EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN PRESTASI UNIT KEGIATAN MAHASISWA FUTSAL PUTRI UNIVERSITAS SILIWANGI MELALUI MODEL CIPP

Dhea Novitalia, Cucu Hidayat, Melya Nur Herliana, Gumilar Mulya, Agus Arief Rahmat, Aang Rohyana

Abstrak


Pembinaan prestasi olahraga merupakan aspek penting dalam pengembangan cabang olahraga, termasuk futsal. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Futsal Putri Universitas Siliwangi berperan sebagai wadah bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam olahraga ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program pembinaan prestasi UKM Futsal Putri Universitas Siliwangi dengan menggunakan model evaluasi Context, Input, Process, dan Product (CIPP), serta menilai sejauh mana program tersebut telah dikelola secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi pembina, pelatih, ketua, dan pemain UKM Futsal Putri. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program pembinaan prestasi secara keseluruhan berada pada kriteria cukup, yang berarti program tersebut masih dalam tahap sedang dan belum optimal. Secara rinci, aspek context, input, process, dan product masing-masing memperoleh kriteria cukup. Temuan penting mencakup kebutuhan peningkatan penyebaran informasi visi dan misi pada aspek context; pengadaan fasilitas latihan yang memadai dan optimalisasi sumber pendanaan pada aspek input; pelibatan pemain dalam perencanaan program, konsistensi latihan fisik, dan variasi materi latihan pada aspek process; serta perancangan program pembinaan yang dapat memperkuat kemampuan tim untuk bersaing di tingkat nasional pada aspek product. Penelitian ini merekomendasikan perbaikan pada aspek-aspek tersebut untuk meningkatkan efektivitas program pembinaan prestasi.


Kata Kunci


CIPP, Evaluasi Program, UKM Futsal Putri, Pembinaan Prestasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2018). Periodization-: theory and methodology of training. Human kinetics.

Cone, J., & Smith, G. (2022). Player Development. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003246268

Djoukhrab, S. (2023). The evaluation: its concept and objectives. مجلة قضايا لغوية | Linguistic Issues Journal, 1(2), 15–22. https://doi.org/10.61850/lij.v1i2.103

Doherty, A., McGraw, P., & Taylor, T. (2009). Managing People in Sport Organizations. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780080551029

Eryyani, M., & Kusdiwelirawan, A. (2020). Studi Pendahuluan Evaluasi CIPP Pembelajaran Fisika Pada Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Pendidikan Fisika FITK UNSIQ, 2(1), 192–197.

Faigenbaum, A., & Hoffman, J. (2007). Sample Programs. In Strength training / National Strength and Conditioning Association (NSCA).

Firdaus, H., & Anriani, N. (2022). Evaluasi Program Praktek Kerja Industri Pada Sekolah Menengah Kejuruan Menggunakan Model CIPP. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2253–2260.

Gao, Y., & Yan, C. (2024). Application Research of CIPP Evaluation Model in Compulsory Education Dance Course Evaluation. Yixin Publisher, 1(4), 67–76. https://doi.org/10.59825/jms.2024.1.4.67

Gill, A. J. G. (2021). Coaching and Performance. In Foundations of Sports Coaching (pp. 15–28). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003157526-2

Gomez-Ruano, M.-A., Ibáñez, S. J., & Leicht, A. S. (2020). Editorial: Performance Analysis in Sport. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.611634

Harahap, H., Zulqaidah, Rama Satya Tanjung, Khairul Amri Silalahi, & Muhammad Iqbal. (2024). Model Evaluasi dalam Program Pendidikan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3382–3391. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1364

KOZAN, F. (2024). ÖĞRENME – ÖĞRETME SÜRECİNDE BSÜÜ MODELİ. Vestnik Bishkek State University Af K Karasaev, 2(68), 129–135. https://doi.org/10.35254/bsu/2024.68.22

Phillips, C., Palfrey, C., & Thomas, P. (1994). What is Evaluation? In Evaluating Health and Social Care (pp. 1–26). Macmillan Education UK. https://doi.org/10.1007/978-1-349-23132-4_1

Raco, M. (2018). Critical urban cosmopolitanism and the governance of urban diversity in European cities. European Urban and Regional Studies, 25(1), 8–23.

Stufflebeam, D. L. (2000). The CIPP model for evaluation. In Evaluation models: Viewpoints on educational and human services evaluation (pp. 279–317). Springer.

Stufflebeam, D. L., & Coryn, C. L. S. (2014). Evaluation theory, models, and applications (Vol. 50). John Wiley & Sons.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan; Research and Development (3rd ed.). Alfabeta.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Surujlal, J., Hollander, W. J., & Singh, C. (2004). Human resources management of professional sports coaches in South Africa: an exploratory study. African Journal for Physical, Health Education, Recreation and Dance, 9(3). https://doi.org/10.4314/ajpherd.v9i3.24637

Suryani, N. K., Wahid, U., & Toni, A. (2023). Peran Efektifitas Komunikasi Organisasi dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan. Widya Manajemen, 5(2), 109–119. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v5i2.3670

SVP, N. (2024). Framework For the Optimization of Construction Project. African Journal OF Biomedical Research, 4658–4669. https://doi.org/10.53555/AJBR.v27i4S.4457

Wibowo, C., & Dennys Christovel Dese. (2023). Evaluation of the IBL Satya Wacana Salatiga Team Achievement Development Program. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 7(1), 21–30. https://doi.org/10.33369/jk.v7i1.24990

ZENG, Q., & HU, L. (2017). A Study on Strategic Human Resource Management and Sports Organization Performance. DEStech Transactions on Economics, Business and Management, icem. https://doi.org/10.12783/dtem/icem2017/13170




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i2.15521

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions