Profil Ekstrakurikuler Olahraga di SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar

Mufid Aziz Tri lastyo Nugroho, Pungki Indarto, Ardian Tomy Kurniawan, Akhmad Azlan Khoirur Rozikin, Imron Nugroho Saputro

Abstrak


Penelitian ini bertujuan mengetahui profil dan minat siswa dalam ekstrakurikuler olahraga. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, pelatih, dan beberapa siswa untuk mendapatkan informasi lebih mendalam mengenai minat dan motivasi mereka. Dokumentasi juga dilakukan untuk mendapatkan data pendukung dalam proses penelitian ini. Desain penelitian meliputi manajemen, prestasi, jadwal ekstrakurikuler, sarana dan prasarana, peserta. Subjek pada penelitian ini berjumlah 25 orang terdiri dari 1 kepala sekolah, 6 pelatih, dan 16 siswa. Diketahui klasifikasi minat ekstrakurikuler olahraga SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar tahun ajaran 2023: 1) Bulu Tangkis 28%, 2) Tapak Suci 25%, 3) Fusal 20%, 4) Sepak Bola 12%, 5) Bola Voli 12%, 6) Tenis Meja 3%. Klasifikasi minat esktrakurikuler olahraga SMP Muhammadiyah Darul Arqom Karanganyar tahun 2024: 1) Bulu Tangkis 29%, 2) Tapak Suci 22%, 3) Futsal 20%, 4) Bola Voli 13%, 5) Sepak Bola 11%, 6) Tenis Meja 5%. klasifikasi ekstrakurikuler tahun ajaran 2023 terdapat ekstrakurikuler yang paling di minati yaitu bulu tangkis dengan 28%, kedua yaitu tapak suci dengan 25%, sedangkan ekstrakurikuler yang jarang diminati yaitu tenis meja dengan 5%, Klasifikasi ekstrakurikuler olahraga tahun ajaran 2024 terdapat ekstrakurikuler yang paling diminati yaitu bulu tangkis dengan 29%, kedua yaitu tapak suci dengan 22%, ekstrakurikuler yang jarang diminati yaitu tenis meja dengan 5%.

Kata Kunci


Profil, ekstrakurikuler olahraga, minat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bagus Pangestu, I Gusti Lanang Agung Parwata, & Made Agus Wijaya. (2021). Minat dan Motivasi Berprestasi Siswa dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bolavoli. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 3(2), 63–70.

Cahyandaru, H. (2013). Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Man Yogyakarta Ii Tahun Ajaran 2012/2013.

Defri Hardianus. (2014). Hubungan Kegiatan Ekstrakulikuler Dengan Prestasi Belajar Siswa Smk Perindustrian Yogyakarta Skripsi.

Desy Anggar Aditia. (2015). Survei Penerapan Nilai-Nilai Positif Olahraga Dalam Interaksi Sosial Antar Siswa Di Sma Negeri Se-Kabupaten Wonosobo Tahun 2014/2015. Journal Of Physical Education, 12, 2251–2255. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr

Hidayat, Y., Hambali, S., & Pasundan, S. (2019). Peranan Ekstrakurikuler Olahraga terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani BY-SA 4.0. JO, 5(1). http://jurnalolahraga.stkippasundan.ac.id/index.php/jurnalolahraga

Indarto, P., Subekti, N., & Sudarmanto, E. (2018). Pengukuran Tingkat Minat Dengan Bakat Mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Muhammadiyah Surakarta. Journal of Sport and Exercise Science, 1(2), 57–61. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jses

Irma Yanti Gultom, D. H. (2020). Minat Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Di Smp Negeri 45 Medan Tahun 2020.

Magdalena, I., Ramadanti, F., & Rossatia, N. (2020). Upaya Pengembangan Bakat Atau Kemampuan Siswa Sekolah Dasar Melalui Ekstrakurikuler. In Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 2, Issue 2). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Universitas Teknokrat Indonesia Indonesia Sport Science And Education Journal Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/sport/issue/archive

Marinu Waruwu. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).

M. Yahya, A. (2019). Tanggapan Siswa Terhadap Manfaat Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Dalam Pengembangan Prestasi Dan Potensi Diri.

Novia Dwi Cahyono. (2017). Minat Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Playen Kabupaten Gunungkidul.

Putri Mardayani, R. Z. S. J. (2019). Journal of Lifelong Learning. In Journal of Lifelong Leraning (Vol. 2, Issue 2).

Sari, S. (2016). Mengatasi Doms Setelah Olahraga.

Sartika, R., & Basri, I. (2015). Hubungan Motivasi Belajar Dan Keaktifan Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Sma Negeri 10 Padang.

Tomi Listiawan. (2016). Pengembangan Learning Management System (Lms) Di Program Studi Pendidikan Matematika Stkip Pgri Tulungagung. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Informatika) (Vol. 1).

Trivaika, E., & Andri Senubekti, M. (2022). Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android. 16(1). https://journal.uniku.ac.id/index.php/ilkom

Warul Walidin AK, S. Tabrani. Z. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory.

Yunis Bangun, S. (2018). Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Olahraga Pada Peserta Didik. Jurnal Prestasi, 2(4), 29–37.

Yusra, Z., & Zulkarnain, R. (2021). JOLL 4 (1) (2021) Journal Of Lifelong Learning. Zhara Yusra / Journal Lifelog Learning, 4(1), 15–22.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v8i3.12358

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions