Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar

Hendriana Sri Rejeki, Didik Purwanto, Hendrik Mentara

Abstrak


Penelitian ini membahas tentang pengembangan model pembelajaran berbasis permainan dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa di tingkat Sekolah Dasar. Kebugaran jasmani memiliki peran penting dalam memastikan kesehatan dan kualitas hidup siswa. Namun, tantangan dalam memotivasi siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan kebugaran sering kali muncul. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan inovatif dengan menggabungkan pembelajaran dengan elemen permainan. Model pembelajaran yang diusulkan mengintegrasikan konsep-konsep pembelajaran yang efektif dengan elemen permainan yang menarik bagi siswa. Dengan demikian, tujuan pembelajaran tidak hanya mencakup peningkatan kebugaran jasmani, tetapi juga melibatkan aspek kesenangan dan motivasi.

Metode pengembangan model ini melibatkan tahap analisis kebutuhan, desain permainan, pengembangan konten pembelajaran, implementasi, dan evaluasi. Selama tahap implementasi, model ini diujicobakan pada sekelompok siswa Sekolah Dasar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, kuesioner, dan tes kebugaran jasmani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran berbasis permainan efektif meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan kebugaran jasmani. Terdapat peningkatan yang signifikan dalam tingkat motivasi, keterlibatan, dan prestasi dalam hal kebugaran jasmani. Siswa merespon positif terhadap pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif ini.


Kata Kunci


Pengembangan Model Pembelajaran, Permainan, Kebugaran Jasmani

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Bandi, A. M. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan JAsmani Indonesia, 8(1), 1–9. https://scholar.google.com/scholar?cites=4695785154429841909&as_sdt=2005&sciodt=0,5&hl=en

Christianti, O. M. (2007). Anak dan Bermain.

Erfayliana, Y. (2016). Yudesta- Bermain Perkembangan Anak. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 145–158.

Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2021). Identifikasi Permainan Dan Olahraga Tradisional Kabupaten Gorontalo. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 127. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30709

Halimah, L. (2016). Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Seksual Anak Usia Dini. Jurnal Pelita Nusantara, 1(1), 39–43. http://repository.upi.edu/21133/

hidayat fahrul, D. (2023). Sosialisasi Olaraga Permainan Tonis PAda Siswa SMP Negeri 18 Makassar. 2(11), 31–41.

Joni, A., Ihsan, N., Zulbahri, Z., & Putra, A. N. (2023). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri 15 Ampalu Kecamatan Pariaman. Jurnal JPDO, 6(1), 92–96. http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1287

Komunikasi, I. D. (2023). Metode Mengajar Guru Sekolah Minggu Dengan Menggunakan Teknologi. 1(3).

Manongga, A. (2021). Pentingnya teknologi informasi dalam mendukung proses belajar mengajar di sekolah dasar. Pascasarjana Univearsitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 978-623–98(November), 1–7.

Mawati, A. T., Hanafiah, & Arifudin, O. (2023). Dampak pergantian kurikulum pendidikan terhadap peserta didik sekolah dasar. Jurnal Primar Edu, 1(1), 75. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/primary/article/view/316/89

Munandar, A., Utaminingsih, S., & Su’ad. (2023). Pengembangan Model Pengelolaan Sekolah Berwawasan Lingkungan Menuju Sekolah Adiwiyata di Sekolah Dasar. 5(1), 81.

Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Journal.Uny.Ac.Id, 02.

Ridwan, W., Jamaludin, I., & E. Hasanah. (2022). Daya Kreativitas dan Motivasi Guru Dalam Mengajar Terhadap Prestasi Siswa (Penelitian pada Guru SKI se-KKMA Kecamatan Cisaat). Rayah Al-Islam, 6(01), 138–149. https://doi.org/10.37274/rais.v6i01.716

Sari, D. N., Nelson, S., Septri, & Haris, F. (2023). Pembinaan kebugaran jasmani dan pelatihan keterampilan kreativitas sebagai upaya mencegah demensia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Olahraga Dan Kesehatan (Jaso), 3(1), 15–24. https://doi.org/10.24036/jaso.v3i1.29

Swihadayani, N. (2023). Nina Swihadayani SD Negeri 28 Santur Kota Sawahlunto, Indonesia. 3(6), 488–493.

Syahfitri, J., Panjaitan, C. J., Anggreni, F., Pendidikan, M., Madrasah, G., Iain, I., & Langsa, D. I. (2023). Pengembangan media petualangan cerdas berbasis permainan dengan model ADDIE dibebankan pada siswa saja , namun perlu kemantapan guru mengajar . Salah satunya dapat menciptakan kondisi belajar. 8, 1–19. https://doi.org/10.32505/azkiya.v8i1.6288

Syarifuddin, S., Efendi, J. F., & Fauzia, F. A. (2023). Pemahaman Mitigasi Bencana Alam Siswa Berbasis Permainan Tradisional Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Darurat Semeru. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(1), 152. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.9786

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Urgensi Aktifitas Bermain Di Era Game Online Kebugara Jasmani Anak. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Yulianti, Y., Lestari, H., & Rahmawati, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Radec Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 47–56. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1915




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v8i2.11007

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions