Analisis Kreativitas Guru Pendidikan Jasmani pada Satuan Pendidikan Sekolah Dasar

Bogy Restu Ilahi, Andes Permadi, Abdul Rahmat

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas guru Pendidikan Jasmani pada satuan pendidikan dasar di Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu. Penelitian deskriptif kualitatif melibatkan 9 orang guru PJOK. Pengumpulan data melalui angket, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana dan prasarana PJOK memenuhi standar sebesar 53,67% dan tidak memenuhi standar sebesar 46,33%, dalam kondisi baik sebesar 35,22% dan kondisi kurang baik sebesar 64,78%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar sekolah telah memiliki sarana dan prasarana yang memenuhi standar, namun kualitas dan kondisi sarana tersebut masih perlu mendapat perhatian khusus untuk mendukung pembelajaran PJOK yang lebih efektif dan aman. Tingkat kreativitas guru dalam menyikapi keterbatasan sarana dan prasarana tergolong sangat kreatif (82,96%). Peneliti selanjutnya dapat memfokuskan pada efektivitas teknologi dalam pembelajaran PJOK, serta bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan kreativitas dan efektivitas pembelajaran olahraga di Sekolah Dasar

Kata Kunci


Kreativitas, Guru PJOK, Sarana dan Prasarana PJOK, Satuan Pendidikan SD

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aji, S. K., Ramadi, R., & Hidayat, H. (2024). Penerapan model pembelajaran project based learning terhadap kreativitas siswa PJOK. Jurnal Porkes, 7(1), 448–458. https://doi.org/10.29408/porkes.v7i1.25762

Cengiz, C. (2023). The effect of design thinking on the creative thinking of physical education and sports teachers. African Educational Research Journal, 11(1), 56–63. https://doi.org/10.30918/AERJ.111.23.009

Godoi, M., Pinto, B. da S., Cabeleira, J. B., Lourenço, R. G., & Moreira, E. C. (2021). Professores de educação física como experts adaptativos e a busca da inovação. Linhas Crí­ticas, 27(7), 36–48. https://doi.org/10.26512/lc.v27.2021.36668

Herpratana, E. R., & Sumaryanti. (2019). Creativity of Physical Education Teachers in Modifying Learning Facilities and Infrastructure in Public Elementary Schools. International E-Journal of Educational Studies, 3(6), 157–166. https://doi.org/10.31458/iejes.604874

Irawan, Y. F., & Akyas, M. N. (2022). Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di MA Ar-Ridlo Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 4(1), 36–44. https://doi.org/10.53863/kst.v4i01.458

Is, Z., Safrizal, S., Musran, M., & Kurniawan, E. (2023). Strategi Guru pjok Meningkatkan Minat Siswa Dalam Olahraga di SMP. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 7(2), 745–752. https://doi.org/10.30601/dedikasi.v7i2.4091

Jian, L. (2024). Analysis of the Quality of PE Classroom Teaching with Multimedia Technology. International Journal of High Speed Electronics and Systems, 41(2), 1–10. https://doi.org/10.1142/S0129156424400810

Marheni, E., Purnomo, E., & Jermaina, N. (2020). The Influence Of Project Based Learning Learning Outcomes And Gender In Learning Sport Physical And Health (PJOK) In Schools. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(2), 70–75. https://doi.org/10.33369/jk.v4i2.12412

Shao, Y., Zhang, X., & Zhu, S. (2024). Research on the Design of PE Teaching Platform Under Computer Multimedia Technology (pp. 452–457). https://doi.org/10.1007/978-981-99-9538-7_70

Shidiq, A. A. P., Cahayani, P. M., Waluyo, W., & Iwandana, D. T. (2022). Tingkat Kreativitas Guru dalam Mengatasi Keterbatasan Prasarana Sarana Pembelajaran PJOK. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 6(1), 27–35. https://doi.org/10.31539/jpjo.v6i1.4480

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sutisyana, A., & Ilahi, B. R. (2017). Pengaruh metode latihan plyometric terhadap kemampuan jumping smash bola voli siswa ekstrakurikuler SMPN 1 bermani ilir Kabupaten Kepahiang. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(1), 64–67.

Tirtana, E. Y., Hartati, Y., & Christina, S. (2022). Pengaruh Penerapan Permainan Kecil dalam Pemanasan terhadap Kesiapan Siswa dalam Pembelajaran PJOK di SMPN 1 Tuban. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(2), 55. https://doi.org/10.31602/rjpo.v5i2.7817

Triantafyllou, S. (2022, October 21). Game-Based Learning and Interactive Educational Games for Learners – An Educational Paradigm from Greece. Proceedings of The 6th International Conference on Modern Research in Social Sciences. https://doi.org/10.33422/6th.icmrss.2022.10.20

Uline, C. L. (2022). Educational Facility Management. In Educational Facility Management. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781138609877-REE69-1

Widiastuti, W. (2019). Mengatasi keterbatasan sarana prasarana pada pembelajaran pendidikan jasmani. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 15(1), 140–148. https://doi.org/10.19166/pji.v15i1.1091

Yangambi, M. (2023). Impact of School Infrastructures on Students Learning and Performance: Case of Three Public Schools in a Developing Country. Creative Education, 14(04), 788–809. https://doi.org/10.4236/ce.2023.144052




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i1.14518

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions