Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Guling Depan

Irma Febriyanti

Abstrak


Pendidik adalah elemen terpenting dalam kehidupan manusia. Kualitas pendidikan dapat menentukan kualitas suatu negara. Pendidik memainkan peran penting dalam proses pembelajaran. Seiring dengan perkembangan zaman, dunia pendidikan telah mengalami banyak perubahan, termasuk penggunaan metode pembelajaran. Metode pembelajaran dianggap memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis adalah dengan menggunakan tutor sebaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar guling depan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Manyar kelas X dengan sampel 38 siswa. Penelitian ini akan dilakukan 4 kali. Teknik pengumpulan data menggunakan uji kemampuan guling depan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, pengujian normalitas, dan pengujian hipotesis untuk membuktikan pengaruh variabel besar pada variabel dependen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil uji hipotesis 0,00 yang berarti <0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan dari metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar guling depan.


Kata Kunci


tutor sebaya, guling depan, Metode Pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Z. (2021). Pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran renang gaya dada. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 1(1), 124–138.

Abineno, P., Rowa, Y. R., & Jagom, Y. O. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), 61–67. https://doi.org/10.30822/asimtot.v1i1.99

Alawiyah, T. (2017). Pengaruh Metode pembelajaran tutor sebaya terhadap. In Prosiding Conference on Research and Community Services, 3(1), 414–419.

Astuti, Y. T. (2014). Upaya Meningkatkan Kreativitas... Jurnal Pena Edukasi, 5(1), 17–23.

Hakim, L., Amiq, F., & Yudasmara, D. S. (2018). Journal of Teaching Physical Education in Elementary School Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Menggunakan Metode Bermain Untuk Siswa Kelas V Sdn 2 Pagelaran Kabupaten Malang Berdasarkan hasil yang diperoleh dari obse. Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(5), 65–77.

Jatmika, H. M., Hariono, A., Purwanto, J., & Setiawan, C. (2017). Analisis kebutuhan guru pendidikan jasmani , olahraga dan kesehatan pasca program guru pembelajar Needs analysis for the sport and health education teachers after the implementation of learning-teacher program. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(1), 1–11.

Juliantine, T. (2019). The Effect of Learning Model and Intelligence Quotient on Critical Thinking and Handball Games Performance. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 37–42. https://doi.org/10.17509/jpjo.v4i1.16100

Lekarskie, W., Oryginalna, P., Opanasiuk, F. H., Griban, G. P., Yahodzinskyi, V. P., Mozolev, O. M., & Prontenko, K. V. (2020). Checking Of The Methodical System Efficiency Of Fitness Technologies Application In Students ’ Physical Education. Wiadomości Lekarskie, 73(2), 332–341. https://doi.org/10.36740/WLek202002125

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–17.

Lukman, K. (2021). Pengaruh Metode Latihan Tutorial Teman Sebaya Dan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Lay Up Shoot. Jurnal Porkes, 4(2), 149–157. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4899

Mukhlis, A. (2016). Pembelajaran Tutor Sebaya: Solusi Praktis Dalam Rangka Menyongsong Pembelajaran Sastra Yang Menyenangkan Bagi Siswa SMP. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 1(2), 68. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.93

Murtiyono, E. Raharjo, H. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Bola Voli Mini Melalui Tutor Sebaya Siswa Sekolah Dasar. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(2), 1613–1620. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr

Nurdiyan, I. (2018). Model pembelajaran peer teaching dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–8. www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/download/191/170

Nurkhin, A. (2013). Efektivitas pembelajaran tutor sebaya dalam pembelajaran Akuntansi Biaya I [The effectiveness of peer tutor learning in Cost Accounting I course]. Dinamika Pendidikan, VIII(1), 26–37. https://doi.org/10.15294/dp.v8i1.4896

Prayitno, A. (2020). Jurnal Kompetensi Profesional Guru MA An-Nur Setupatok Kabupaten Cirebon. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 19–25.

Rosanti, D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di Sma Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 1. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26773

Santoso, H., Riyanto, P., & Haris, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Taeching) Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Siswa. Biormatika, 4(02), 68–80.

Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2020). Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Sekolah Dasar: Pengaruh Keterampilan Motorik (Tinggi) dan Model Pembelajaran (Kooperatif). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 3(2), 59–65. https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513

Suhartanti, T., & Arianto, T. (2022). Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Pena Edukasi, 9(1), 1–6.

Ulfawati, D. P., Ardianik, A., & Legowati, E. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Tutor Sebaya Siswa Kelas VII Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 5(2), 51–62. https://doi.org/10.25139/sm.v5i2.749

Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2168–2175. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1028

Wilke, J., Fleckenstein, J., Krause, F., Vogt, L., & Banzer, W. (2016). Sport-specific functional movement can simulate aspects of neuromuscular fatigue occurring in team sports. Sports Biomechanics, 15(2), 151–161. https://doi.org/10.1080/14763141.2016.1159322

Yuliono, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Permainan Bola Basket di Kelas VII A dengan Metode Tutor Sebaya. Jurnal EKSIS Stie Indocakti Malang, 14(1), 13–27.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v8i1.10241

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref