PENINGKATAN GERAK DASAR LOKOMOTOR PADA KEARIFAN LOKAL MELALUI “BERMAIN ENGKLEK” USIA 6-7 TAHUN

Endang Pratiwi, Amalia Barikah, Andi Kasanrawali, Norma Anggara, Novri Asri, Hariadi -

Abstrak


Keterampilan gerak merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik sebagai bekal menjalani kehidupan sehari- hari. Mata pelajaran Pendidikan Jasmani adalah salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan di Sekolah Dasar dan memiliki ciri menekankan pada aspek psikomotor. Perbedaan tersebut meliputi tujuan, media yang ingin digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil pembelajaran gerak dasar lokomotor dengan pemberian metode bermain permainan tradisional engklek kepada SD Negeri 4 Loktabat Utara Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, metode penelitian kuantitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan dengan populasi 40 siswa yang berada di kelas 1 SD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan (action research). Kegiatan penelitian terlaksana dengan 1 siklus dan pemberian treatment langsung oleh peneliti Bersama guru. Adanya pemberian treatment permainan tradisional dengan bermain engklek menghasilkan peningkatan terhadap gerak dasar lokomotor anak usia 6-7 tahun pada pembelajaran Pendidikan jasmani olahraga Kesehatan (PJOK).


Kata Kunci


Penelitian Tindakan Kelas, Lokomotor, Tradisional

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Faiz, A. &. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), , 7(1), 68-77.

Handayani, A. &. (2023). PERKEMBANGAN PSIKOMOTORIK PADA ANAK USIA DINI. . Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, , 9(5), 4331-4342.

Hanief, Y. N. (2017). Membentuk gerak dasar pada siswa sekolah dasar melalui permainan tradisional. Journal of Sportif, , 1(1), 60-73.

Hasibuan, H. A. (2022). Peran modul berbasis kearifan lokal untuk mendukung pendidikan merdeka belajar. . Prosiding Pendidikan Dasar, , 1(1), 292-301.

Islami, D. (2022). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter.

Prisinda, D. W. (2017). Karakteristik karies periode gigi campuran pada anak usia 6-7 Tahun di Kecamatan Tanjungsari Sumedang. . Padjadjaran J Dent Res Student, , 1(2), 95-101.

Rejeki, H. S. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Gerak Dasar Lokomotor Untuk Siswa Sekolah Dasar. urnal Penjaskesrek, , 8(2), 218-232.

Sabani, F. (2019). Perkembangan anak-anak selama masa sekolah dasar (6–7 tahun). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89-100.

Saputra, M. W. (2019). Hubungan Keterampilan Gerak Dasar Lokomotor dengan Hasil Belajar Penjasorkes. Jurnal JPDO, , 2(8), 14-20.

Syahnaz, A. W. (2023). Model pembelajaran cooperative learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pai. Pendas: jurnal ilmiah pendidikan dasar,, 8(1), 5295-5311.

Buku

Ahmadi, Nuril. 2007. Permainan Olahraga Tradisional. Surakarta: Era Pustaka Utama. Alex MA. 2013. Kamus Saku Bahasa Indonesia. Jakarta: Tamer Press.

Agus Kristyanto, Penelitian Tindakan Kelas. 2014. Surakarta: UNS Press

Hartomo, dan Widastuti, Endang. 2010. Permainan Bola Besar. Semarang: Aneka Ilmu.

Ismaryati. 2006. Tes & Pengukuran Olahraga. Surakarta: Sebelas Maret University Press. Harsuki, 2010. Manajemen Olahraga, Surabaya : Unesss press.

Maksum, Ali. 2012. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Mujianto Sufyar, 2010. Fasilitas dan Perlengkapan Penjas (Modul). (Bandung: Jurusan Pendidikan Olahraga FPOK UPI.

Nanda Yudip. 2014. http://himakepsda.blogspot.co.id/2014/04/anatomi-fisiologi-ekstermitas- atas.html?m=1

Nurhasan. 2007. Modul Tes Dan Pengukuran Keolahragaan. Bandung: Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurhasan. 2011. Tips Praktis Menjaga Kebugaran Jasmani. Gresik: Abil Pustaka.

Pratiwi, E., & Asri, N. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani Untuk Guru Sekolah Dasar.

Pratiwi, E. (2021). Buku ajar strategi pembelajaran pendidikan jasmani:: pedoman guru dalam mengajar penjas. Bening Media Publishing.

Samsudin, 2014 Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta: Litera Prenada Media Group.

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandug: Alfabeta.

Tim Revisi JPOK FKIP ULM. 2014. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Banjarbaru: JPOK FKIP ULM Banjarbaru Kalimantan Selatan.

Widyastuti . 2015. Tes Dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: Januari




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v8i3.13018

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions