Tingkat kebugaran jasmani pasca pandemi covid-19: kondisi terkini pada siswa sekolah dasar

Erick Burhaein, Nur Solekhah

Abstrak


Kemampuan tubuh seseorang untuk melaksanakan tugas dan pekerjaan sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berarti, serta masih memiiki cadangan energi mempengaruhi performa peserta didik dalam pembelajaran. Mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa adalah hal yang penting saat ini, hal ini dikarenakan dalam rangka menentukan program pendidikan jasmani yang tepat di masa yang akan datang serta dapat digunakan sebagai bahan analisis masalah yang terjadi pada peserta didik dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebugaran jasmani siswa kelas VI SD Negeri 2 Kebumen. Subyek dalam penelitian ini siswa kelas VI SD Negeri 2 Kebumen sebanyak 23 orang yang terdiri dari 13 Siswi dan 10 Siswa. Desain yang digunakan penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Tes Kebugaran Pelajar Nusantara 2022 rangkaian tes TKPN. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif melalui pengkategorian data. Hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa kelas 6 SDN 2 Kebumen diukur dengan TKPN 2022 diperoleh hasil rata-rata dari 23 siswa memiliki tingkat kebugaran jasmani yang “cukup”. Berdasarkan data yang didapat dari pelaksanaan TKPN yang kemudian dimasukan kedalam rumus perhitungan menghasilkan nilai 2,3 yang mengkategorikan tingkat kebugaran jasmani siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Negeri 2 Kebumen dalam kategori “cukup”, ini merupakan hasil yang kurang memuaskan. Kontribusi untuk penelitian selanjutnya yaitu meningkatkan kebugaran jasmani siswa bagi siswa yang memiliki hasil dibawah kategori “baik”, dan membuat program yang variatif bagi siswa yang memiliki tingkat kebugaran jasmani di atas kategori “baik”. Dan meningkatkan kesadaran siswa, wali murid, dan guru akan pentingnya kebugaran jasmani siswa dalam mendukung pertumbuhan, perkembangan, dan kemampuan siswa dalam mengikuti pembelajaran jasmani di sekolah dengan program pendidikan jasmani yang sesuai dengan situasi, kondisi anak serta lingkungan tempat tinggal anak.

Kata Kunci


Kebugaran Jasmani, Siswa, Pasca Pandemi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amenya, Priscilla Cecilia Akpene, Reginald Adjetey Annan, Charles Apprey, and Daniel Edem Kpewou. 2021. “Physical Fitness and Cognitive Function among School–Aged Children in Selected Basic Schools in the Ho Municipality of Ghana.” Heliyon 7(3):e06324. doi: 10.1016/j.heliyon.2021.e06324.

Andre, Muhammad, and Ibrahim Sembring. 2022. “Survei Kebugaran Jasmani Siswa Pada Masa Pandemi.” Jurnal Bina Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):102–9. doi: 10.55081/jbpkm.v2i2.564.

Fahrizqi, Eko Bagus, Imam Mahfud, Rizki Yuliandra, and Aditya Gumantan. 2020. “Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Olaharaga Selama New Normal Pandemi Covid-19.” Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education 8(2):53–62.

Fajaryanto, Moch, Reo Prasetiyo Herpandika, and Budiman Agung Pratama. 2022. “Hasil Penerapan TKPN Pada Siswa SDN 1 Rejomulyo Kecamatan Kras Kabupaten Kediri.” SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga 3(3):223–29.

Fraenkel, Jack R., Norman E. Wallen, and Helen H. Hyun. 2019. How to Design and Evaluate Research in Education. Vol. 7. New York: McGraw-hill New York.

Ginanjar, Agi, Adang Suherman, Tite Juliantine, and Yusuf Hidayat. 2019. “Sports Orientation during Learning Team or Individual Sports Using a Sport Education Model.” Cakrawala Pendidikan 38(2):377–86. doi: 10.21831/cp.v38i2.24021.

Haverkamp, Barbara Franca, Esther Hartman, and Jaap Oosterlaan. 2022. “Physical Fitness and Psychosocial Health in a Sample of Dutch Adolescents.” Preventive Medicine Reports 25:101689. doi: 10.1016/j.pmedr.2021.101689.

Holzweg, Martin, Marcos Onofre, Rose-Marie Repond, Katharina Bumm, and Claude Scheuer. 2013. “Physical Education and School Sport in Europe.” J. Int. Soc. Comp. Phys. Educ. Sport 47–56.

INDONESIA; 1999. “PETUNJUK TEKNIS : POLA UMUM PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN KESEGARAN JASMANI DAN REKREASI.”

Keliat, Pedomanta, Ade Evriansyah Lubis, and Boby Helmi. 2019. “PROFIL TINGKAT KEBUGARAN JASMANI DAN KECUKUPAN GIZI.” Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan 7(2):46–54. doi: 10.55081/jsbg.v7i2.12.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. TES KESEGARAN JASMANI INDONESIA Untuk Anak Umur 10 - 12 Tahun. JAKARTA: PUSAT PENGEMBANGAN KUALITAS JASMANI.

Khairuddin, Khairuddin. 2017. “Olahraga Dalam Pandangan Islam.” Jurnal Olahraga Indragiri 1:1–14.

Kurniawati, Ani, Mochamad Rizky Baresi, and Muhamad Awaludin. 2022. “Evaluasi Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VI Di SD IT Bhaskara Garut Tahun 2022.” JPM: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(3):124–37.

Metzler, Michael, and Gavin Colquitt. 2021. Instructional Models for Physical Education. Taylor and Francis.

Nugroho, Agung, and Ade Evriansyah Lubis. 2021. “Model Estafet Games Untuk Siswa Tunagrahita.” Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha 9(3):143. doi: 10.23887/jiku.v9i3.34643.

Oktaviani, Nur Ayu, and Sapto Wibowo. 2021. “Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP Negeri Di Madiun.” Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan 9(1):7–18.

Prasetio, Edo, Ari Sutisyana, and Bogy Restu Ilahi. 2017. “TINGKAT KEBUGARAN JASMANI BERDASARKAN INDEKS MASSA TUBUH PADA SISWA SMP NEGERI 29 BENGKULU UTARA.” KINESTETIK 1(2). doi: 10.33369/jk.v1i2.3470.

Rusdiana, Agus, Oce Wiriawan, Hamidie Ronald, Hadi, Guntur, Komarudin, Dadi Darmadi, Muchamad Arif al Ardha, Anggit Wicaksono, Nur Fitranto, Rizky Nurulfa, Kumala Windya Rochmani, M. Taufik, and Akbar Zamil. 2022. Pedoman Pelaksanaan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara. JAKARTA: ASISTEN DEPUTI PENGELOLAAN OLAHRAGA PENDIDIKAN, DEPUTI BIDANG PEMBUDAYAAN OLAHRAGA, KEMENPORA RI .

Sari, Dwi Almira, and Siti Nurrochmah. 2019. “Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Di Sekolah Menengah Pertama.” Sport Science and Health 1(2):132–38.

Setiawan, Donny, and Ines Monica Soraya. 2020. “HUBUNGAN KESEHATAN MENTAL, MINAT BELAJAR, DAN KOMPETENSI MENGAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR OLAHRAGA SENAM.” Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia 1(1):1–7. doi: 10.55081/joki.v1i1.292.

Sırtbaş, Gülsen, Dilek Yalnızoğlu, and Ayşe Livanelioğlu. 2021. “Comparison of Physical Fitness, Activity, and Quality of Life of the Children with Epilepsy and Their Healthy Peers.” Epilepsy Research 178:106795. doi: 10.1016/j.eplepsyres.2021.106795.

Wahyudin, Taufik Tri, and Nur Subekti. 2023. “Profil Kebugaran Jasmani Siswa SMP Muhammadiyah Sempor Ditinjau Dari Indeks Massa Tubuh.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Wirnantika, Irma, Budiman Agung Pratama, and Yulingga Nanda Hanief. 2017. “Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV SDN Puhrubuh I Dan MI Mambaul Hikam Di Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017.” SPORTIF 3(2):240. doi: 10.29407/js_unpgri.v3i2.11898.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v8i1.10296

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref