UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MENGGUNAKAN OLAHRAGA GOBAK SODOR PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH IMAM SYUHODO
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan gerak motorik kasar anak dengan diberikan perlakuan berupa olahraga tradisional gobak sodor. Menggunakan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan ekperiemen, Berdasarkan hasil data penelitian, Berdasarkan hasil data penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Nilai signifikansi kelompok eksperimen pada uji normalitas kolmogrov-smirnov adalah 0,026, yang berarti 0,026 lebih besar dari 0,05, dan data berdistribusi normal. Pada uji prasyarat, nilai signifikansi kelompok eksperimen adalah
Uji Shapiro-Wilk menunjukkan nilai 0,78, yang berarti (0,78 di atas 0,05), dan nilai signifikansi untuk kelompok kontrol adalah 0,016, yang berarti (0,017 di atas 0,05). Oleh karena itu, data dianggap berdistribusi normal. Pada uji homogenitas, data menunjukkan varian yang sama (homogen), dengan distribusi normal, dan signifikansi 0,724 dan sig lebih dari 0,05. Hasil uji parametrik untuk sampel uji wilcoxon dan uji mann-whitney menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa motorik kasar siswa dalam kelompok eksperimen dan kontrol cukup berbeda.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aguss, R. M. (2021). Analisis Perkembangan Motorik Halus Usia 5-6 Tahun Pada Era New Normal. Sport Science and Education Journal, 2(1), 21–26. https://doi.org/10.33365/ssej.v2i1.998
Arikunto, S., Suhardjono, & Suryani. (2015). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Suryani (ed.); edisi revi). bumi aksara.
Armen, M., & Rahmalia, A. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Rondes dan Gobak Sodor terhadap Kemampuan Gerak Motorik Kasar Siswa Kelas V SD. UNES Journal of Education, 1(4), 323–330. http://journal.univ-ekasakti-pdg.ac.id
Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. media Komunikasi Sosial Keagamaan. Jurnal Dinamika Penelitian :Media Komunikasi Sosial Keagamaan., Volume 17,(Chusna, Puji Asamaul.), hal. 315-330.
Enterprise, J. (2018). Lancar Menggunakan SPSS untuk Pemula. PT Alex Media Komputindo.
Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, IV(2), 2338–2163.
Frith, E., & Loprinzi, P. D. (2019). Association Between Motor Skills and Musculoskeletal Physical Fitness Among Preschoolers. Maternal and Child Health Journal, 23(8), 1003–1007. https://doi.org/10.1007/s10995-019-02753-0
Handoko, D., & Gumantan, A. (2021). Penerapan Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Olahraga di SMAN 1 Baradatu. Journal Of Physical Education, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.33365/joupe.v2i1.951
Hasanah, U. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Untuk Anak Usia Dini. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204–222. https://doi.org/10.24090/insania.v23i2.2291
Humaedi, H., Saparia, A., Nirmala, B., & Abduh, I. (2021). Deteksi Dini Motorik Kasar pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 558–564. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1368
Khaulani, F., Neviyarni, S., & Murni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51–59.
Kimport, E. R., & Hartzell, E. (2015). No Title. Clay and Anxiety Reduction: A One-Group, Pretest/Posttest Design With Patients on a Psychiatric Unit., 32(4), 184–189.
Nurhidayat, N., Jariono, G., Sudarmanto, E., Khumairo, K. F., Khoirur Rozikin, A. A., & Nugroho, H. (2022). PKM Sosialisasi Permainan Tradisional Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 20(1), 179–189. https://doi.org/10.33369/dr.v20i1.21878
Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Permainan Tradisional Kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/11405
R. Septianingsih,D. Safitri, S. S. (2023). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332
Suryabrata, S. (2014). Metodologi Penelitian (Cetakan Ke). PT Rajagrafindo Persada.
Sutini, N. M., Sanjaya, P., & Indrayasa, K. B. (2021). Pembelajaran Tari Kreatif Dalam Latihan Kemampuan Motorik Kasar Anak Pada Siswa Kelompok Bermain Werdhi Kumara Di Desa Belatungan Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan. Nawa Sena: Jurnal PGPAUD, 1(2), 61–70.
Syofnida Ifrianti. (2021). Implementasi Metode Bermain Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips Di Madrasah Ibtidaiyah. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2, 2013–2015.
Winarsunu, T. (2017). STATISTIK Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan (cetakan ke). Universitas Muhammadiyah Malang.
Yudiwinata, H. P., & Handoyo, P. (2014). Permainan Tradisional dalam Budaya dan Perkembangan Anak. Paradigma, 02, 1–5.
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i1.13216
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY
1.png)






