Implementasi Metode Demonstrasi Media Video Anime Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Permainan Bola Voli

Andika Prabowo, Septian Raibowo, Oddie Barnanda Riszky, Andes Permadi, Muhammad Taufik

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode demostrasi video anime untuk belajar teori dikelas serta untuk mengetahui efektifitas media video anime terhadap pembelajaran teknik dasar bola voli di SMKN 3 Kota Bengkulu. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Boga 3 sebanyak 35 orang. Pengumpulan data menggunakan tes praktik dan observasi lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus pertama implementasi pembelajaran dengan metode demostrasi  video animasi mencapai rata-rata 75.82. Pada siklus kedua perolehan rata-rata mencapai 86.62.

Kata Kunci


Anime, BolaVoli, Demontrasi, Implementasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abroto, A., Prastowo, A., & Anantama, R. (2021). Analisis hambatan proses pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi whatsapp di sekolah dasare. Basicedu, 5(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.971

Al-idrus, S. Q. J., Hikmawati, & Wahyudi. (2015). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah bebantuan video kartun terhadap hasil belajar fisika siswa kelas xi SMAN 1 Sikur tahun ajaran 2014/2015. Pijar Mipa, 10(1). https://doi.org/10.29303

Aghnia, M. C. (21012). Tingkat sarjana bidang senirupa dan desain. Seni Rupa Dan Desain, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.53682

Arikunto. (2014). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Djaali. (2012). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara. Djamarah, Bahri, S., &

Aswan, Z. (2014). Strategi belajar mengajar. PT. Rineka Cipta.

Erawati, D. (2015). penggunaan teknologi pendidikan jasmani. 15.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Lingkar Widyaiswara.

Hanifah, N., & Suhana, C. (2009). Konsep strategi pembelajaran. Refika

Aditama.

Husdarta. (2011). Manajemen pendidikan jassmani. Alfabeta.

Ichsan, M. (2016). Psikologi pendidikan dan ilmu mengajar. Edukasi, 2(1). https://doi.org/http://2i1.691dx.doi.org/10.22373/je.v

Muhibbin Syah. (2013). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. PT. Remaja Rosdakarya.

Paturisi, A. (2012). Manajemen pendidikan jasmani dan olahraga. Rineka Cipta.

Purnowo, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran pengetahuan alam di sekolah menengah pertama negeri 1 Pacitan. Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/http://jurnal.fkip.uns.ac.id

Rosdiani, D. (2015). Kurikulum pendidikan penjas. Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Pendidikan Vokasi, 3(1). https://doi.org/10.21831

Wardoyo, T. C. T., & Ma’arif, F. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi pada mata pelajaran mekanika teknik di SMK 1 Purworejo. E-Journal Pend. Teknik Sipil Dan Perencanaan, 3(3).




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v8i2.11553

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions