ANALISIS CROSS SECTIONAL MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA DITINJAU DARI INDEKS MASA TUBUH, AKTIVITAS FISIK, LINGKUNGAN BELAJAR, SARANA PRASARANA DAN PEMANFAATAN GADGET
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara cross sectional motivasi belajar siswa kelas XI SMA yang ditinjau dari indikator indeks masa tubuh, aktivitas fisik, lingkungan belajar, sarana prasarana serta pemanfaatan gadget khususnya pada pembelajaran PJOK. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan analisis korelasi sederhana dan analisis regresi logistic multinomial melalui proses pengumpulan data lapangan menggunakan instrumen Tes Indeks Masa Tubuh (IMT) dari panduan Tes Kebugaran Pelajar Nusantara (TKPN) kemenpora serta pengumpulan data variabel lainnya berdasarkan Angket-angket yang sudah diujikan validitasnya sehingga memperoleh data-data dalam bentuk nilai presentase (%) angka-angka yang sifatnya kuantitatif Analisis. Dengan hasil akhir penelitian yang menunjukkan bahwa adanya keterkaitan tidak langsung antara motivasi belajar siswa dengan Indeks masa tubuh, aktivitas fisik, lingkungan belajar, sarana prasarana serta pemanfaatan gadget yang dianalisis secara cross sectional. Dari sini dapat disimpulkan bahwa sangat diperlukanya memperhatikan berbagai aspek-aspek tersebut guna menjaga motivasi belajar siswa dalam kondisi yang terbaik.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Indeks Masa Tubuh, Aktifitas Fisik, Sarana Prasarana, Lingkungan Belajar, Pemanfaatan Gadget
Abstract
This study aims to analyze cross-sectionally the learning motivation of grade XI high school students reviewed from indicators of body mass index, physical activity, learning environment, facilities and infrastructure and the use of gadgets, especially in PJOK learning. The method used in this study is quantitative descriptive with simple correlation analysis and multinomial logistic regression analysis through the process of collecting field data using the Body Mass Index Test (BMI) instrument from the Nusantara Student Fitness Test (TKPN) guideline of the Ministry of Youth and Sports and collecting other variable data based on Questionnaires that have been tested for validity so as to obtain data in the form of percentage values (%) of numbers that are quantitative in nature Analysis. With the final results of the study showing that there is an indirect relationship between student learning motivation and Body Mass Index, physical activity, learning environment, facilities and infrastructure and the use of gadgets which are analyzed cross-sectionally. From here it can be concluded that it is very necessary to pay attention to these various aspects in order to maintain student learning motivation in the best condition.
Keywords : Learning Motivation, Body Mass Index, Physical Activity, Facilities and Infrastructure, Learning Environment, Gadget UtilizationKata Kunci
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i2.15725
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY
1.png)






