MINAT SISWA TERADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI KELAS X SMA NEGERI 12 KOTA JAMBI PADA MASA NEW NORMAL
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar minat siswa siswa terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani kelas X SMA Negeri 12 Kota Jambi pada masa new Normal. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran angket. Jumlah populasi dari dari seluruh siswa kelas X SMA Negeri 12 Kota Jambi terdiri dari 5 kelas X IPA dan 4 kelas X IPS yang berjumlah 292 siswa, jumlah tersebut lebih dari 100 orang orang, sehingga dengen pennetuan jumlah sampel 25% diperoleh perhitungan jumlah sampel sebanyak 73 orang. Total persentase minat siswa keseluruhan yang menjawab dengan kategori sangat tinggi 8% yang berjumlah 6 orang siswa, dengan kategori tinggi 62% yang berjumlah 45 orang siswa, dengan kategori sedang 26% dengan jumlah 19 orang siswa, dengan kategori rendah 4% yang berjumlah 3 orang siswa dan tidak ada yang menjawab dengan kategori sangat rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa kelas X dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani pada masa new normal dapat di simpulkan sebanyak 45 siswa dengan persentase 62% menjawab setuju berarti minat siswa terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani pada masa new normal masuk dalam kategori “tinggiâ€.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto , S. (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Djaali. 2017. Psikologi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara
Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran: Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Purnama, S. 2017. Pengaruh Manajemen Fasilitas Olahraga dan Layanan Guru Terhadap Efektivitas Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Studi Pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Tasikmalaya). Journal Sport Area, 2(2), 105–114.
Saleh, M. S., & Malinta, S. S. (2020). Survei Minat Belajar Siswa Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMPN 30 Makassar. Kinestetik, 4(1), 55–62. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10347
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Edisi revisi. Jakarta. Rineka cipta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT. Rineka Cipta.
. 2015. Metodologi Penelitian & Inovasi Pendidikan. Salatiga:Cipta
Sugiyono.(2011) Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta
. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tengah, L. (2020). Hubungan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Pelemkerep Terhadap Hasil Belajar Selama Pembelajaran Daring. Progres Pendidikan, 1(September), 72–79
DOI: https://doi.org/10.37058/sport.v6i1.5022
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)
Program Studi Pendidikan Jasmani
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Siliwangi
Jl. Siliwangi No. 24 Kota Tasikmalaya - 46115
email: penjas@unsil.ac.id
e-ISSN: 2620-7699 ; p-ISSN: 2541-7126
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEX BY