Hubungan Motivasi dan Kecemasan dengan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas

Rizqi Firman Hasan, Ari Priana, Fegie Rizkia Mulyana, Deni Setiawan

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dan kecemasan pada hasil belajar renang gaya bebas yang dilakukan oleh Mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas Siliwangi Angkatan 2023 dengan jumlah sampel sebanyak 37 Mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple rondom sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi, angket kecemasan dan tes renang gaya bebas. Hasil hipotesisnya diterima, terlihat dari pengujian hipotesis yang pertama adalah terdapat hubungan antara motivasi (X1) dengan hasil belajar renang gaya bebas (Y). Pengujian hipotesis yang ke dua yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan (X2) dengan hasil belajar renang gaya bebas (Y). Pengujian hipotesis yang ke tiga yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi (X1) dan kecemasan (X2) dengan hasil belajar renang gaya bebas (Y). Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi dan kecemasan memiliki hubungan dengan hasil belajar renang gaya bebas Mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas Siliwangi Angkatan 2023.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afnan, Fauzia, R., & Utami Tanau, M. (2020). Hubungan Efikasi Diri Dengan Stress Pada Mahasiswa Yang Berada Dalam Fase Quarter Life Crisis Relationship of Self-Efication With Stress in Students Who Are in the Quarter Life Crisis Phase. Jurnal Kognisia, 3(1), 23–29. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kog/article/view/1569

Alkalah, C. (2016). Perbandingan Tingakt Kecemasan pemain Futasl Yang Mengalami cedera dan Tidak Pernah Cedera Pada siswa Peserta EkstraKulikuler SMAN 1 Patat. 19(5), 1–23. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/100419/

Alwi, H. (2007). Kamus besar bahasa Indonesia. In Jakarta: balai pustaka (Vol. 457). https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=sJgBBQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=related:dX-FNOUDZ9QJ:scholar.google.com/&ots=6FJWtnbpBe&sig=ONlpB5WjToGusD0l43cJ2VwBe8w

Dewi, V. R., Syamsuri, S., & Khaerunnisa, E. (2019). Karakteristik Motivasi Ekstrinsik Dan Intrinsik Siswa Smp Dalam Belajar Matematika. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 1(2), 116. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v1i2.7145

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Firmansyah, H. (2011). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(1), 30–33. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1509047&val=468&title=HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI

Kurniawan, R. (2018). EVALUASI PROGRAM AKTIVITAS RENANGSEKOLAH DASAR VICTORY PLUS KOTA BEKASI. 2(2), 98–106. https://www.ojs.ekasakti.org/index.php/UJES/article/view/215/195

Nurdiansyah. (2013). Kecemasan Pada Atlet Dalam Olahraga Renang. Jurusan Pendidikan Olahraga Dan KesehatanFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1–8. http://olimpiade.kompas.com/read/xml/2012

Ramadhan, A. S., & Syafii, I. (2022). Tingkat Kecemasan Pemain Sepakbola Persenga Nganjuk U17 Dalam Pertandingan. Jurnal Prestasi Olahraga, 1(1), 36–41. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/48322

Selviana, S., & Dwi, K. (2022). Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Berprestasi terhadap Kecemasan Menghadapi Pertandingan Sepak Bola pada Pemain Bola SSB Bintang Ragunan. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(2), 1–7. https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/1494/1221

Utami, L. H., & Nurjati, L. (2017). Hubungan Self-Efficacy, Belief dan Motivasi dengan Kecemasan Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 219–238. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1447

Wardhani, S. (2021). Minat dan Motivasi Siswa Terhadap Pembelajaran Renang Di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Pekalongan Aisyah. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 8–16. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/inapes

Widodo, S. A., Laelasari, L., Sari, R. M., Nur, D., Rosita, I., & Putrianti, F. G. (2017). Analisis faktor tingkat kecemasan, motivasi dan prestasi belajar mahasiswa. Taman Cendekia, 1(1), 67–77. https://doi.org/https://www.neliti.com/publications/261732/analisis-faktor-tingkat-kecemasan-motivasi-dan-prestasi-belajar-mahasiswa

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540

Yanti, S., Erlamsyah, E., & Zikra, Z. (2013). Hubungan antara Kecemasan dalam Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa. Konselor, 2(1), 283–288. https://doi.org/10.24036/02013211242-0-00




DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i3.17194

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


INDEX BY

google scholargoogle scholar garuda base road citefactorcrossrefdimensions