Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran PJOK

Mohammad Zaim Zen, Arnaz Anggoro Saputro

Abstrak


Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana kurikulum Merdeka Belajar diterapkan pada mata Pelajaran PJOK pada sekolah dasar mulai dari kendala yang ditemukan hingga Solusi yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif pendekatan survei. Dilaksanakan di SDN Tanggungkramat  Ploso melibatkan tiga partisipan terdiri dari guru PJOK Kepala Sekolah dan satu siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan pendekatan Triangulasi sebagai pemeriksa keabsahan data penelitian. Hasil wawancara menunjukan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada mata Pelajaran PJOK dilakukan secara bertahap dan taraf penyesuaian. Kendala yang dihadapi adalah guru PJOK masih kesulitan dalam menanamkan 6 karakter Profil Pelajar Pancasila pada siswa dengan berbagai karakteristik, kurangnya pengetahuan guru mengenai metode pembelajaran dan media pembelajaran yang berpusat pada siswa. Solusi yang dilakukan yaitu dengan cara mencari informasi lebih dalam tentang kurikulum Merdeka Belajar dan mengikuti pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi guru untuk menerapkan kurikulum Merdeka pada pembelajaran PJOK.


Kata Kunci


Kurikulum Merdeka Belajar, PJOK, SD

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akello, Specia, and Ahmed A. Osman. 2015. “Education as a Practice of Freedom: Reflections on Bell Hooks.” Journal of Education and Practice 6(17):195–99. doi: 10.1215/9780822371793-102.

Aunurrahman. 2016. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Dewi Dyah, Widyastuti. 2020. “Keterampilan Dasar Mengajar.” Journal.Universitas Surya Darma 5(1):76–77.

Dr. Giri Verianti. 2021. Perspektif Guru PJOK Dalam Kurikulum Dan Pembelajaran Di Abad 21. 1st ed. edited by Yolanda Saptriliani Fadilah Arohmi. Purwakarta: Lembaga Kajian dan Pengembangan Profesi Pendidikan Indonesia.

F. S. Fujiawati. 2016. “Pemahaman Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni.” J. Pendidik. Dan Kaji. Seni 1(1):16–28. doi: http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v1i1.849.

Fatmawati, Ira. 2017. “Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran.” Revorma, Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran 8(2):20–37. doi: http://ejournal-revorma.sch.id.

Febriati, Eva Welas. 2022. “Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Mata Pelajaran Pjok Di Smp Se-Kecamatan Gayamsari Kota Semarang.” FPIPSKR Universitas PGRI Semarang 5(1):844–49.

Gatot, Budiarto. 2016. “Strategi Implementasi Kebijakan Kuliah Daring Masa Pandemi Covid-19 Dengan Menerapkan Teknologi Digitaldalam Proses Pembelajaran Pkn.” Universitas Sriwijaya 1(1):20–31.

Hambali, Sumbara, Asep Akbaruddin, Domi Bustomi, Achmad Rifai, Tatang Iskandar, Azi Faiz Ridlo, Yopi Meirizal, Ruslan Rusmana, and Rury Anggoro Tyas. 2021. “The Effectiveness Learning of Physical Education on Pandemic Covid-19.” International Journal of Human Movement and Sports Sciences 9(2):219–23. doi: 10.13189/saj.2021.090208.

Ikhsan, Fadilah, and Yudha Febrianta. 2023. “Pengetahuan Guru PJOK Sekolah Dasar Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kecamatan Baturraden, Banyumas.” Pubmedia Penelitian Tindakan Kelas Indonesia 1(1):11. doi: 10.47134/ptk.v1i1.10.

Ningrum, Ayu Reza, and Yani Suryani. 2022. “Peran Guru Penggerak Dalam Kurikulum Merdeka Belajar.” AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 6(2):219. doi: 10.29240/jpd.v6i2.5432.

Nursalam, Nursalam, Sulaeman Sulaeman, and Ridhwan Latuapo. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah Dan Ar-Rasyid Banda.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 8(1):17–34. doi: 10.24832/jpnk.v8i1.3769.

Setiawan, Caly. 2022. Mengontruksi Tema Konsep Dan Panduan Praktis Analisis Data Kualitatif. edited by Shendy Amalia. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. bandung: Alfabeta Bandung.

Sumitra, Dani Alfa. 2023. “Implementasi Kurikulum Belajar Mandiri Mata.” Sibatik Journal 2(7):2085–90.

Susilawati, Indria, and Nur Moh Kusuma Atmaja. 2023. “Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Permainan Sirkuit Untuk Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Kelas Atas.” Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek) 10(1):38–46. doi: 10.46368/jpjkr.v10i1.987.

Wahid, Wildhan, and Wibowo Kurniawan. 2023. “Survei Kebugaran Jasmani Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Master Penjas & Olahraga 4(1):270–81. doi: 10.37742/jmpo.v4i1.77.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v8i3.12704

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions