Pembelajaran Olahraga Tradisional Berbasis Life skills dalam Rangka Positive Youth Development (PYD)

Juhrodin Juhrodin

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan keterlibatan remaja dalam olahraga tradisional melalui penerapan prinsip-prinsip pembekalan keterampilan hidup guna mewujudkan Positive Youth Development (PYD), dengan fokus pada pengembangan komunikasi, kepemimpinan, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan melalui program yang terstruktur dan pendekatan yang disengaja. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design, tepatnya The Matching-Only Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian melibatkan 30 siswa kelas 6 yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol, menggunakan kuesioner Life skills Scale for Sport (LSSS) untuk mengukur perkembangan life skills. Uji statistik inferensial Independent Sample t-Test, Shapiro-Wilk, dan Levene Statistic untuk menguji normalitas, homogenitas, dan efektivitas perlakuan berdasarkan Gain score. Nilai t hitung sebesar 8,30 melebihi t tabel 2,160, menunjukkan perbedaan signifikan antara pembelajaran olahraga tradisional yang terintegrasi life skills dan yang tidak, dengan peningkatan lebih tinggi pada kelompok terintegrasi (51,06) dibandingkan kelompok non-integrasi (16,60), menegaskan dampak signifikan dan efektif dari program integrasi life skills. Penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi program life skills dalam olahraga tradisional secara signifikan meningkatkan perkembangan life skills pada remaja di SD Negeri 2 Sindanglaya Ciamis, dibandingkan dengan kelompok yang tidak diintegrasikan, dengan hasil menunjukkan peningkatan rata-rata lebih tinggi pada kelompok terintegrasi. Selain itu, temuan ini mendukung teori pembelajaran sosial dan konstruktivis, mengindikasikan bahwa pengajaran life skills secara sengaja dalam program olahraga remaja lebih efektif dalam mempromosikan Positive Youth Development (PYD).


Kata Kunci


Olahraga Tradisional, Life skills, Positive Youth Developmentnt

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bean, C., Kramers, S., & Harlow, M. (2022). Exploring life skills transfer processes in youth hockey and volleyball. International Journal of Sport and Exercise Psychology, 20(1), 263–282. https://doi.org/10.1080/1612197X.2020.1819369

Beutler, I. (2008). Sport serving development and peace: Achieving the goals of the United Nations through sport. Sport in Society, 11(4), 359–369. https://doi.org/10.1080/17430430802019227

Camiré, M., Trudel, P., & Forneris, T. (2012). Coaching and transferring life skills: Philosophies and strategies used by model high school coaches. The Sport Psychologist, 26(2), 243–260.

Candra, O., Prasetyo, T., & Rahmadani, A. (2023). Pembentukan Karakter Melalui Olahraga. Eureka Media Aksara.

Cronin, L. D., & Allen, J. (2017). Development and initial validation of the Life skills Scale for Sport. Psychology of Sport and Exercise, 28, 105–119.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education.

Fraser-thomas, J. L., Côté, J., Deakin, J., & Co, Ã. J. (2007). Youth sport programs : an avenue to foster positive youth development Youth sport programs : an avenue to foster positive youth development ˆ te. Physical Education and Sport Pedagogy, April 2012, 37–41. https://doi.org/10.1080/1740898042000334890

Gould, D., & Carson, S. (2008). Life skills development through sport: current status and future directions. International Review of Sport and Exercise Psychology, 1(1), 58–78. https://doi.org/10.1080/17509840701834573

Hasibuan, S. W.-A. N.-I.-N., -, M. K.-A. A. S.-P. A.-M., -, D. L.-M. S. Z.-P. R., -, S. M. W.-A. N. W., -, A. A. S.-A. N.-A. M.-J., -, I. M. L.-H. M.-S. T. P., -, I. N. S.-R. M.-I. A.-S., -, H. A.-S. A.-R. H. H.-L., -, A. S.-M. A.-E. S.-A. W., & Bangun, S. Y. (2024). ILMU KEOLAHRAGAAN DAN PENDIDIKAN JASMANI DALAM PENINGKATAN KESEHATAN DAN PERFORMA ( dkk. Adi Wijayanto (ed.)). www.akademiapustaka.com%0A

Hasselgård, A., & Straume, S. (2015). Sport for development and peace policy discourse and local practice: Norwegian sport for development and peace to Zimbabwe. International Journal of Sport Policy, 7(1), 87–103. https://doi.org/10.1080/19406940.2014.890635

Hermens, N., Super, S., Verkooijen, K. T., & Koelen, M. A. (2017). A systematic review of life skill development through sports programs serving socially vulnerable youth. Research Quarterly for Exercise and Sport, 88(4), 408–424.

Holt, N. L., Deal, C. J., & Pankow, K. (2020). Positive youth development through sport. Handbook of Sport Psychology, 429–446.

Holt, N. L., Neely, K. C., Slater, L. G., Camiré, M., Côté, J., Fraser-Thomas, J., MacDonald, D., Strachan, L., & Tamminen, K. A. (2017). A grounded theory of positive youth development through sport based on results from a qualitative meta-study. International Review of Sport and Exercise Psychology, 10(1), 1–49.

IDRIS, R. A., AMIN, S., & HAIRULAH, B. (2020). Ekspolorasi Nilai-Nilai Sosial Budaya Dalam Olahraga Tradisional Dudengo Di Desa Gamkonora. ETNOHISTORI: Jurnal Ilmiah Kebudayaan Dan Kesejarahan, 7(1), 49–62.

Juhrodin, J., Munanjat Saputra, Y., Ma’mun, A., & Yudiana, Y. (2023). The integration of the universal values of sport into physical education: Positive Youth Development (PYD) framework. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 9(2), 260–273. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v9i2.19859

Juhrodin, Yudha Munajat Saputra, Amung Mamun, & Yunyun Yudiana. (2023). Integrating Life skills into Volleyball Training for Positive Youth Development (PYD). Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 7(2), 318–325. https://doi.org/10.33369/jk.v7i2.26918

Kendellen, K., Camiré, M., Bean, C. N., Forneris, T., & Thompson, J. (2017). Integrating life skills into Golf Canada’s youth programs: Insights into a successful research to practice partnership. Journal of Sport Psychology in Action, 8(1), 34–46.

Luesse, J., & Luesse, H. (2021). SBYD Playbook 2021: Best Practices and Future Opportunities. www.8RES.org

Sawyer, S. M., Azzopardi, P. S., Wickremarathne, D., & Patton, G. C. (2018). The age of adolescence. The Lancet Child and Adolescent Health, 2(3), 223–228. https://doi.org/10.1016/S2352-4642(18)30022-1

Subekti, N., Juhrodin, J., & Mulyadi, A. (2020). Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Kebugaran dan Motivasi Belajar. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(1), 55–62. https://doi.org/10.15294/jscpe.v5i1.38560

Subekti, N., Mulyadi, A., Listyasari, E., & Juhrodin, J. (2023). Integrating life skills into small-game courses within the context of positive youth development. Jurnal Maenpo : Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 13(1), 1. https://doi.org/10.35194/jm.v13i1.3090

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Turnnidge, J., Côté, J., & Hancock, D. J. (2014). Positive Youth Development From Sport to Life: Explicit or Implicit Transfer? Quest, 66(2), 203–217. https://doi.org/10.1080/00336297.2013.867275




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v8i1.11474

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions