PENGARUH MODEL LATIHAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KETERAMPILAN FOREHAND TENIS LAPANGAN

Resty Agustryani

Abstrak


Tujuan penelitian ini untuk memperoleh hasil perbedaan pengaruh model latihan ke dinding dengan model menggunakan mesin, interaksi antara model latihan forehand dan motivasi berprestasi, perbedaan pengaruh model latihan ke dinding dan model latihan menggunakan mesin bagi mahasiswa yang mempunyai motivasi berprestasi yang tinggi, perbedaan pengaruh model latihan ke dinding dan model latihan menggunakan mesin bagi mahasiswa yang mempunyai motivasi berprestasi yang rendah terhadap keterampilan forehand pada permainan tenis lapangan. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain Faktorial 2 x 2, populasi seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi  FKIP Universitas Siliwangi sebanyak 378 mahasiswa, sampel penelitian berjumlah 115 mahasiswa dilakukan secara acak. Instrumen penenelitian menggunakan tes forehand dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis varians (anava). Terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan forehand tenis lapangan antara model latihan ke mesin dan model latihan ke dinding (Fo = 58,4820> Ft = 4,11), Terdapat interaksi antara model latihan dan motivasi berprestasi terhadap keterampilan forehand tenis lapangan (Fo = 50,5620> Ft = 4.11), Terdapat perbedaan antara hasil belajar forehand menggunakan model latihan ke mesin dan model latihan ke dinding bagi mahasiswa yang memiliki motivasi tinggi (Qo = 5,9032> Qt = 3,79), terdapat perbedaan antara hasil belajar forehand menggunakan model latihan ke mesin dan model latihan ke dinding terhadap bagi mahasiswa yang memiliki motivasi rendah (Qo = 22,54> Qt = 3,79). Model latihan dan motivasi berprestasi memiliki interaksi tinggi terhadap keterampilan forehand drive permainan tenis lapangan. Untuk meningkatkan keterampilan forehand drive dianjurkan untuk pelatih atau guru memilih model latihan menggunakan mesin dan meningkatkan motivasi berprestasi.

Kata Kunci :    Berprestasi , Forehand, Latihan, Motivasi

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Isaac, Stephen and William B.Michael.1971. Handbook in Research and Evaluational. California: Robert R. Knapp, Publisher.

ITF. (2012). Teory Kepelatihan. Semarang.

Nurhasan. (2007). Tes dan Pengukuran. FPOK Bandung.

Tudor O Bompa, (1994) Theory And Methodology Of Training. The Key to Athletic Performance, Third Edition., Lowa: Kendall/Hunt Publishing Company.

Tudor O Bompa (1993) Of Strength: The New Wave in Strength Training., Ontario Veritas Publishing Inc.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2005: Sistem Keolahragaan Nasional.(Jakarta: Kementrian negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia)




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v1i1.183

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


©2018 Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Flagcounter:
Flag Counter


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossref