UPAYA MENINGKATKAN TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan teknik dasar permainan bola basket melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT), yang mengajak siswa lebih aktif dan kreatif. Pembelajaran bola basket di SMAN 14 Garut sebelumnya menggunakan pendekatan Teacher Centered, yang membatasi eksplorasi siswa, sehingga menimbulkan kebosanan dan berdampak pada rendahnya hasil belajar. Model TGT mengelompokkan siswa dalam aktivitas interaktif yang menarik, yang terbukti mampu meningkatkan hasil belajar teknik dasar bola basket. Peningkatan signifikan terlihat dari prasiklus hingga siklus II, dengan nilai rata-rata siswa putra naik dari 66.71 menjadi 85.14, dan siswa putri dari 58.93 menjadi 77.43, menunjukkan efektivitas model pembelajaran TGT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TGT mampu mengatasi kebosanan siswa dan menciptakan suasana belajar yang lebih dinamis. Penerapan model ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar, baik pada siswa putra maupun putri. Dengan demikian, model pembelajaran TGT direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran bola basket di sekolah sebagai upaya meningkatkan keterampilan dan hasil belajar siswa secara menyeluruh.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agung, Iskandar. 2010. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta : Bestari Buana Murni.
Alemdaro, U. (2012). The Relationship Between Muscle Strength , Anaerobic Performance , Agility , Sprint Ability and Vertical Jump Performance in Professional Basketball Players. Journal of Human Kinetics, 31, 149–158. https://doi.org/10.2478/v10078 012-0016-6.
Depdiknas. (2008). Pendidikan Jasmani. Jakarta: Depdiknas.
Erčulj, F., Blas, M., & Bračič, M. (2010). Physical Demands on Young Elite European Female Basketball Players With Special Reference to Speed, Agility, Explosive Strength, and Take-off Power. Journal of Strength and Conditioning Research, 24(11), 2970–2978. https://doi.org/10.1519/jsc.0b013e 3181e38107.
Kong, Z., Qi, F., & Shi, Q. (2015). The influence of basketball dribbling on repeated high-intensity intermittent runs. Journal of Exercise Science & Fitness, 13(2), 117–122. https://doi.org/10.1016/j.jesf.2015. 10.001.
Ngatman. (2001). Tes dan Pengukuran. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.
Nini, Kresensia. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Materi Konsep Mol Siswa Kelas X SMA Usaba St. Petrus Ketapang. Pontianak: FKIP UNTAN (skripsi).
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia
Pusparini, Novi. 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. (Online). (http://digilib.uinsuka.ac.id/6073/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf diakses tanggal 17 Maret 2014).
Redaksi Unesa. (2018). Kebijakan Baru SBMPTN 2019, Dekan Keolahragaan se-Indonesia Gelar Pertemuan di Unesa. Retrieved from https://www.unesa.ac.id/kebijakan-baru-sbmptn-2019-dekan keolahragaan-se-indonesia-gelar pertemuan-di-unesa (diakses 12 Desember 2019)
Rusli Lutan. (2000). Dasar-dasar Kepelatihan. Jakarta: P2LPTK Dirjen Dikti Depdikbud
Slavani, Robert E. (2016). Cooperative Learning. Bandung. Nusa Media
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV AKVABETA
Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v8i3.13090
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY