Hubungan Motivasi dan Kecemasan dengan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi dan kecemasan pada hasil belajar renang gaya bebas yang dilakukan oleh Mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas Siliwangi Angkatan 2023 dengan jumlah sampel sebanyak 37 Mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple rondom sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi, angket kecemasan dan tes renang gaya bebas. Hasil hipotesisnya diterima, terlihat dari pengujian hipotesis yang pertama adalah terdapat hubungan antara motivasi (X1) dengan hasil belajar renang gaya bebas (Y). Pengujian hipotesis yang ke dua yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara kecemasan (X2) dengan hasil belajar renang gaya bebas (Y). Pengujian hipotesis yang ke tiga yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi (X1) dan kecemasan (X2) dengan hasil belajar renang gaya bebas (Y). Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi dan kecemasan memiliki hubungan dengan hasil belajar renang gaya bebas Mahasiswa Pendidikan Jasmani Universitas Siliwangi Angkatan 2023.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afnan, Fauzia, R., & Utami Tanau, M. (2020). Hubungan Efikasi Diri Dengan Stress Pada Mahasiswa Yang Berada Dalam Fase Quarter Life Crisis Relationship of Self-Efication With Stress in Students Who Are in the Quarter Life Crisis Phase. Jurnal Kognisia, 3(1), 23–29. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kog/article/view/1569
Alkalah, C. (2016). Perbandingan Tingakt Kecemasan pemain Futasl Yang Mengalami cedera dan Tidak Pernah Cedera Pada siswa Peserta EkstraKulikuler SMAN 1 Patat. 19(5), 1–23. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/100419/
Alwi, H. (2007). Kamus besar bahasa Indonesia. In Jakarta: balai pustaka (Vol. 457). https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=sJgBBQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=related:dX-FNOUDZ9QJ:scholar.google.com/&ots=6FJWtnbpBe&sig=ONlpB5WjToGusD0l43cJ2VwBe8w
Dewi, V. R., Syamsuri, S., & Khaerunnisa, E. (2019). Karakteristik Motivasi Ekstrinsik Dan Intrinsik Siswa Smp Dalam Belajar Matematika. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 1(2), 116. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v1i2.7145
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Firmansyah, H. (2011). Hubungan Motivasi Berprestasi Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(1), 30–33. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1509047&val=468&title=HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI
Kurniawan, R. (2018). EVALUASI PROGRAM AKTIVITAS RENANGSEKOLAH DASAR VICTORY PLUS KOTA BEKASI. 2(2), 98–106. https://www.ojs.ekasakti.org/index.php/UJES/article/view/215/195
Nurdiansyah. (2013). Kecemasan Pada Atlet Dalam Olahraga Renang. Jurusan Pendidikan Olahraga Dan KesehatanFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1–8. http://olimpiade.kompas.com/read/xml/2012
Ramadhan, A. S., & Syafii, I. (2022). Tingkat Kecemasan Pemain Sepakbola Persenga Nganjuk U17 Dalam Pertandingan. Jurnal Prestasi Olahraga, 1(1), 36–41. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-prestasi-olahraga/article/view/48322
Selviana, S., & Dwi, K. (2022). Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Berprestasi terhadap Kecemasan Menghadapi Pertandingan Sepak Bola pada Pemain Bola SSB Bintang Ragunan. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(2), 1–7. https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/download/1494/1221
Utami, L. H., & Nurjati, L. (2017). Hubungan Self-Efficacy, Belief dan Motivasi dengan Kecemasan Mahasiswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 219–238. https://doi.org/10.15575/psy.v4i2.1447
Wardhani, S. (2021). Minat dan Motivasi Siswa Terhadap Pembelajaran Renang Di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Pekalongan Aisyah. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 8–16. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/inapes
Widodo, S. A., Laelasari, L., Sari, R. M., Nur, D., Rosita, I., & Putrianti, F. G. (2017). Analisis faktor tingkat kecemasan, motivasi dan prestasi belajar mahasiswa. Taman Cendekia, 1(1), 67–77. https://doi.org/https://www.neliti.com/publications/261732/analisis-faktor-tingkat-kecemasan-motivasi-dan-prestasi-belajar-mahasiswa
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540
Yanti, S., Erlamsyah, E., & Zikra, Z. (2013). Hubungan antara Kecemasan dalam Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa. Konselor, 2(1), 283–288. https://doi.org/10.24036/02013211242-0-00
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v9i3.17194
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY
1.png)





Scopus Id:
ORCID:
Google Scholar: 


