PENGARUH METODE LATIHAN DAN KEMAMPUAN GERAK (MOTOR ABILITY) TERHADAP KETERAMPILAN TENDANGAN LURUS PENCAK SILAT
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki dampak dari metode pelatihan (skipping tali usig dan lompat) dan kemampuan motorik pada keterampilan tendangan lurus Pencak Silat. Penelitian ini dilakukan di Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) di Kalimantan Selatan menggunakan desain faktorial 2 x 2. Analisis ragam antar kelompok berada pada tingkat signifikansi α = 0,05. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hubungan antara metode pelatihan dan kemampuan motorik terhadap keterampilan tendangan lurus Pencak Silat. Kemampuan Motorik terdiri dari tingkat tinggi dan rendah.
Sampel terdiri dari 56 pesilat yang dibagi menjadi empat kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 14 pesilat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis varians dua arah (ANOVA) dan dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) secara umum, keterampilan tendangan lurus Pencak Silat yang menggunakan metode latihan lompat tali lebih tinggi daripada yang menggunakan metode lompat pelatihan, (2) untuk kemampuan motorik tinggi yang menggunakan metode latihan lompat tali lebih tinggi daripada yang menggunakan metode lompat pelatihan, (3) untuk kemampuan motorik rendah yang menggunakan lompat tali dan metode lompat pelatihan tidak berbeda pada α = .05 tingkat signifikansi, (4) ada hubungan antara metode pelatihan dan kemampuan motorik menuju skill tendangan lurus Pencak Silat.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agus Sutisna, “ Pengaruh Gaya Mengajar dan Motor Educability Terhadap Ketrampilan Rangkaian Gerak Dasar Pencak Silat 1A Perguruan Candra Birawa†tesis, Jakarta: PPs Universitas Negeri Jakarta, 2010.
Allen L. Edwards, Experimental Design in Physical Research. Fifth Edition, New York:Harper & Row, Inc, 1985.
Anne Shumway Cook dan Marjorie H. Woollacott., Motor Control Theory and Practical Applications, Amerika: Lippincott Williams & Wilkins, 2001.
Bahmid. Hasbullah, “ Pengaruh Gaya Mengajar dan Kemampuan Motorik Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Forehand Drive Tenis Mini†Disertasi , Jakarta: PPs Universitas Negeri Jakarta, 2008.
Notosoejitno, Khasanah Pencak Silat Jakarta; Agung Press, 1997.
PB.IPSI, Peraturan Pertandingan Pencak Silat. Jakarta: 2012.
R. Kotot Slamet Hariyadi, Teknis Dasar Pencak Silat Tanding, Jakarta: Dian Rakyat, 2003.
Richard A.Magil, Motor Learning and Control, New York: Mc Graw Hill, 2011.
Richard A. Magill, Motor Learning, Conceps and Aplication, IOWA: WM. C. Brown Publisher, 1985.
Robert N. Singer, The Learning of Motor Skill, New York: Macmillan Publishing Co.Inc, 1982.
Rusli Lutan, Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode, Jakarta: Depdikbud, 1998.
Rusli Lutan, Belajar Keterampilan Motorik Pengantar Teori dan Metode, Bandung : 1992.
Winarno, M.E. Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani, Malang : Media Cakrawala Utama, 2011.
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v4i1.1693
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY