Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Pada Materi Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Kooperatif Jigsaw
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif jigsaw dalam meningkatkan keaktifan belajar pada siswa kelas XI 5 MAN 1 Barito Kuala. Metode dalam penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dengan 4 langkah tahapan pelaksanaan (perencanaan, aksi atau tindakan, observasi, dan refleksi) dengan sampel penelitian 30 siswa kelas XI 5. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes keaktifan belajar, dan teknik analisis menggunakan data kuantitatif dianalisis secara deskriptif serta menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menujukkan peningkatan persentase indikator keberhasilan dari pre-test 23,33% menjadi 46,67% pada siklus satu dan mengalami peningkatan menjadi 70% pada siklus dua denan target keberhasilan 70%. Dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran materi aktifitas kebugaran jasmani kelas XI 5 MAN 1 Barito Kuala melalui model pembelajaran kooperatif jigsaw dengan rentang dua siklus dengan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan pelaksanaan pembelajaran berhasil dengan baik meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aenon, N., Iskandar, I., & Rejeki, H. S. (2020). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 3(2), 149. https://doi.org/10.26418/jilo.v3i2.42965
Darudin, D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(2), 1–23. https://doi.org/10.5281/zenodo.4003775
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., … Marsa Ndraha, L. D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.325-332.2022
Hariandi, A., & Cahyani, A. (2018). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri Di Sekolah Dasar Ahmad Hariandi 1 , Ayu Cahyani 2 1, 2). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 353–371.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Hertiavi, M. A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 53–57. https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1104
Kamza, M., Husaini, & Ayu, I. L. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dengan Tipe Buzz Group Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347
Khalijah, W. N., Jannah, M., Rehan, H. Z., Yohana, Y., & Yohani, Y. (2023). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 267–278. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v2i2.97
Leony Sanga Lamsari. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Mashud, M., Muhammad, R., Mu’arifin, M., Didik, P., Afri, T., & Wulandari, A. (2022). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Meningkatkan Kecakapan Kolaborasi Siswa di Indonesia: Article Review. Jendela Olahraga, 7(2), 78–94. https://doi.org/10.26877/jo.v7i2.11973
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Purwati, R. P. (2020). Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Dengan Pendekatan Discovery Learning Menggunakan Google Classroom. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, &Antropologi. https://doi.org/10.20961/habitus.v4i1.45725
Putri, N. Y., & Firmansyah, D. (2019). Hubungan Keaktifan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sisiomadika, 2, 133–136.
Rohman, A., Ismayana, B., & Fachruddin, F. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani pada Siswa Ekstrakurikuler Futsal di SMA Negeri 1 Tegalwaru. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 71. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5267
Sanda, Y., & Amon, L. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pelajaran Agama Katolik. Kateketik Pastoral, 3(1), 146–162.
Santoso, M. H. (2021). Analisis Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Analisis Metode Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa, 11(01), 0–10. https://doi.org/10.26740/jptm.v11n1.p1-10
Soraya, N., Agustryani, R., Gumilar, R., & Fadilah, A. D. N. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Irama Melalui Media Audio Visual. Journal of S.P.O.R.T, 8(1). https://doi.org/10.37058/sport.v8i1.10373
Sucipto, S., Sumpena, A., & Wicaksono, M. A. M. (2023). Perbedaan Model Pembelajaran Tradisional dan Kooperatif Dalam Peningkatan Keterampilan Bermain Futsal. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(2), 561–575. https://doi.org/10.37058/sport.v7i2.8417
Sundari, S., & Fauziati, E. (2021). Implikasi Teori Belajar Bruner dalam Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 128–136. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1206
Syaifudin. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Teori dan Aplikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–17. https://doi.org/10.37567/borneo.v1i2.440
Tegeh, I. M., & Pratiwi, N. L. A. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Keaktifan Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal IKA, 17(2), 150. https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19850
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v8i2.11490
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY