APLIKASI PEMBELAJARAN MOTORIK KASAR DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL BERBASIS ANDROID “MOKA Learning App"
Abstrak
Di era kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), anak-anak cenderung lebih tertarik bermain game online dibandingkan permainan tradisional yang melibatkan aktivitas fisik. Kebiasaan bermain game online dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan berbagai permasalahan serius, seperti adiksi, kurangnya aktivitas fisik, menurunnya keterampilan gerak, perubahan fisik seperti obesitas, serta penurunan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran motorik kasar berbasis permainan tradisional dengan menggunakan multibahasa pada platform Android, yang diberi nama MOKA Learning App. Aplikasi MOKA Learning App dirancang untuk memudahkan mahasiswa jurusan Pendidikan Olahraga angkatan 2021 dalam mengimplementasikan pembelajaran motorik kasar melalui permainan tradisional pada kegiatan magang di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Uji coba dilakukan pada 30 mahasiswa jurusan Pendidikan Olahraga Universitas Riau angkatan 2021. Dalam tahap pengembangan produk, peneliti melibatkan validator ahli media dan ahli materi untuk memvalidasi desain produk yang telah dikembangkan. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi MOKA Learning App memperoleh nilai kelayakan sebesar 85,60%, yang mengindikasikan bahwa aplikasi tersebut sangat layak digunakan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Andi Rustandi, & Rismayanti. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
Christina, A. (2021). Tuntas Motorik. Filla Press
Darmawati, N. B., & Widyasari, C. (2022). Permainan Tradisional Engklek dalam Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6827–6836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3487
Ekaningtyas, N. L. D. (2020). Teacher’S Method in Stimulating the Psychosocial Development on Early Childhood. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(1), 10–18. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD
Fadjariyanti, F., & Fathiyah, K. N. (2022). Analisis Permainan Tradisional Cakbikak untuk Mengasah Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6594–6601. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3440
Haryani, M., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru Paud Tentang Alat Permainan Edukatif (Ape) Di Tk Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 10(1), 6. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699
Hayati, S. (2020). Tangkas Fisik-Motorik dengan Permainan Tradisional. Pustaka Pelajar.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang
https://www.ybkb.or.id/waspada-adiksi-game-online/
Maesaroh, S., Wijayanti, N. P. N., Adila, F., & Desviyanti, E. (2022). Kajian Literatur Peranan Penting Permainan Tradisional Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 2756–2765. https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.3977
Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.33365/.v1i1.622
Sugiyono, 2021. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta
Zendrato, Y., & Harefa, H. O. N. (2020). Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 139–148. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.21
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i1.14345
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY
1.png)






