PERAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM MENINGKATKAN NILAI SOSIAL EMOSIONAL ANAK TINGKAT DASAR

Maya Yulia Sari, Fajar Awang Irawan

Abstrak


Sirtok merupakan permainan tradisional yang  dulu hanya menggunaka media tanah datar yang sudah dimodifikasi menggunakan papan strategi bidan datar dan menggunakan balok kecil ( Gacuk) untuk bermain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan nilai sosial emosional pada anak.Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif  kualitatif.  Teknik penarikan sampel menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian ini  menemukan bahwa Perkembangan sosial emosional pada anak di SD Dharma Mulia Getasan Kabupaten Semarang memiliki perkembangan yang sangat bagus dilihat berdasarkan data analisis pada peneliti 15 anak merasa senang ketika bermain bersama temannya anak juga memiliki hubungan sosial yang bagus satu sama lain dan 11 dari 15 anak dapat berkembang sangat baik dengan mengendalikan emosi dengan wajar ,9 anak bermain jujur dengan temannya.Perlunya diberikan sosialisasi permainan tradisional agar  menjaga eksistensinnya untuk perkembangan permainan tradisional.


Kata Kunci


Pelestarian Budaya, Sosial Emosional, Sirtok, Permainan Tradisional

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(2), 55. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59

Handayani, F., & Maharani, R. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. 6, 11362–11369.

Harianja, A. L., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Bermain Peran. 7(4), 4871–4880. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5159

Husain, F. A. (2014). Survei Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Di Sekolah Dasarse-Kecamatan Brangsong Kabupaten Kendal. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 3(11), 1389–1395.

Irawan, F. A., Fajar, D., Permana, W., & Chuang, L. (2021). Locomotor Skills : Traditional Games In The Fundamental Of Physical Activities Keterampilan Lokomotor : Permainan Tradisional Dalam Fundamental Aktivitas Fisik. 4(1), 1–13.

Irawan, F. A., Junaidi, S., Fajar, D., Permana, W., Arlita, T., & Prastiwi, S. (2023). SPRINTER : Jurnal Ilmu Olahraga Implementasi Permainan Tradisional Plintengan dalam Mengembangkan Kemampuan Psikomotorik. 4(1), 40–47.

Irawan, F. A., Permana, D. F. W., Yuwono, Asnawi, S., Pamungkas, A. T., Yunior, A. B. S., & Baktiyaningsih, L. (2022). Permainan Hadang Sebagai Media KPOTI dalam Peningkatan AKtivitas Fisik Melalui Lestari Budayaku Bugar Bangsaku. Journal Of Sport Education ( JOPE), 5, 110.https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jope.5.1.1-10

Khairiah, D. (2018). Assesmen Perkembangan Sosio-emosional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 1(1), 1–22.

Kirk, G., & Jay, J. (2018). Mendukung Sosial dan Anak TK Perkembangan Emosional : Menelaah Sinergis. 8543. https://doi.org/10.1080/02568543.2018.1495671

Kurnia, L., & Anggraeni, V. (2022). Analisis Emosi Anak Usia Dini Dalam Mengikuti Kegiatan Senam Sehat Gembira Pada Kelas B di Raudhatul Athfal Al-Falah Rangkasbitung. E-Jurnal Aksioma Al-Asas, 3(2), 161–171. https://doi.org/10.55171/jaa.v3i2.743

Kurniawan, A. wibowo. (2019). buku olahraga dan permainan tradisional.

Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Generasi Emas, 2(1), 47. https://doi.org/10.25299/ge.2019.vol2(1).3301

Marsari, H. (2021). Perkembangan Emosi Anak Usia Sekolah Dasar. 5, 1816–1822.

Masruroh, F., & Khulusinniyah. (2019). Pengembangan fisik motorik anak usia dini dengan bermain. Edupedia, 3(2), 171–182.

Nurhayati, S., Pratama, M. M., & Wahyuni, I. W. (2020). PERKEMBANGAN INTERAKSI SOSIAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN CONGKLAK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Buah Hati, 7(2), 125–137.

Permana, D. F. W., & Irawan, fajar awang. (2019). Persepsi Mahasiswa Ilmu Keolahragaan terhadap Permainan Tradisional dalam Menjaga Warisan Budaya Indonesia. 9.

Rahesti, N., Awang, F., & Chuang, L. (2023). Analisis permainan tradisional dalam pelestarian budaya : Systematic literatur review Analysis of traditional games in cultural preservation : Systematic literature review. 4(1), 22–29.

Rahesti, N., Irawan, F. A., & Long-Renc, C. (2024). Analisis Biomekanik Pegangan dan Tarik Ketapel Tradisional. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 9, 18–27.

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. 1, 13–23.

Yuli Setiawan, M. H. (2016). Melatih Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.24269/dpp.v4i1.52




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v8i2.11372

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions