Kesesuaian Rumusan Tujuan Pembelajaran Dengan Instrumen Penilaian Pengetahuan Pada Mahasiswa PJKR
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui ketepatan pemilihan penilaian dalam menyusun Modul Ajar atau RPP pada mahasiswa PJKR angkatan 2020 Universitas Negeri malang yang mengikuti program Asistensi Mengajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan berbentuk kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 80 mahasiswa dengan persyaratan yaitu, mahasiswa program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Malang, bersedia mengumpulkan modul ajar atau RPP, dan terdapat tujuan pembelajaran pada aspek pengetahuan dalam modul ajar atau RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 91% mahasiswa yang masih kesulitan dalam memilih penilaian ranah pengetahuan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hal ini dapat dijadikan bahan evaluasi bagi jurusan atau dosen dalam menyiapkan mahasiswa yang akan melaksanakan magang khususnya program Asistensi Mengajar untuk meminimalisir ketidak tepatan dalam pemilihan penialain bedasarkan tingkat kesulitan dan materi.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdul-Basir, M., Waluya, S. B., Dwijanto, D., & Isnarto, I. (2021). Development and use of Test Instruments to measure Algebraic Reasoning Based on Cognitive Systems in Marzano’s Taxonomy. European Journal of Mathematics and Science Education, volume–2–2021(volume–2–issue–2–december–2021), 163–175. https://doi.org/10.12973/ejmse.2.2.163
Ageng Prayitno, T., & Hidayati, N. (2022). Analysis Of Cognitive Assessment Instruments In General Biology Learning Media. Jurnal Pelita Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v10i1.30044
Aliyyah, R. R., Nurfaidah, C., Castara, T. I., & Rahayu, R. (2024). Magang Mahasiswa: Persepsi Guru Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11598
Andayani, T., & Madani, F. (2023). Peran Penilaian Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 924–930. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4402
Asfiyah, S. (2021). Implementasi Penilaian Berbasis High Order Thinking Skills dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. QUALITY, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.21043/quality.v9i1.10136
Betegón, E., Rodríguez-Medina, J., del-Valle, M., & Irurtia, M. J. (2022). Emotion Regulation in Adolescents: Evidence of the Validity and Factor Structure of the Cognitive Emotion Regulation Questionnaire (CERQ). International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(6), 3602. https://doi.org/10.3390/ijerph19063602
Bosnjak, M., Ajzen, I., & Schmidt, P. (2020). The Theory of Planned Behavior: Selected Recent Advances and Applications. Europe’s Journal of Psychology, 16(3), 352–356. https://doi.org/10.5964/ejop.v16i3.3107
Dianah, L. (2023). Problematika Mahasiswa Dalam Program Pengenalan Lapangan Di SMPN Kabupaten Garut. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(3), 281–293. https://doi.org/10.31571/sosial.v10i3.5656
Ekawati, M., & Sohriati, E. (2019). Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (Pck) Mahasiswa Dalam Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rpp. Jurnal Biogenerasi, 4(2), Article 2.
Gusti, A. R., Afriansari, Y., Sari, D. V., & Walid, A. (2021). Penilaian Afektif Pembelajaran Daring IPA Terpadu dengan Menggunakan Media Whatsapp. DIFFRACTION, 2(2), 65–73. https://doi.org/10.37058/diffraction.v2i2.2411
Hartini, H. (2021). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Melalui Kegiatan Workshop. Jurnal Pedagogiana, 8(49). https://doi.org/10.47601/AJP.41
Hastuti, T. A., Jatmika, H. M., & Kalpikosari, Y. (2020). Kesiapan mahasiswa pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi melaksanakan praktik kependidikan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Retrieved April, 7, 2022.
Hutabarat, S. (2020). Peran Dosen Menuntaskan Kebiasaan Copy Paste Mahasiswa Dalam Membuat Tugas Kuliah. Didaxei, 1(1). http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/172
Infantry, A. N., Nisa, K., & Dewi, N. K. (2022). Analisis Kesulitan Guru Kelas Rendah dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik di SDN 23 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.401
Magdalena, I., Andreani, M. G., Nurhasanah, S., & Ushaybiah, Z. M. (2023). Dampak Penilaian Untuk Pembelajaran Terhadap Motivasi Dan Keterlibatan Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.55047/jrpp.v2i1.450
Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2021). Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya | BINTANG. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/986
Mahmudah, I. (2023). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Guru Mi Dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Mida : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.52166/mida.v6i2.4168
Mariyani, M., Chotimah, U., Mauilida, A. A., & Khairunisa, I. (2023). Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Menyusun Instrumen Penilaian Kognitif dan Afektif. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1199
Mudzanatun, M., Reffiane, F., Agustini, F., & Sulianto, J. (2021). Analisis Kemampuan Guru dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran di Sekolah Dasar Marginal Kota Semarang. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 62. https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5246
Mulyana, V., & Desnita, D. (2023). Empirical Validity and Reliability of the Scientific Literacy Assessment Instrument Based on the Tornado Physics Enrichment Book. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 3961–3967. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.3290
Muslima, M., Fakhri, F., & Mukhlis, M. (2021). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Melaksanakan Magang Iii Prodi Bimbingan Konseling Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar- Raniry. Estetic : Education, Science, and Technology International Conference, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.22374/es.v1i1.12604
Nabilah, N., Karma, I. N., & Husniati, H. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013 di SDN 50 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.298
Oerke, B., McElvany, N., Ohle, A., Ullrich, M., & Horz, H. (2015). Verbessert sich die diagnostische Urteilsgenauigkeit von Lehrkräften bei längerem Kontakt mit der Klasse? Psychologie in Erziehung Und Unterricht. https://elibrary.utb.de/doi/10.2378/peu20160104
Palobo, M., & Tembang, Y. (2019). Analisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Kota Merauke. Sebatik, 23(2), Article 2.
Radwan, O., Ghavifekr, S., & Abdul Razak, A. Z. (2020). Can academic leadership competencies have effect on students’ cognitive, skill and affective learning outcomes? Higher education perspective. Journal of Applied Research in Higher Education, 13(2), 430–445. https://doi.org/10.1108/JARHE-05-2020-0144
Rahmah, N., Safruddin, & Saputra, H. H. (n.d.). Analisis Kesulitan Guru Pada Pembelajaran PJOK Via Daring di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Volume 7.
Sagita, N. N., & Mahmud, A. (2019). Peran Self Regulated Learning dalam Hubungan Motivasi Belajar, Prokrastinasi dan Kecurangan Akademik. Economic Education Analysis Journal, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31482
Setiarini, H., Prabowo, H., Sutrisno, S., & Gultom, H. C. (2022). Pengaruh Soft Skill Dan Pengalaman Magang Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang). Ekobis : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.36596/ekobis.v10i2.941
Setiawan, F. A., Saputra, A. N., & Muhaimin, M. (2022). Keberhasilan Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp): Antara Nilai Keterampilan Mahasiswa Menyusun Rpp Dan Nilai Plp Guru Pamong. Geography : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan,10(2),145–155. https://doi.org/10.31764/geography.v10i2.9598
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). CV. Alfabeta. https://drive.google.com/drive/folders/1ahIht2EvSEXVsY4l39v9eIzSaVctll9-
Susanti, A. E. (2021). Analisis Keterampilan Mahasiswa Calon Guru dalam Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4), Article 4. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2434
Syadiah, E. A., & Handayani, S. (2017). Pengaruh Bimbingan Guru Pamong Terhadap Penerapan Kompetensi Guru Kejuruan. Edufortech, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/edufortech.v2i2.12412
Tang, F., & Zhan, P. (2021). Does Diagnostic Feedback Promote Learning? Evidence From a Longitudinal Cognitive Diagnostic Assessment. AERA Open, 7, 23328584211060804. https://doi.org/10.1177/23328584211060804
Tiara, F. A., & Sulistina, O. (2015). Development Of Pisa 2015 Based Chemical Literacy Assessment Instrument For High School Students.
Tuasikal, A., Hartoto, S., Prakoso, B., Kartiko, D., & Hariyanto, A. (2021). The analysis on teaching skills and learning effectiveness of internship students. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40, 650–658. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.40466
Utari, D. W., & Indriyani, D. (2024). Pengaruh Metode Mengajar Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Politeknik STIA LAN Jakarta. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.47134/ptk.v1i2.364
Wulantari, V., Ermiana, I., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis Kesulitan Guru Dalam Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Gugus 1 Kecamatan Gerung. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Educational Journal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.104
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i1.14449
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY
1.png)






