan Bulu Tangkis. Sains Olahraga : Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan, 5(1), 31. https://doi.org/10.24114/so.v5i1.24097
Setyanto, A. E. (2013). Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian Komunikasi. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 3(1), 37–48. https://doi.org/10.24002/jik.v3i1.239
Subarkah, A., & Marani, I. N. (2020). Analisis Teknik Dasar Pukulan Dalam Permainan Bulutangkis. Jurnal MensSana, 5(2), 106–114.
Susanti, R. (2019). Sampling Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 16, 187–208. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.543
Susilowati, E., Dewantara, D., Suyidno, & Winarno, N. (2021). Pengaruh blended learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan ketrampilan berpikir kreatif. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 6(1), 1–5.
Windary, W., & Rahayu, E. T. (2022). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Kemampuan Teknik Dasar Smash Permainan Bulu Tangkis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 5(2), 208–214. https://doi.org/10.31539/jpjo.v5i2.3614
Yu, L., Wang, Y., Fernandez, J., Mei, Q., Zhao, J., Yang, F., & Gu, Y. (2023). Dose–response effect of incremental lateral-wedge hardness on the lower limb Biomechanics during typical badminton footwork. Journal of Sports Sciences, 41(10), 972–989. https://doi.org/10.1080/02640414.2023.2257513
Yusuf, M. A. (2015). Kontribusi Kekuatan Otot Lengan dan Koordinasi Mata - Tangan Terhadap Pukulan Smash pada Bulutangkis Kategori Remaja Putra. Jurnal Kesehatan Olahraga, 3(1), 22–30.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY