Kesesuaian Rumusan Tujuan Pembelajaran Dengan Instrumen Penilaian Pengetahuan Pada Mahasiswa PJKR

Nikko Alfian Prasetya, Gema Fitriady

Abstrak


Penelitian bertujuan untuk mengetahui ketepatan pemilihan penilaian dalam menyusun Modul Ajar atau RPP pada mahasiswa PJKR angkatan 2020 Universitas Negeri malang yang mengikuti program Asistensi Mengajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei dengan berbentuk kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 80 mahasiswa dengan persyaratan yaitu, mahasiswa program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Malang, bersedia mengumpulkan modul ajar atau RPP, dan terdapat tujuan pembelajaran pada aspek pengetahuan dalam modul ajar atau RPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 91% mahasiswa yang masih kesulitan dalam memilih penilaian ranah pengetahuan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hal ini dapat dijadikan bahan evaluasi bagi jurusan atau dosen dalam menyiapkan mahasiswa yang akan melaksanakan magang khususnya program Asistensi Mengajar untuk meminimalisir ketidak tepatan dalam pemilihan penialain bedasarkan tingkat kesulitan dan materi.


Kata Kunci


Pemilihan Penilaian, Pengetahuan, Mahasiswa Magang.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul-Basir, M., Waluya, S. B., Dwijanto, D., & Isnarto, I. (2021). Development and use of Test Instruments to measure Algebraic Reasoning Based on Cognitive Systems in Marzano’s Taxonomy. European Journal of Mathematics and Science Education, volume–2–2021(volume–2–issue–2–december–2021), 163–175. https://doi.org/10.12973/ejmse.2.2.163

Ageng Prayitno, T., & Hidayati, N. (2022). Analysis Of Cognitive Assessment Instruments In General Biology Learning Media. Jurnal Pelita Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.24114/jpp.v10i1.30044

Aliyyah, R. R., Nurfaidah, C., Castara, T. I., & Rahayu, R. (2024). Magang Mahasiswa: Persepsi Guru Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11598

Andayani, T., & Madani, F. (2023). Peran Penilaian Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 924–930. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4402

Asfiyah, S. (2021). Implementasi Penilaian Berbasis High Order Thinking Skills dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. QUALITY, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.21043/quality.v9i1.10136

Betegón, E., Rodríguez-Medina, J., del-Valle, M., & Irurtia, M. J. (2022). Emotion Regulation in Adolescents: Evidence of the Validity and Factor Structure of the Cognitive Emotion Regulation Questionnaire (CERQ). International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(6), 3602. https://doi.org/10.3390/ijerph19063602

Bosnjak, M., Ajzen, I., & Schmidt, P. (2020). The Theory of Planned Behavior: Selected Recent Advances and Applications. Europe’s Journal of Psychology, 16(3), 352–356. https://doi.org/10.5964/ejop.v16i3.3107

Dianah, L. (2023). Problematika Mahasiswa Dalam Program Pengenalan Lapangan Di SMPN Kabupaten Garut. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(3), 281–293. https://doi.org/10.31571/sosial.v10i3.5656

Ekawati, M., & Sohriati, E. (2019). Kemampuan Pedagogical Content Knowledge (Pck) Mahasiswa Dalam Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Rpp. Jurnal Biogenerasi, 4(2), Article 2.

Gusti, A. R., Afriansari, Y., Sari, D. V., & Walid, A. (2021). Penilaian Afektif Pembelajaran Daring IPA Terpadu dengan Menggunakan Media Whatsapp. DIFFRACTION, 2(2), 65–73. https://doi.org/10.37058/diffraction.v2i2.2411

Hartini, H. (2021). Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Melalui Kegiatan Workshop. Jurnal Pedagogiana, 8(49). https://doi.org/10.47601/AJP.41

Hastuti, T. A., Jatmika, H. M., & Kalpikosari, Y. (2020). Kesiapan mahasiswa pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi melaksanakan praktik kependidikan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. Retrieved April, 7, 2022.

Hutabarat, S. (2020). Peran Dosen Menuntaskan Kebiasaan Copy Paste Mahasiswa Dalam Membuat Tugas Kuliah. Didaxei, 1(1). http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/DX/article/view/172

Infantry, A. N., Nisa, K., & Dewi, N. K. (2022). Analisis Kesulitan Guru Kelas Rendah dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik di SDN 23 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.401

Magdalena, I., Andreani, M. G., Nurhasanah, S., & Ushaybiah, Z. M. (2023). Dampak Penilaian Untuk Pembelajaran Terhadap Motivasi Dan Keterlibatan Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.55047/jrpp.v2i1.450

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2021). Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya | BINTANG. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/986

Mahmudah, I. (2023). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Guru Mi Dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Mida : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.52166/mida.v6i2.4168

Mariyani, M., Chotimah, U., Mauilida, A. A., & Khairunisa, I. (2023). Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Menyusun Instrumen Penilaian Kognitif dan Afektif. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1199

Mudzanatun, M., Reffiane, F., Agustini, F., & Sulianto, J. (2021). Analisis Kemampuan Guru dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran di Sekolah Dasar Marginal Kota Semarang. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 4(2), 62. https://doi.org/10.33603/caruban.v4i2.5246

Mulyana, V., & Desnita, D. (2023). Empirical Validity and Reliability of the Scientific Literacy Assessment Instrument Based on the Tornado Physics Enrichment Book. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 3961–3967. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.3290

Muslima, M., Fakhri, F., & Mukhlis, M. (2021). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Melaksanakan Magang Iii Prodi Bimbingan Konseling Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar- Raniry. Estetic : Education, Science, and Technology International Conference, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.22374/es.v1i1.12604

Nabilah, N., Karma, I. N., & Husniati, H. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013 di SDN 50 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.298

Oerke, B., McElvany, N., Ohle, A., Ullrich, M., & Horz, H. (2015). Verbessert sich die diagnostische Urteilsgenauigkeit von Lehrkräften bei längerem Kontakt mit der Klasse? Psychologie in Erziehung Und Unterricht. https://elibrary.utb.de/doi/10.2378/peu20160104

Palobo, M., & Tembang, Y. (2019). Analisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Kota Merauke. Sebatik, 23(2), Article 2.

Radwan, O., Ghavifekr, S., & Abdul Razak, A. Z. (2020). Can academic leadership competencies have effect on students’ cognitive, skill and affective learning outcomes? Higher education perspective. Journal of Applied Research in Higher Education, 13(2), 430–445. https://doi.org/10.1108/JARHE-05-2020-0144

Rahmah, N., Safruddin, & Saputra, H. H. (n.d.). Analisis Kesulitan Guru Pada Pembelajaran PJOK Via Daring di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Volume 7.

Sagita, N. N., & Mahmud, A. (2019). Peran Self Regulated Learning dalam Hubungan Motivasi Belajar, Prokrastinasi dan Kecurangan Akademik. Economic Education Analysis Journal, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31482

Setiarini, H., Prabowo, H., Sutrisno, S., & Gultom, H. C. (2022). Pengaruh Soft Skill Dan Pengalaman Magang Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang). Ekobis : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.36596/ekobis.v10i2.941

Setiawan, F. A., Saputra, A. N., & Muhaimin, M. (2022). Keberhasilan Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp): Antara Nilai Keterampilan Mahasiswa Menyusun Rpp Dan Nilai Plp Guru Pamong. Geography : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan,10(2),145–155. https://doi.org/10.31764/geography.v10i2.9598

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). CV. Alfabeta. https://drive.google.com/drive/folders/1ahIht2EvSEXVsY4l39v9eIzSaVctll9-

Susanti, A. E. (2021). Analisis Keterampilan Mahasiswa Calon Guru dalam Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4), Article 4. https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2434

Syadiah, E. A., & Handayani, S. (2017). Pengaruh Bimbingan Guru Pamong Terhadap Penerapan Kompetensi Guru Kejuruan. Edufortech, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/edufortech.v2i2.12412

Tang, F., & Zhan, P. (2021). Does Diagnostic Feedback Promote Learning? Evidence From a Longitudinal Cognitive Diagnostic Assessment. AERA Open, 7, 23328584211060804. https://doi.org/10.1177/23328584211060804

Tiara, F. A., & Sulistina, O. (2015). Development Of Pisa 2015 Based Chemical Literacy Assessment Instrument For High School Students.

Tuasikal, A., Hartoto, S., Prakoso, B., Kartiko, D., & Hariyanto, A. (2021). The analysis on teaching skills and learning effectiveness of internship students. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40, 650–658. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.40466

Utari, D. W., & Indriyani, D. (2024). Pengaruh Metode Mengajar Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Politeknik STIA LAN Jakarta. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.47134/ptk.v1i2.364

Wulantari, V., Ermiana, I., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis Kesulitan Guru Dalam Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Gugus 1 Kecamatan Gerung. Jurnal Ilmiah Pendas: Primary Educational Journal, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.29303/pendas.v2i1.104




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i1.14449

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions