EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN B-PONG TERHADAP HASIL BELAJAR TENIS MEJA
Abstrak
Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran B-Pong terhadap hasil belajar tenis meja secara dasar. Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk dijadikan bahan, referensi, serta bahan kajian diskusi kelas dalam pembelajaran tenis meja. Hal mendasar yang melandasi penelitian ini adalah untuk memperkaya keilmuan melalui penelitian di bidang pengajaran khususnya pada mata kuliah pembelajaran tenis meja serta terciptanya suatu produk atau aplikasi yang layak dan efektif yaitu media pembelajaran tenis meja “B-Pong” dalam rangka meningkatkan hasil belajar mahasiswa, serta mendapatkan wawasan atau referensi terkait penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar mahasiswa yang dapat menunjang bagi kehidupannya dimasa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian True Experimental Design, adapun desain dari penelitian ini yaitu menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Dengan adanya penelitian ini diharapkan nantinya akan muncul upaya-upaya yang tepat dalam memberikan pengajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran yang layak dan efektif untuk mendapatkan hasil belajar dalam pembelajaran tenis meja.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amsari, D. (2018). Implikasi teori belajar E. Thorndike (Behavioristik) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Basicedu, 2(2), 52–60.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11.
Herliana, M. N., Millah, H., & Purnama, S. (2022). Development of Table Tennis Learning Media Based on Android Applications. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 5(1), 189–203.
Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154.
Indrawan, B., Afif, U. M., & Herliana, M. N. (2019). Penerapan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Push Backhand Tenis Meja. Juara, 4(1), 43–53.
Maryani, E., & Syamsudin, H. (2009). Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk meningkatkan kompetensi Keterampilan sosial. Jurnal Penelitian, 9(1).
Moleong, L. J., & Edisi, P. (2004). Metodelogi penelitian. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya, 3(01).
Sari, L. Y., & Susanti, D. (2016). Uji efektivitas media pembelajaran interaktif berorientasi konstruktivisme pada materi neurulasi untuk perkuliahan perkembangan hewan. Jurnal BioCONCETTA, 2(1), 158–164.
Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1–9.
Zhang, S., Xia, X., Li, S., Shen, L., Liu, J., Zhao, L., & Chen, C. (2019). Using technology-based learning tool to train facial expression recognition and emotion understanding skills of Chinese pre-schoolers with autism spectrum disorder. International Journal of Developmental Disabilities, 65(5), 378–386. https://doi.org/10.1080/20473869.2019.1656384
Zheng, C., Lu, M., Zeng, Y., Hu, M., Geng, X., & Xiao, Y. (2021). The impact of wrist joint movement on stroke effect during topspin forehand in table tennis. International Journal of Performance Analysis in Sport, 21(3), 324–335. https://doi.org/10.1080/24748668.2021.1885839
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v8i1.10387
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY