Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di SMPN 7 Muara Bungo

chindi yuliana, Ikhsan Maulana Putra, Titis Wulandari, M.Iqbal Al-Ihsan, Oktavian Dwi Prasetyo

Abstrak


 

Permainan kecil adalah permainan kecil adalah bentuk permainan yang tidak mempunyai peraturan tertentu, baik mengenai peraturan permainannya, alatnya, ukuran lapangan, maupun waktu pelaksanaaannya permainan kecil diambil dari olahraga yang sudah dimodifikasi sehingga  meningkatkan semangat siswa dalam pembelajaran PJOK. Minat belajar adalah sumber motivasi yang kuat untuk mendorong seseorang untuk belajar dan dapat menambah kegembiraan pada setiap kegiatan yang dilakukannya. Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi-experimental design) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan Teknik pengambilan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMPN 7 Muara Bungo sebanyak 4 kelas berjumlah 102 siswa. Teknik pengambilan sample random sampling dari 4 kelas terpilih kelas 7.1 yang berjumlah 26 siswa.  Hasil dari penelitian ini menggunakan uji-T dalam penelitian ini sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak dapat disimpulkan ada pengaruh permainan kecil terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran PJOK SMP N 7 Muara Bungo.


Kata Kunci


Minat Belajar, Motivasi, Permainan kecil

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adnani, N. B. (2018). Manfaat Pendidikan Jasmani di Sekolah untuk Anak.

Awang, M. M., Ahmad, A. R., & Ali, M. M. (2013). Professional teachers’ strategies for promoting positive behaviour in schools. Asian Social Science, 9(12 SPL ISSUE). https://doi.org/10.5539/ass.v9n12p205

Br Tarigan, K. E., Wijaya, M. A., & Dartini, N. P. D. S. (2021). Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran PJOK Secara Daring. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 9(3). https://doi.org/10.23887/jiku.v9i3.39522

Dhee, M. (2020). Desain Penelitian Eksperimen. Ometlit.

Eka Rama Mahendra, P. (2013). Pengaruh penerapan permainan kecil terhadap minat belajar. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 01(29), 604–608.

Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat BelajarTerhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal pendidikan unsika, 3(1).

Habibulloh, i., wahjoedi, & made agus wijaya. (2023). Karakter Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Berbasis Olahraga Rekreatif TP. Bola Kecil dan Permainan Anak. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 10(3).

https://doi.org/10.23887/jiku.v10i3.52449

Hayudi, & Pratama, L. (2019). Pelatihan olahraga permainan kecil untuk peningkatan kebugaran jasmani di kampung weyengkede. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat, 2(2).

Iskandar, T. (2019). Tinjauan Minat Belajar Mahasiswa Olahraga Terhadap Mata Kuliah Gulat di Universitas Islam 45 Bekasi. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(2). https://doi.org/10.37058/sport.v3i2.1129

Komariah, S. (2014). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Mahasiswa. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2).

Korompot, S., Rahim, M., & Pakaya, R. (2020). Persepsi Siswa Tentang Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1). https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.136

Maspika, S., & Kurniawan, W. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Vakt (Visual, Auditory, Kinesthetic, Tactile) Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. American Journal of Psychology, 2(1). https://doi.org/10.24042/ajp.v2i1.4153

Nurkusuma, T. W., & Hartati, S. C. Y. (2017). Penerapan permainan kecil terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan pada siswa kelas v Sdn Babatan 5 Kecamatan Wiyung Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(1).

Rahmat, R., & Anggara, A. (2020). Pendekatan taktis diterapkan dalam pembelajaran aktivitas permainan bola voli di sd negeri 1 tuk karang suwung kecamatan lemah abang kabupaten cirebon. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 4(1). https://doi.org/10.37058/sport.v4i1.1698

Ramadhan, M. G., & Resita, C. (2020). Pengaruh permainan kecil terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani kelas VIII DI MT’s AL-AHLIYAH. COMPETITOR: Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12(2). https://doi.org/10.26858/cjpko.v12i2.13591

Riyadi, W. (2021). Pengaruh koordinasi mata tangan dan permainan target terhadap ketepatan pukulan long shot di pengcab woodball kota sukabumi. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 5(2). https://doi.org/10.37058/sport.v5i2.3318

Rizki, D. (2022). Strategi komunikasi interpersonal antara orangtua dengan anak terhadap motivasi belajar anak di kelurahan setia kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai. An Nadwah, 28(1). https://doi.org/10.37064/nadwah.v28i1.12006

Sahroni, B., & Hartati, S. C. Y. (2016). Pengaruh Penerapan Permainan Kecil Terhadap Motivasi Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 04(03).

Saitya, I. (2022). Pentingnya Perencanaan Pembelajaran pada Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Pendidikan Olahraga, 1(1).

Setyorini, I. D., & Wulandari, S. S. (2021). Media pembelajaran, fasilitas dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar selama pandemi covid-19. Jurnal profit Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1). https://doi.org/10.36706/jp.v8i1.13598

Sugiyono. (2018). Sugiyono 2018:8 metode kuantitatif. Sugiyono, 2018:267, 53(9).

Sunaryo, S. (2016). Minat Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Smp Negeri 2 Tempel Kab. Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmu Keolahragaan.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v8i1.10218

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref