ANALISIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM PJOK JENJANG SMP DI KABUPATEN MAJALENGKA

Agus Gunawan, Tatang Muhtar, Ayi Suherman, Anggi Setia Lengkana

Abstrak


Penelitian ini dilatarbelakangi masalah pembelajaran berdiferensiasi Kurikulum merdeka masih belum diterapkan pada mata pelajaran PJOK dengan optimal karena guru masih belum terbiasa degan inovasi yang baru dengan pembelajaran berdfierensiasi. Tujuan peneliitan ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi PJOK Jenjang SMP Di Kabupaten Majalengka. Fokus kajian meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta hambatan dan solusi dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik triangulasi sumber melalui wawancara mendalam terhadap guru PJOK, kepala satuan pendidikan, dan pendamping satuan pendidikan, observasi kelas, serta dokumentasi modul ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PJOK telah mulai menerapkan prinsip pembelajaran berdiferensiasi dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, meskipun pada memerlukan penguatan dalam strategi pengelolaan kelas, refleksi dan asesmen. Hambatan utama yang dihadapi antara lain guru masih berpikir konvensional, belum terbiasa adanya pengembangan. Solusi yang ditemukan mencakup kolaborasi dengan rekan sejawat, dihidupkan forum MGMP, pendampingan intensif, dan penyusunan strategi pembelajaran yang lebih kontekstual. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penelitian lanjutan dengan cakupan yang lebih luas dan pendekatan kuantitatif untuk mengukur dampak pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik.


Kata Kunci


Analisis, pembelajaran berdiferensiasi, PJOK, Kurikulum Merdeka, asesmen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110

Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323

Kanca, I. N. (2018). Menjadi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Di Abad 21. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG), 1(1), 21–27. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/semnassenalog/article/view/155

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis

M. Sobry, & Prosmala Hadisaputra, M. P. . (2020). Penelitian kualitatif Penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 3(c), 0–3. http://www.academia.edu/download/54257684/Tabrani._ZA_2014-Dasar-dasar_Metodologi_Penelitian_Kualitatif.pdf

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://doi.org/10.51476/tarbawi.v5i2.392

Muhassanah, N., Nur rizal, M., & Ali, M. (2023). Perencanaan Pembelajaran Berdiferensiasi Yang Berpusat Pada Murid Pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(2), 77–78.

Patras, Y. E., Kurniani, D., Hidayat, R., & Info, A. (2024). Peningkataan Kompetensi Guru Melalui Pengembangan Modul Pembelajaran Berdiferensiasi Increasing Teacher Competency Through Development Of Differentiated Learning Modules. SMP Negeri I Kemang, 2(3), 206–219.

Prakosa, T. K. W., & Yuli Hartati, S. C. (2022). Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Melalui Aktivitas Fisik Ringan Dalam Pembelajaran Pjok. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 5(2), 39. https://doi.org/10.31602/rjpo.v5i2.7818

Purnawanto, M.Pd., A. T. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1), 34–54. http://www.jurnal.staimuhblora.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/152/134

Rizky Fadilla, A., & Ayu Wulandari, P. (2023). Literature Review Analisis Data Kualitatif: Tahap PengumpulanData. Mitita Jurnal Penelitian, 1(No 3), 34–46.

Sari, D. P. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh dengan Daring Selama Pandemi COVID-19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Pediatric Critical Care Medicine, Publish Ah(1), 19–29. https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/semolga/article/viewFile/84/88

Soleman, N. (2020). Dinamika Perkembangan Kurikulum di Indonesia. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 12(1), 1. https://doi.org/10.46339/foramadiahi.v12i1.228

Subarjah, H. (2018). Asas Pendidikan Jasmani. Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1–48. https://www.academia.edu/download/62547970/mkdu_penjas20200330-90391-jezdwd.pdf

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

UMMA, Z. N. (2022). Dalam upaya meningkatkan pendapatan, suatu UMKM akan dihadapkan pada masalah terjadinya keterbatasan modal, kualitas produk hingga kualitas SDM. Hal ini dimungkinkan karena adanya persaingan yang ketat dalam pasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menge. Universitas Bhayangkara Surabaya.

Wirianto, D. (2014). Perspektif Historis Transformasi Kurikulum di Indonesia. Islamic Studies Journal, 2(1), 140–147. Dicky Wirianto Perspekt if Historis Transformasi Kurikulum di Indonesia.pdf




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i3.16471

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions