Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Quratta Ayun Hidayatullah Palu

Tri Murtono, Irna Hidayanti, Didik Purwanto, Rahmah Rahmah

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan motorik kasar pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Qurrata Ayun Hidayatullah Palu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei, teknik tes dan pengukuran. Populasi pada penelitian ini sebanyak 20 siswa laki-laki dan jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 20 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes lari 20 meter (untuk mengukur kecepatan), tes lompat jauh tanpa awalan (untuk mengukur kekuatan otot tungkai), tes berdiri dengan satu kaki (untuk keseimbangan), serta tes lempar tangkap bola (untuk mengukur kekuatan otot lengan dan koordinasi mata). Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan T-score, kemudian diklasifikasikan dalam kategori kemampuan motorik kasar berdasarkan standar deviasi. Berdasarkan hasil klasifikasikan data hasil tes kemampuan motorik kasar pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Qurrata Ayun Hidayatullah Palu sebagai berikut. Hanya terdapat 1 siswa atau 5% yang mendapatkan kategori Sangat Baik, 5 siswa atau 25% yang mendapatkan kategori Baik, 7 siswa atau 35% yang mendapatkan kategori Sedang, 6 siswa atau 30% yang mendapatkan kategori Kurang dan 1 siswa atau 5% yang mendapatkan kategori Sangat. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar pada anak usia dini di taman kanak-kanak Qurrata Ayun Hidayatullah Palu berada pada kategori Sedang.


Kata Kunci


Motorik kasar, Anak Usia Dini

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ananditha, A. C. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Toddler. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(1), 108–118. https://doi.org/10.30651/jkm.v2i1.924

Araújo, G. D. De, Flôres, F., Soares, D. P., Silva, R. C. Da, Silva, P. Y. F., & Lima-alvarez, C. D. De. (2025). A cross-sectional Study of how Environmental and School Variables Shape Schoolchildren’s Motor Competence. Journal of Physical Education and Sport ® (JPES), 25(3), 432–439. https://doi.org/10.7752/jpes.2025.03048

Ariani, I., Lubis, R. N., Sari, S. H., Fransisca, Y., & Nasution, F. (2022). Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 12347–12354. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10444/8008

Asmuddin, A., Salwiah, S., & Arwih, M. Z. (2022). Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak – Kanak Buton Selatan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3429–3438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2068

Azwar, S. (2022). Kontruksi tes kemampuan kognitif edisi II. In Pustaka Belajar.

Bahridah, P., & Neviyarni. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keterampilan Motorik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(1), 13–19.

Biru, R. C. B., Sunarti, V., Zhang, X., & Mardiansyah, A. (2025). The Effects of an 8-week Play-Oriented Model on Motor Coordination in Early Childhood: Evidence from Educational Settings. Journal of Physical Education and Sport, 25(3), 562–570. https://doi.org/10.7752/jpes.2025.03061

Destiyani, J., Prasetyowati, D., & Purwadi. (2019). Analisis Perkembangan Motorik Anak Pada Usia 3-4 Tahun. Seminar Nasional PAUD 2019, 49. http://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/440

Ditha, Y. A. M., Kartika, W. I., & Heriansyah, M. (2025). Optimalisasi Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(4), 1087–1092. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i4.6198

Djuanda, I., & Adipura, P. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Bermain Lempar Tangkap Bola (Penelitian Pada Pendidikan Anak Usia Dini Nurul Fadilah Depok). Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, XIX(2), 265–274.

Farida, A. (2016). Urgensi Perkembangan Motorik Kasar Pada Perkembangan Anak Usia Dini. Raudhah, IV(2), 2338–2163.

Hasanah, U., & Fajri, N. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116–126. https://doi.org/10.51878/edukids.v2i2.1775

Humaedi, H., Saparia, A., Nirmala, B., & Abduh, I. (2022). Deteksi Dini Motorik Kasar pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 558–564. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1368

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Lengkana, A. S., Muhtar, T., Supriyadi, T., Umar, F., Nugroho, D., & Sofa, N. S. N. (2025). Multilateral Activity Model: Improving Children’s Gross motor. Retos, 67, 289–300. https://doi.org/10.47197/retos.v67.110796

Mahmud, B. (2018). Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(1), 76–87. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i1.177

Omarov, N. B., Zhunusbekov, Z., & Aliyev, I. (2025). Innovative Technologies in Physical Education and Their Impact on Developing Students Motor Skills : Systematic Literature Review Authors How to cite in APA Keywords Resumen Palabras clave. Retos, 67, 643–658. https://doi.org/10.47197/retos.v67.113225

Páez-Herrera, J., Hurtado-Almonacid, J., Mello, J. B., Sobarzo, C., Plaza-Arancibia, P., Kain-Berkovic, J., Leyton, B., Soto-Sánchez, J., Leiva–Guerrero, V., & Batalla–Flores, A. (2024). Is Just Moving Enough for Girls? The Moderation Role of Gross Motor Development Level in the Association Between Physical Activity and Cognition. Journal of Teaching in Physical Education, 43(3), 435–441. https://doi.org/10.1123/jtpe.2023-0173

Prima, E., & Lestari, P. I. (2025). Pengaruh Penerapan Permainan Tradisional Rangku Alu Terhadap Motorik Kasar Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 75–82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i1.4338

Purwanto, D., & Baan, A. B. (2022). The Influence of Physical Education Activities on Gross Motor Skills of Young Children. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5669–5678. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3158

Rahman, T., Sumardi, S., & Fuadatun, F. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan melalui Media Flashcard. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 118–128. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7167

Reswari, A. (2021). Efektivitas Permainan Bola Basket Modifikasi terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5- 6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 17–29. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1182

Romlah. (2017). Pengaruh Motorik Halus dan Motorik Kasar terhadap Perkembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 131–137. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2314

Saczuk, J., Wasiluk, A., & Chaliburda, I. (2024). Physical Fitness and Motor Skills of Five-Year-Olds With Different Weight-Height Proportions. Polish Journal of Sport and Tourism, 31(1), 38–42. https://doi.org/10.2478/pjst-2024-0006

Saparia, A., Abduh, I., Wulur, D. C., Murtono, T., Nirmala, B., Zainuddin, M. S., Jasmani, P., & Tadulako, U. (2023). Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Ditinjau dari Aspek Geografis ( Studi pada Anak Usia Dini Daerah Pesisir dan Pegunungan ). 7(3), 2811–2819. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4381

Subhaktiyasa, P. G. (2024). Menentukan Populasi dan Sampel : Pendekatan Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 2721–2731. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2657

Suwarti, S., Pamungkas, J., & Muthmainah, M. (2023). Penanaman Nilai Religius dalam Kegiatan Menyanyi Lagu Islami pada Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 863–875. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3650

Tangse, U. H. M., & Dimyati, D. (2021). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166

Troisi Lopez, E., Latino, F., Tafuri, F., Tafuri, D., & Minino, R. (2025). Walking Patterns and Cognitive Performance in Tai Chi Experts: Exploring the Connection to Motor Control. Journal of Physical Education and Sport, 25(5), 938–945. https://doi.org/10.7752/jpes.2025.05102

Warlenda, S. V., Marlina, H., & Renaldi, R. (2019). Perkembangan Motorik Halus Balita Usia 3-4 Tahun Di PAUD Se-Kecamatan Rengat Barat. Avicenna: Jurnal Ilmiah, 14(02), 13–24. https://doi.org/10.36085/avicenna.v14i02.406

Waruwu, M., Pu`at, S. N., Utami, P. R., Yanti, E., & Rusydiana, M. (2025). Metode Penelitian Kuantitatif: Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(1), 917–932. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i1.3057




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i2.16075

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: [email protected]
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions