Pengembangan Buku Ajar Pembelajaran hockey Berbasis Aplikasi Android

ucu muhammad afif, selly purnama, gita larasati

Abstrak


Olahraga hockey pada saat ini masih terbatas ketersediaan buku-buku sumbernya. Sebagian besar sumber-sumber yang ada adalah buku sumber berbahasa Inggris. Melihat kondisi mahasiswa sekarang lebih banyak tertarik literasi digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan rancangan buku ajar berbasis aplikasi android sehingga mudah di akses olah mahasiswa dan orang-orang yang membutuhkan informasi terkait olahraga hockey dan untuk mengetahui kelayakan buku ajar pembelajaran hockey berbasis aplikasi android yang dikembangkan. Metode yang digunakan adalah pendekatan research and development (R & D). Hasil dari penelitian ini adalah peneliti berhasil merancang aplikasi buku ajar pembelajaran hockey berbasis android, hasil validitas kelayakan buku ajar pembelajaran hockey memperoleh persentase 83%, 87% dan 86% yang artinya bahwa aplikasi yang dikembangkan telah valid dan yalayk digunakan, dan berdasarkan hasil SUS Score adalah 73.50 yang berada pada kategori baik sehingga secara keseluruhan aplikasi yang dibuat sudah layak digunakan dan efektif untuk digunakan sebagai buku ajar berdasarkan penilaian pengguna.

Kata Kunci


Android, Buku Ajar, dan Hockey

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, Nur., Lestari, Y.N.A., Hubungan Status Gizi, Tingkt Kecukupan Energi Dan Zat Gizi Dengan Kecepatan Pada Atlet Hockey Kota Surayabaya. Sport and Nutrition Journal, 19-26.

Antika, A., Yulianingsih, E. Analisa Sistem e-learning Pada Universitas PGRI Palembang Dengan Metode System Usability Scale (SUS). SMATIKA: STIKI Informatika Jurnal, 53-61.

Arsyad, M. N., & Lestari, D. E. G. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Mobile Learning berbasis Android Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. AGASTYA: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 10(1), 89.

Budiman, A., & Prabowo, G. D. (2020). Latihan power otot lengan untuk kecepatan push dalam olahraga hockey. Journal of Physical and Outdoor Education, 2(2), 163 171.

Faried, M.Z., Mulwinda., Primadiyono, Y., Pengembangan Apliaksi Android Bimbingan Skripsi dengan Fitur Notifikasi. Jurnal Teknik elektro, 74-79.

Febrianto, R., Puspitaningsih, F. Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Education Journal : Journal Education Research and Development, 1-18.

FIH.,2015 Rules of Hockey.2015., incluiding explan tions CH-1004 Lausanne Switzerland.

Gunawan, w. Pengembanagn Aplikasi Berbasis Android Untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah. Jurnal Informatika, 69-76.

Harjono, H.S. (2018) ‘Literasi digital: Prospek dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa’, Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 8(1), pp. 1–7.

Hasanah, N., Rustiadi, T. (2021). Pembinaan Prestasi Cabang Olahraga Hockey di Kabupaten Kebumen. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 538-546.

Istiqlal, A. 2018.Manfaat Media Pembelajaran dalam Proses Belajar dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, (Online), 3 (2): 139-144.

Jaelani, k., Wahidah, I., Zaman, I.B. Pengembangan Media Latihan Teknik Dasar Indoor Hockey Berbasis Aplikasi Android. Intelektiva, 7-12.

Jaya, E.A. Perancangan Sistem Informasi Persediaan Stok parfum Dengan menggunakan Bahasa Pemograman Visual Basic.net dan database Access Pada Toko Gofha Perfume. Jurnal Sains dan Teknologi, 114-186.se

Lawanis, H., Sari, S.N., Maifitri, F., Tinjauan Kondisi Fisik Atlet Hockey. Jurnal Performa. 6-12.

Najuah, R.s., Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Mata Kuliah Strategi Belajar mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah 3 Vol.9.No.1 Januari 2020.

Primadi Tabrani. 2002. Hoki Kreativitas dan Riset dalam Olahraga. Bandung: ITB

Syahruddin, “Pelatihan permainan hockey outdoor,” Semin. Nas. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2019, no. 3, pp. 186–188, 2019

Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, 2016.

Sunyoto, Andi. 2007. Pemrograman Database dengan Visual Basic dan Microsoft SQL. Penerbit Andi:Yogyakarta

Wahab, A., Sari, A.R., Zuana, M.M.M., Luturmas, Y., Kuncoro, B., Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Digital sebagai Strategi Dalam Menuju Pembelajaran Imersif Era 4.0, 4644-4653.




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i1.14593

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions