Analisis Implementasi Program PKG PJOK Terhadap Kualitas Pembelajaran PJOK Di Sekolah
Abstrak
Penelitian ini menganalisis implementasi Program Pengembangan Kompetensi Guru (PKG) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) serta dampaknya terhadap peningkatan kompetensi guru dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis, penelitian ini melibatkan 22 guru PJOK dari Kabupaten Sumedang yang mengikuti program PKG PJOK. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan melalui Focus Group Discussion (FGD). Analisis data observasi menggunakan penilaian skor, sedangkan data FGD dianalisis secara tematik menggunakan perangkat lunak NVivo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program PKG PJOK berdampak positif pada peningkatan profesionalisme guru PJOK, dengan sebagian besar peserta menunjukkan performa sangat baik dalam aspek pengajaran, penyusunan bahan ajar, pengembangan media pembelajaran, dan penilaian hasil belajar. Analisis FGD mengidentifikasi "pembelajaran," "anak," "sekolah," "penilaian," "PJOK," dan "materi" sebagai kata dominan, serta "Penyesuaian Materi" dan "Penampilan Mengajar" sebagai tema utama diskusi. Penelitian ini merekomendasikan penguatan pelatihan evaluasi, peningkatan literasi digital, dan penyeimbangan beban administratif untuk mengoptimalkan program.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Ainia, Dela Khoirul. 2020. “Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat Indonesia 3 (3): 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525.
Bangun, S Y. 2016. “Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikan Di Indonesia.” Publikasi Pendidikan 6 (3): 156–60. https://doi.org/10.26858/publikan.v6i3.2270.
Baumgartner, T A, A S Jackson, L Darling-Hammond, L Flook, B Barron, P Swanson, R F Elmore, M Fauzi, M Fullan, and G Graham. 2007. Measurement for Evaluation in Physical Education and Exercise Science. Jurnal Pendidikan Indonesia. 3rd ed. Vol. 5. Teachers College Press.
Bermutu, Menuju Pendidikan, and Untuk Semua. 2025. “Pembelajaran Mendalam.”
Bompa, Tudor O. 1999. Periodization: Theory and Methodology of Training. 4th ed. Champaign, IL: Human Kinetics.
Bucher, Charles A. 1987. Foundations of Physical Education and Sport. 11th ed. St. Louis: Mosby Year Book.
Creswell, John W. 2015. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. 3rd ed. Thousand Oaks: SAGE Publications.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004: Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Sekolah Dasar Dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Gronlund, N E. 2003. Assessment of Student Achievement. 7th ed. Merrill Prentice Hall.
Guskey, T R. 2000. Evaluating Professional Development. Corwin Press.
Hargreaves, A. 2003. Teaching in the Knowledge Society: Education in the Age of Insecurity. Teachers College Press.
Hattie, J. 2009. Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge.
Husdarta, H.J.S. 2011. “Pengertian Pendidikan Jasmani Menurut.” Junal Pendidikan Jasmani, no. 1991, 9–23. http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/196509091991021-BAMBANG_ABDULJABAR/Pengertian_Penjas.pdf.
Jackson, Allen W, James R Morrow, David W Hill, and Rod K Dishman. 2004. Physical Activity for Health and Fitness. Champaign, IL: Human Kinetics.
Kirk, D. 2005. Physical Education Futures. Routledge.
Kowalski, E, and K Milligan. 2011. “Assessment in Physical Education:
A Review of Literature and Practice.” Physical Educator 68 (4): 174–84.
Lengkana, Anggi Setia, and N Siti Nuraeni Sofa. 2017. “Kebijakan Pendidikan Jasmani Dalam Pendidikan.” Jurnal Olahraga 3 (1): 1–12.
Mutohir, Toho Cholik, and Ali Maksum. 2007. Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Dalam Konteks Pendidikan Nasional. Surabaya: Unesa University Press.
Oberteuffer, Delbert. 1970. Physical Education: Foundations and Principles. 2nd ed. New York: Harper & Row.
Peraturan Presiden. 2021. “Desain Besar Olahraga Nasional.” Perpres No. 86, 5700. https://www.kemenpora.go.id/tag/desain-besar-olahraga-nasional.
Purwanti, R. 2015. “Pengaruh Fasilitas Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan 3 (2): 97–105.
Rahman, Aam Ali. 2023. “Kesiapan Guru Penjas Menghadapi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training) 7 (1): 54–62.
Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2 (1): 1–8.
Rukmana, Anin, and Dinar Dinangsit. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Pendidikan Jasmani Terhadap Pembentukan Konsep Diri Siswa.” Sportive 1 (1): 12–22.
Sabillah, Muhamad Ichsan, and Ahmad Nasrulloh. 2022. “Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Berbasis Blended Learning Di Era Pandemi Covid 19.” Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia 18 (1): 16–26. https://doi.org/10.21831/jpji.v18i1.47652.
Sahid, Safari, & Akin. 2016. “Pengaruh Modifikasi Permainan Dalam Pendidikan Jasmani Terhadap Pembentukan Konsep Diri Siswa,” 1–23.
Setiadi, H. 2018. “Implementasi Kurikulum 2013 Dan Tantangan Guru Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 9 (1): 54–68.
Siedentop, Daryl. 2002. Introduction to Physical Education, Fitness, and Sport. 4th ed. Boston: McGraw-Hill.
Slameto. 2010. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.
Smaldino, S E, D L Lowther, and J D Russell. 2014. Instructional Technology and Media for Learning. 11th ed. Pearson Education.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukintaka. 2004. Pengantar Ilmu Pendidikan Jasmani. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Supriadi, D. 2000. Menguak Tabir Pendidikan Nasional. Rosda Karya.
Undang-undang Republik Indonesia nomor 14. 2005. “Tentang Guru Dan Dosen.”
Undang-undang Republik Indonesia nomor 20. 2003. “Tentang Sistem Pendidikan Nasional.”
United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. 2015. Quality Physical Education: Guidelines for Policy-Makers. Paris:
UNESCO. https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000231101.
Widiastuti, R. 2017. “Analisis Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di SMA.” Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan 5 (2): 121–30.
Williams, Jesse Feiring. 1964. The Principles of Physical Education. 8th ed. Philadelphia: W.B. Saunders Company.
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i3.16257
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY
1.png)







