Analisis Pembinanaan dan Pengembangan Olahraga Pendidikan di Provinsi Aceh

Yulinar -, Amung Ma'mun, Yunyun Yudiana, Nuryadi -, Razali -, Amirudin -

Abstrak


Penelitian ini mengkaji tentang pembinaan dan pengembangan olahraga pendidikan di Pronvinsi Aceh, dengan menyoroti dari segi kebijakan yang selama ini digunakan oleh pemerintah di Daerah Aceh terhadap tenaga pendidik, sarana dan prasarana, dukungan terhadap prestasi olahraga di lingkungan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam dengan pejabat dinas pendidikan Provinsi Aceh dan observasi di beberapa sekolah. Hasil penelitian menunjukkan Dinas Pendidikan Provinsi Aceh berupaya untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik PJOK, mengembangkan kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler, memperluas akses kompetisi olahraga siswa, serta memperkuat sarana dan prasarana olahraga melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Tantangan yang dihadapi adalah dalam pemerataan fasilitas olahraga, pembaharuan data dapodik, serta tetap konsesn untuk mengimplementasikan kurikulum olahraga berbagais lokal. Temuan dalam kajian ini menunjukkan bahwa perlunya kerjasama antara pemerintah daerah, satuan pendidikan, serta lembaga olahraga untuk menciptakan system pembinaan olahraga yang berkelanjutan di Aceh.

Kata Kunci


pembinaan, pengembangan, olahraga pendidikan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bailey, R., Hillman, C., Arent, S., & Petitpas, A. (2013). Physical Activity: An Underestimated Investment in Human Capital? Journal of Physical Activity and Health, 10, 289–308. www.JPAH-Journal.com

Block, K., Molyneaux, R., & Young, D. (2025). Sport as a social capital intervention promoting health and well-being for migrant youth in Australia. Health Promotion International, 40(3). https://doi.org/10.1093/heapro/daaf051

Block, M. E. (2016). A Teacher’s Guide to Adapted Physical Education Including Students with Disabilities in Sports and Recreation Fourth Edition. In A Teacher’s Guide to Adapted Physical Education. Paul H. Brookes Publishing. www.brookespublishing.com

Bosscher, V. De, Bingham, J., Shibli, S., Buttenburg, M. Van, & knop, P. De. (2008). The Global Sporting Arms Race An International comparative Study on Sports Policy Factors Leading to International Sporting Success. British Library Cataloguing in Publication Data. https://books.google.co.id/books?id=41PXkIRtgSMC&lpg=PA13&ots=8Y0zPeU96i&dq=info%3AsiYKlh-iN2MJ%3Ascholar.google.com&lr&pg=PA75#v=onepage&q&f=false

Bosscher, V. de., Shibli, Simon., Westerbeek, Hans., & Bottenburg, M. van. (2015). Successful elite sport policies : an international comparison of the sports policy factors leading to international sporting success (SPLISS 2.0) in 15 nations. Meyer & Meyer Sport.

Coakley, J., & Pike, E. (2017). Sport in Society. Issues & Controveries. McGraw Hill LLC.

Gay, G. (2010). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice. In Culturally Responsive Teaching. Teachers College Press.

Green, B. C. (2005). Sport Development Theory Building Sport Programs to Optimize Athlete Recruitment, Retention, and Transition: Toward a Normative Theory of Sport Development. Journal of Sport Management, 19, 233–253.

Hakim, A. N., & Yulia, L. (2024). Dampak Teknologi Digital Terhadap Pendidikan Saat Ini. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(1). https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Harahap, S., & Rekognisi, & Z. N. (2023). Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan Di Indonesia: Systematic Literature Review. Pendidikan Dan Kependidikan, 8(2), 2023.

Harsono. (2018). Latihan Kondisi Fisik: Untuk Atlet Sehat Aktif (1st ed.). Remaja Rosdakarya.

Holt, N. (2025). Positive youth development through sport: What works, under what circumstances, for whom? And what’s next? Psychology of Sport and Exercise, 80, 102917. https://doi.org/10.1016/J.PSYCHSPORT.2025.102917

Holt, N., Pankow, K., & Jorgensen, H. (2020). Positive youth development through sport. Routledge. https://www.researchgate.net/publication/341105726

Iba, Z., & Wardhana, A. (2023). Metode Penelitian (Mahir Pradana). Eureka Media Aksara. https://www.researchgate.net/publication/376687580

Kendellen, K., Camiré, M., Bean, C. N., Forneris, T., & Thompson, J. (2017). Integrating life skills into Golf Canada’s youth programs: Insights into a successful research to practice partnership. Journal of Sport Psychology in Action, 8(1), 34–46. https://doi.org/10.1080/21520704.2016.1205699

Kirk, D. (2010). Physical Education Futures. Routledge.

Komaruddin. (2004). Upaya Guru Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Minat Siswa Putri dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMU. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.

Mahendra, J., Kesumawati, N., & Sugianto, H. (2025). Peran Guru Penjas Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Pjok Di Sma Negeri 1 Palembang. Jurnal Edu Research Indonesia Institute for Corporate Learning and Studies (IICLS), 6(2).

Ma’mun, A. (2020). Kebijakan dan Pengembangan Olahraga Perspektif Historis dan Tantangan Indonesia pada Masa Depan (Nuryadi, Ed.). Lekkas, Bandung.

Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, & Johnny Saldana. (2014). Qualitative data Analysis A Methods Sourcebook. Sage Library of Congress Cataloging in Publication Data. https://books.google.co.id/books?id=p0wXBAAAQBAJ&lpg=PP1&hl=id&pg=PP1#v=onepage&q&f=false

Nancy, McLennan. (2015). Quality Physical Education. UNESCO.

Nicholson, M., Brown, K., & Hoye, R. (2013). Sport’s social provisions. Sport Management Review, 16(2), 148–160. https://doi.org/10.1016/j.smr.2012.08.003

Nugroho, R. (2021). Kebijakan Publik Implementasi dan Pengendalian Kebijakan. Elex Media Komputindo.

Nurdiani, N. (2014). Teknik Sampling Snowball Dalam Penelitian Lapangan (Vol. 5, Issue 2). https://media.neliti.com/media/publications/165822-ID-teknik-sampling-snowball-dalam-penelitia.pdf

Oktavia, P. (2021). Analisis Pola Komunikasi Pemuka Agama Melalui Simbol Verbal Menggunakan Media Youtube. At Tazakki, 5(2), 168–175.

Priadi, A. A., Wulandari, R. S., & Suhartini, S. (2023). Continuous Professional Development (CPD) Model Development for Vocational Lecturers. Dinamika Bahari, 4(1), 22–34. https://doi.org/10.46484/db.v4i1.344

Ramadhan, M. G., Ma’mun, A., & Mahendra, A. (2020). Implementasi Kebijakan Olahraga Pendidikan sebagai Upaya Pembangunan Melalui Olahraga Berdasarkan Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 5(1), 69–80. https://doi.org/10.17509/jtikor.v5i1.23824

Qanun No.6 Tahun 2016, Tentang Keolahragan. Provinsi Aceh.

UNESCO. (2014). Technical and Vocational Teachers and Trainers in the Arab Region A Review of Policies and Practices on Continuous Professional Development. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. http://www.unesco.org/open-access/terms-use-ccbysa-en

UU RI No. 11 Tahun 2022, Pub. L. No. 11, Jakarta Presiden Republik Indonesia.

Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia. www.penerbitbukumurah.com

Whitehead, M. (2010). Physical Literacy. Routledge.

Widodo, A. (2018). Makna Dan Peran Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Insan Yang Melek Jasmaniah/Ter-Literasi Jasmaniahnya. MOTION Jurnal Riset Physical Education. https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/motion/article/view/1432




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i3.16972

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions