Pengaruh Media Pembelajaran Gamification Fun Thinkers Movement Terhadap Physical Fitness dan Critical Thinking Siswa Sekolah Dasar

Arief Darmawan, Zihan Novita Sari, Surya Adi Saputra, Ahadi Priyohutomo, Vania Putri Hariyoko

Abstrak


Physical fitness merupakan peran yang diperlukan oleh para peserta didik untuk memberikan kegiatan dengan baik dalam maupuan luar sekolah, tingkat physical fitness siswa di sekolah dasar, menunjukan adanya presentase 45,83 %, dengan kategori sedang, 37,50 % dengan kategori kurang dengan, 8,33% dengan kategori baik dan 8,33% dalam kategori kurang sekali, hal ini menjelaskan bahwa tingkat physical fitness pada siswa sekolah dasar masih dalam kategori sedang hingga rendah, selain itu media pembelajaran pada materi kebugaran jasmani masih belum sepenuhnya terintegrasi pada aktivitas fisik yang menyenangkan dan menumbuhkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran gamification fun thinkers movement terhadap kebugaran jasmani dan keterampilan berpikir kritis. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen one group pretest dan post test design, sampel penelitian ini terdiri dari 28 siswa kelas 5 di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukan pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran gamification fun thinkers movement terhadap physical fitnees dan keterampilan critical thinking.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afriandi. (2011). Ilmu Kedokteran Olahraga. Buku Kedokteran.

Dewi, P. K., Akbar, I. B., & Yulianti, A. B. (2014). Hubungan Kebugaran Jasmani Dan Lemak Tubuh Pada Kelompok Senam Dan Kelompok Tidak Senam. Prosiding Penelitian Sivitas Akademika Unisba (Kesehatan), 2 (3), 6–27.

Giriwijoyo. (2007). Ilmu Faal Olahraga Fungsi Tubuh Manusia Pada Olahraga. Buku Ajar FPOK UPI.

Gunarsa, S. D., & Wibowo, S. (2021). Hubungan kualitas tidur dengan kebugaran jasmani siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani, 9(01), 43–52.

Hartono, F. V. (2014). Profil Tingkat Kebugaran Anak Usia 5-14 Tahun Kota Administratif Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Visi P2TK Paudni, 9 No. 2.

Kristiyandaru, A., Kristiyandaru, A., Wibowo, S., Wahyudi, H., Ashadi, K., Himawan, I., Ridwan, M., Wijaya, A., Fitroni, H., Prakoso, B. B., Ardha, M. A. Al, & Sifaq, A. (2020). Pendidikan Jasmani Sadarkan Arti Hidupku. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Paul, R., & Elder, L. (2008). The Miniature Guide to Critical Thinking: Concepts and Tools. Rowman & Littlefield : London.

Rasiman, R., Dina, P., FX Didik, P., & others. (2016). Humanistic mathematics learning assisted by interactive CD using SAVI approach to increase students’ critical thinking skill. Global Journal of Pure and Applied Mathematics (GJPAM) India, 12(4), 3683–3692.

Ratnaningsih, N., & Patmawati, H. (2016). Developing Character Based Interactive Learning Media to Facilitate Students’ Self-Learning of Mathematics Capita Selecta Research on Mathematical Critical and Creative Thinking Skills of Mathematics Department Students of Teachers Training and Educa. International Conference on Teacher Training and Education.

Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat kebugaran jasmani dan aktivitas fisik siswa sekolah. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 9(01), 511–519.

Rosdiani, D. (2012). Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Santrock, & Jhon.W. (2010). Psikologi Pendidikan (Edisi Kedua). Jakarta: Kencana.

Sulastri, H. (2021). Pembelajaran di Era 5.0. Jurnal Universitas Negeri Gorontalo, 265–276.

Surachman, M., Muntari, M., & Savalas, L. R. T. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Materi Pokok Sistem Koloid. Jurnal Pijar MIPA, 9(2).

Wiarto, G. (2013). Fisiologi dan Olahraga. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wirnantika, I., Pratama, B. A., & Hanief, Y. N. (2017). Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Kelas IV SDN Puhrubuh I dan MI Mambaul Hikam di Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Sportif, 3(2), 240. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11898

Wulandari, A. P., Annisa, A., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPS Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 2848–2856. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.933

Zafar, G. &. (2012). Ilmu Faal Olahraga (Fisiologi Olahraga). PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v8i3.12979

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions